Apa itu pH? Fungsi dan Kegunaannya

oleh | Sep 29, 2023 | Alat Uji Lingkungan

pH adalah ukuran keasaman atau kebasaan suatu larutan. pH berarti “potensial hidrogen” atau “daya hidrogen”. pH menunjukkan konsentrasi ion hidrogen (H+) dalam larutan. Semakin tinggi konsentrasi H+, semakin asam larutan tersebut. Sebaliknya, semakin rendah konsentrasi H+, semakin basa larutan tersebut.

Skala pH

Skala pH

Skala pH berkisar dari 0 hingga 14. Nilai pH 7 menunjukkan larutan netral, yaitu tidak asam dan tidak basa. Contoh larutan netral adalah air murni. Nilai pH di bawah 7 menunjukkan larutan asam, yaitu memiliki konsentrasi H+ yang lebih tinggi daripada air murni. Contoh larutan asam adalah jus lemon, cuka, dan asam lambung. Nilai pH di atas 7 menunjukkan larutan basa, yaitu memiliki konsentrasi H+ yang lebih rendah daripada air murni. Contoh larutan basa adalah sabun, deterjen, dan amonia.

Skala pH bersifat logaritmik, artinya perbedaan satu satuan pH berarti perubahan sepuluh kali lipat dalam konsentrasi H+. Misalnya, larutan dengan pH 5 memiliki konsentrasi H+ yang sepuluh kali lebih tinggi daripada larutan dengan pH 6. Larutan dengan pH 4 memiliki konsentrasi H+ yang seratus kali lebih tinggi daripada larutan dengan pH 6.

Fungsi dan Kegunaan pH

pH memiliki fungsi dan kegunaan yang penting dalam berbagai bidang, seperti kimia, biologi, pertanian, industri, dan kesehatan. Berikut adalah beberapa contoh fungsi dan kegunaan pH:

  • Dalam kimia, pH digunakan untuk mengukur reaksi asam-basa, yaitu reaksi antara asam dan basa yang menghasilkan garam dan air. Reaksi asam-basa dapat digunakan untuk membuat berbagai produk kimia, seperti pupuk, plastik, baterai, obat-obatan, dan lain-lain.
  • Dalam biologi, pH mempengaruhi aktivitas enzim, yaitu molekul yang berperan sebagai katalis biologis. Enzim membutuhkan kondisi pH tertentu untuk bekerja secara optimal. Jika pH terlalu asam atau terlalu basa, enzim dapat menjadi tidak aktif atau rusak. pH juga mempengaruhi struktur dan fungsi protein, asam nukleat, karbohidrat, dan lipid.
  • Dalam pertanian, pH mempengaruhi kesuburan tanah dan pertumbuhan tanaman. Tanah yang terlalu asam atau terlalu basa dapat menghambat penyerapan nutrisi oleh tanaman. Tanaman juga memiliki toleransi pH tertentu untuk tumbuh dengan baik. Oleh karena itu, pengukuran dan penyesuaian pH tanah sangat penting untuk meningkatkan produktivitas pertanian.
  • Dalam industri, pH digunakan untuk mengontrol proses produksi dan kualitas produk. Misalnya, dalam industri tekstil, pH digunakan untuk mengatur warna pewarnaan kain. Dalam industri makanan dan minuman, pH digunakan untuk mengawasi kesegaran dan keamanan produk.
  • Dalam kesehatan, pH digunakan untuk mengukur kondisi tubuh dan mencegah penyakit. Tubuh manusia memiliki rentang pH normal yang harus dipertahankan agar tetap sehat. Jika pH tubuh terlalu asam atau terlalu basa, dapat menyebabkan gangguan keseimbangan asam-basa (asidosis atau alkalosis), yang dapat menimbulkan gejala seperti mual, lemas, pusing, sesak napas, hingga koma.

Kesimpulan

pH adalah ukuran keasaman atau kebasaan suatu larutan yang menunjukkan konsentrasi ion hidrogen (H+) dalam larutan tersebut. Skala pH berkisar dari 0 hingga 14, dengan nilai pH 7 menunjukkan larutan netral, nilai pH di bawah 7 menunjukkan larutan asam, dan nilai pH di atas 7 menunjukkan larutan basa. pH memiliki fungsi dan kegunaan yang penting dalam berbagai bidang, seperti kimia, biologi, pertanian, industri, dan kesehatan. Oleh karena itu, pengukuran dan penyesuaian pH sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan dan kualitas lingkungan dan hidup.

Selain itu disini kami mempunyai sebuah produk atau alat yang dapat digunakan untuk mengukur pH yang kami tawarkan kepada anda, jika anda berminat silahkan lihat produknya dibawah ini.

Bagikan ke:
× Hubungi kami!
Popups for Divi