ISO (International Organization For Standardization)

oleh | Mar 15, 2022 | Tips

Nah bagi teman – teman khususnya yang belum tahu apa itu standar ISO khususnya untuk laboratorium, laboratorium lingkungan dan peralatan industri lainnya, kali ini admin akan memberikan penje;asannya untuk anda, untuk itu silahkan baca selengkapnya berikut ini.

Pengertian ISO

Pengertian ISO

Bagi yang belum mengetahui pengertian ISO, ISO adalah kependekan dari The International Organization for Standardization. Ini adalah badan non-pemerintah yang terdiri dari lebih dari 160 negara. Mereka bertanggung jawab untuk mengembangkan standar untuk berbagai industri yang mempromosikan kualitas, keamanan, dan efisiensi.

Meskipun tidak ada perusahaan yang dipaksa untuk mematuhi standar ISO, memilih pemasok yang terdaftar ISO memastikan bahwa pemasok Anda mengelola bisnis mereka dengan standar yang konsisten yang mendorong pemborosan dan biaya dan mendorong kualitas produk dan pengiriman.

Dengan adanya organisasi ini akan membuat ISO memberikan spesifikasi untuk kelas dunia dalam berbagai macam hal. Perusahaan yang telah terverifikasi oleh ISO akan berpeluang dalam memenangkan persaingan pasar global tersebut karena memberikan jaminan kualitas produk agar konsumen lebih percaya terhadap produk tersebut.

Jenis – Jenis ISO

Berikut jenis-jenis ISO yang berlaku di Indonesia, di antaranya:

1. ISO 14001

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, ISO 14001 merupakan standar yang berhubungan langsung dengan sistem manajemen di bidang lingkungan. Beberapa aspek yang harus dipenuhi perusahaan di antaranya:

  • Pengolahan limbah yang baik
  • Mempunyai kemampuan dalam menghemat energi
  • Memiliki kemampuan dalam menghemat air
  • Memiliki kemampuan dalam menghemat bahan bakar.

2. ISO 9001

Merupakan sistem manajemen mutu yang dipakai oleh banyak perusahaan. Hal ini dikarenakan ISO 9001 memiliki karakteristik berupa pendekatan proses yang memiliki tujuan meningkatkan efektivitas manajemen mutu.

3. ISO 5001

Merupakan standar yang diterapkan untuk sistem manajemen energi. Hal ini menyebabkan agar perusahaan mempunyai sistem yang mampu meningkatkan kinerja, efisiensi serta mampu meningkatkan konsumsi energi.

4. ISO 22000

Merupakan standar yang berhubungan langsung dengan sistem manajemen bidang pangan. Standar yang satu ini sangat ditujukan untuk perusahaan yang berjalan di bidang makanan dan minuman. Hal ini diharuskan agar melakukan pengontrolan pada bagian internal dan pada setiap produk harus mempunyai rencana dalam setiap proses dan pengendalian.

5. ISO 28000

Merupakan standar yang berhubungan langsung dengan sistem keamanan pada rantai pasokan dengan memiliki tingkat resiko yang cukup tinggi, seperti Bank, hotel, pertambangan dan yang lainnya.

6. ISO TS 16949

Merupakan spesifikasi teknikal yang digunakan untuk sistem manajemen pada bidang industri otomotif. Konsep yang diusung oleh ISP TS 16949 adalah perbaikan yang berkelanjutan, tindakan pencegahan dan perbaikan serta pengendalian rantai pemasok.

7. ISO/IEC 17025

Merupakan standar yang berhubungan langsung dengan laboratorium atau pada Lembaga hasil pengujian. Biasanya banyak ditemukan pada bidang kesehatan, produksi, perlindungan konsumen atau pada perdagangan.

8. ISP/IEC 27001

Merupakan standar yang berhubungan langsung dengan sistem manajemen keamanan informasi atau bisa disebut dengan Information Security Management System (ISMS). Standar ini banyak diterapkan pada bidang aplikasi IT atau yang sejenisnya.

Tujuan atau Manfaat ISO Untuk Bisnis

Saat ini pengelolaam bisnis dilakukan dengan berbagai macam cara agar mendapatkan keuntungan dan bisa bersaing dengan baik. Bagi perusahaan yang akan bersaing secara global harus memiliki standar ISO agar dapat kualitas produk yang dihasilkan lebih terpercaya.

Mengingat hal ini, ISO sangat penting digunakan dan memiliki tujuan yang baik dalam pengelolaan bisnis. Untuk mengetahui tujuan dan pentingnya ISO lebih jauh, simak informasi berikut ini.

1. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Menggunakan ISO dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan, hal ini penting terutama jika Anda ingin bersaing pada market global. Calon konsumen atau konsumen pada bisnis Anda memiliki tingkat kepercayaan brand yang lebih tinggi jika produk atau layanan yang mereka gunakan sudah sesuai standar yang berlaku.

2. Mengoptimalkan Kinerja Karyawan

Sebuah perusahaan yang telah memiliki visi misi dan peraturan yang bermutu sesuai standar dapat membuat isi perusahaan menjadi optimal dan efisien. Karyawan yang bekerja pada perusahaan tersebut akan meningkatkan kualitas dirinya agar sesuai dengan standar perusahaan yang telah ditetapkan.

3. Meningkatkan Good Will Perusahaan

Good will dalam bisnis adalah citra yang baik sehingga perusahaan akan dipandang oleh perusahaan mana saja. Menggunakan sertifikat ISO yang telah didapatkan perusahaan akan membuat nilai perusahaan tersebut menjadi lebih positif. Dengan cara ini akan membawa keuntungan bagi perusahaan sehingga banyak mitra usaha yang akan mengajak kerja sama.

4. Mencegah Pemborosan

Ketika perusahaan yang sedang berjalan memiliki masalah dalam sebuah produk ataupun layanannya, tentunya Anda harus memiliki langkah antisipasi.

Dengan memiliki ISO tentu akan memudahkan Anda mengetahui sebuah masalah dan juga menemukan solusi. Menggunakan sebuah “standar” adalah antisipasi atau cara untuk mencegah masalah pada produk maupun pelayanan yang diberikan pada konsumen.

Bagikan ke:
× Hubungi kami!