Cara Menggunakan Dissolved Oxygen Meter

oleh | Alat Uji Lingkungan

5/5 - (1 vote)

Hallo apakah anda sedang mencari artikel yang membahas mengenai alat dissolved oxygen meter dan juga bagaimana cara menggunakan dissolved oxygen meter tersebut, nah anda sudah tepat masuk ke website kami, silahkan anda simak dengan baik-baik penjelasan berikut ini yang dapat admin jelaskan kepada anda berikut.

HI9146 Dissolved Oxygen Meter

dissolved oxygen meter

Dan berikut ini adalah contoh alat yang disebut dissolved oxygen meter itu beserta dengan spesifikasinya bagi anda yang berminat anda bisa membelinya dengan menghubungi kami via kontak yang tersedia di website ini atau dengan mengisi formulir penawaran dibawah ini.

Pengertian alat

Dissolved Oxygen Meter – HI 9146 adalah pengukur oksigen terlarut yang tahan air yang mengukur hingga 300% saturasi atau 45 ppm (mg/L) dengan kompensasi suhu dan kalibrasi otomatis. Telah dikembangkan untuk DO dan pengukuran suhu dalam air, air limbah, anggur, dan aplikasi seperti budidaya ikan.

Fitur alat

Berikut ini adalah beberapa fitur dan keunggulan dari alat HI9146 Dissolved Oxygen Meter diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pesan tutorial di layar
  • Kalibrasi dua titik
  • Titik akhir otomatis
  • Jangkauan DO hingga 300%, kompensasi suhu
  • Kompensasi ketinggian hingga 4000 m
  • Kompensasi salinitas hingga 80 g/L
  • Kalibrasi otomatis di udara
  • fitur GLP
  • Indikator baterai lemah

Spesifikasi alat

Berikut adalah beberapa spesifikasi dari alatnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

Range O20.00 to 45.00 mg/L
Range % Saturation O20.0 to 300.0%
Range Temperature0.0 to 50.0°C
Resolution O20.01 mg/L
Resolution % Saturation O20.1%
Resolution Temperature0.1°C
Accuracy O2±1.5% F.S.
Accuracy % Saturation O2±1.5% F.S.
Accuracy Temperature0.5°C
Calibrationautomatic, in air, at 100%
Temperature Compensationautomatic, 0 to 50°C (32 to 122°F)
Altitude Compensation0 to 1900 m (100 m 326′ resolution)
Salinity Compensation0 to 40 g/L (1g/L resolution)
ProbeHI 76407/4F with 4 m cable
Power Supply4 x 1.5 AA batteries / approx. 200 hours of continuous use; auto-off after 4 hours of inactivity; or input for 12 Vdc power adapter
Environment0 to 50°C (32 to 122°F); RH max 100%
Dimensions196 x 80 x 60 mm (7.7 x 3.1 x 2.4″)
Weight500 g (1.1 lb.)

Pengertian dan peranan alat DO meter

Mengetahui lebih lanjut mengenai dari fungsi DO Meter ini untuk salah satu alat ukur, tidak bisa kita lepaskan dari suatu pemahaman kita terhadap alat yang bernama Dissolved Oxygen atau yang biasa disebut DO yaitu sebagai salah satu nilai paramater pada kualitas air. Dissolved Oxygen ini secara ilmiah diartikan yaitu sebagai jumlah oksigen terlarut yang terdapat pada air atau suatu perairan tertentu. Oksigen ini, larut ke dalam air dengan melalui sebuah proses yang disebut fotosintesis dan difusi oksigen dari udara. Tumbuhan-tumbuhan air seperti alga adalah salah satu contohnya, yang dapat menghasilkan suatu oksigen yang larut ke dalam air melalui proses fotosintesis. Selain itu juga, gelombang ombak, air terjun, pusaran angin, dan fenomena alam lain juga ikut mendorong oksigen untuk larut ke dalam air.

Dapat ditegaskan lagi bahwa suatu kadar DO menjadi sebuah indikator yang paling mendasar pada kualitas air suatu perairan. Oksigen terlarut (dissolved oxygen) ini diperlukan oleh semua mahluk hidup yang ada di bumi untuk dapat melakukan pernapasan, proses metabolisme ini atau biasa disebut suatu pertukaran zat yang kemudian dapat menghasilkan suatu energi untuk pertumbuhan dan pembiakan. Dengan ada besarnya suatu jumlah oksigen yang tersedia dalam suatu badan air tersebut, dapat menjadi sebuah gambaran sejauh mana badan air ini dapat mampu menampung biota air seperti ikan dan mikroorganisme contohnya. Selain itu juga, kemampuan air untuk dapat membersihkan dari pencemaran tertentu juga dapat ditentukan oleh banyaknya nilai kandungan oksigen yang terkandung didalamnya. Jadi jika semakin besar nilai DO pada air, mengindikasikan air tersebut memiliki kualitas yang bagus. Sebaliknya jika nilai DO rendah, maka dapat dinilai bahwa air tersebut telah tercemar.

Cara kerja dissolved oxygen meter

Mempertimbangkan adanya vital oksigen terlarut (DO) dalam air, seperti yang dijelaskan di atas, dalam penggunaan lahan air atau peningkatan kualitas lingkungan sangat diperlukan untuk mengukur kadar air. Selain itu, kami akan mengenali fungsi Do Meter sebagai alat yang digunakan untuk mengukur kadar oksigen terlarut dalam air atau larutan. Mengukur DO dengan DO Meter, umumnya dalam bentuk konsentrasi yang diekspresikan oleh μS/cm (MS/cm) atau G/mL (ppm). Nilai konsentrasi DO ini juga dapat dikonversi dalam bentuk saturasi oksigen (saturasi) yang diekspresikan oleh persen (%).

Cara Menggunakan DO Meter

Nah jika anda sudah membaca penjelasan diatas mengenai pengertian serta fungsi dari alat DO meter tersebut selanjutnya perlu anda ketahui juga berikut ini yaitu tentang bagaimana tahapan untuk penggunaan dissolved oxygen meter, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan DO Meter, perlengkapan, dan sampel larutan yang akan diperiksa di suatu meja kerja. Jangan biarkan ada item yang tidak ada hubungannya dengan pengukuran di atas meja, ini adalah bagian dari prosedur laboratorium. Terutama jika ada makanan atau minuman. Meskipun terlihat konyol, di lapangan ada pengguna do meter yang membawa makanan dan minuman dan meletakkannya di meja. Tentu saja selain kurang sopan, ini akan sangat mengganggu penelitian. Jika Anda memeriksa langsung di lapangan, pastikan Anda berdiri di posisi yang aman. Jangan mengabaikan keselamatan anda dalam mengukur air di lingkungan, terutama jika sungai atau danau dalam dan memiliki arus yang cukup untuk menghanyutkan anda. Ingat, dalam keadaan darurat, hidup Anda jauh lebih berharga daripada instrumen pengukur. Mengukur perangkat jika rusak dapat dibeli lagi, tetapi hidup tidak bisa. Oleh karena itu, memprioritaskan keselamatan.
  2. Lakukan kalibrasi DO meter. Sebagian besar DO meter digital sudah dilengkapi dengan mode kalibrasi automatis, yaitu ketika dihidupkan langsung mengkalibrasi. Di layar, pengukuran DO akan naik dari 0 hingga 100, lalu kembali ke posisi awal.
  3. Ukur konsentrasi DO dari sampel dengan mencelupkan batang probe DO Meter dengan betul-betul terbenam. Jangan hanya mencelupkan ujung probe karena ini memengaruhi pengukuran. Jika di dalam gelas kaca, maka celupkan hingga ujung probe bersentuhan dengan dasar gelas kaca.
  4. Setelah beberapa saat mencelupkan sehingga pengukuran tidak bergerak, angkat probe dan bilas lalu keringkan probe, kemudian simpan kembali DO meter pada tempat yang tersedia.

Nah itulah pembahasannya sudah cukup jelas kan? jika anda berminat ingin membeli alatnya anda bisa menghubungi kami via kontak yang tersedia di website ini atau dengan mengisi formulir yang telah kami sediakan dibawah ini. Terimakasih.

Bagikan ke:

Minta Penawaran Harga dan Spesifikasi

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait informasi penawaran harga dan spesifikasi secara lengkap silahkan isi Formulir berikut ini :


Postingan Terbaru

Hubungi Kami

Segera hubungi kami  sekarang juga dengan mengisi formulir berikut atau menghubungi kami melalui informasi kontak berikut:

6281222418207

info@envilife.co.id

Jl. Sanggar Kencana Utama No.9, Jatisari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286


Hubungi Admin dibawah ini untuk mendapatkan penawaran Harga & Spesifikasi lengkap!
//
Admin
081222418207
"Anda akan dialihkan ke WhatsApp dan terhubung dengan Admin. Lihat Informasi kontak lainnya."
Hubungi Kami!