Cara Menggunakan Pipet Volume yang Benar

oleh | Jan 13, 2022 | Instrument Laboratorium

5/5 - (24 votes)

Envilife.co.id, Bandung – Apakah sebelumnya anda sudah tahu bagaimana cara menggunakan pipet volume yang benar sesuai dengan prosedur? nah di pembahasan kali ini akan menjelaskan bagaimana caranya untuk menggunakan sebuah pipet volume dengan penggunaan yang baik dan benar, dan pembahasan ini mungkin akan menjadikan solusi bagi yang belum mengetahui bagaimana cara penggunaan pipet.

Pengertian Pipet

Pipet biasa digunakan dalam pengujian-pengujian biologi molekular, kimia analitik, juga kedokteran. Pipet dibuat dalam berbagai macam jenis untuk tujuan yang berbeda-beda dengan tingkat ketelitian dan ketepatan yang berbeda-beda pula, mulai dari pipet beling tunggal sampai ke pipet yang dapat ditala secara kompleks, atau juga pipet elektronik. Banyak jenis pipet bekerja dengan membuat ruang hampa sebagian di atas ruang tampung cairan dan secara selektif melepaskan ruang hampa ini untuk menghentikan dan melepaskan cairan. (source: Wikipedia)

Pengertian Pipet Volume

Pipet volume yaitu sebhuah peralatan laboratorium yang dibuat dari bahan kaca dengan bentuk silinder panjang dengan ujung runcing dan ujung atas terbuka yang sekilas hampir sama seperti pipet ukur. Namun dalam pipet volume, terdapat tabung pada bagian tengah pipet.

Cara Menggunakan Pipet

Cara menggunakan Pipet. Cara menggunakan pipet dalam suatu praktek analisa di laboratorium tidaklah mudah. Membutuhkan pengetahuan dan ketrampilan khusus. Jenis-jenis pipet sangat beragam begitu pula fungsinya. Namun pada prinsipnya, cara menggunakan pipet tidaklah berbeda jauh. Fungsi Pipet yang paling umum adalah untuk memindahkan suatu volume cairan dari satu wadah ke wadah yang lain. Bila kita menggunakan pipet 10 ml maka volume cairan yang keluar dari pipet adalah 10 ml. Pipet jenis ini di sebut Pipet Volume.

Baca Juga:  Jual Alat Laboratorium Kesehatan Lingkungan

Cara menggunakan pipet atau Cara Menggunakan Pipet Volume. Pemipetan dilakukan dengan cara menyedot cairan kedalam pipet, menahannya sebentar dan mengeluarkan cairan tersebut di suatu wadah yang lain. Penyedotan cairan kedalam pipet dapat dilakukan dengan mulut, aspirator atau bola karet yang di buat khusus untuk keperluan ini.

Cara Menggunakan Pipet Volume

Cara menggunakan pipet yang benar dalam suatu analisa adalah:

  1. Pipet harus bersih dan kering. Perhatikan ujung pipet, masih utuh atau tidak. Ujung pipet yang sudah retak, patah, atau pecah sebaiknya tidak di gunakan lagi.
  2. Bila pipet basah, bilaslah dengan air suling lalu keringkan dengan lap yang bersih atau kertas tisu.
  3. Sebelum melakukan pemipetan, biasakan untuk membilas pipet dengan larutan yang akan di pindahkan sebelum pipet tersebut di gunakan.
  4. Gunakan alat bantu berikut untuk mempermudah proses penyedotan larutan, Ibu Jari, Aspirator dan bola karet. Jika menggunakan tangan maka sedotlah cairan melewati tanda dan tutup pangkal pipet dengan jari telunjuk dan aturlah kemudian tinggi cairan sampai tanda dengan cara mengendorkan jari telunjuk pada ujung atas pipet.
  5. Sebelumcairan di pindahkan, pertahankan ukuran caoiran tersebut dan keringkan bagian luar pipet dengan tissu / lap bersih
  6. Cara memindahkan cairan juga ada tekniknya. Yaitu, tempelkan ujung pipet pada dinding wadah penampung dan biarkab cairan mengalir ke dalam wadah penampung yang baru dan biarkan sisa cairan yang tertinggal pada ujung pipet menetes dengan sendirinya. jangan meniup pipet atau dlln.
  7. Setelah selesai menggunakan pipet, jangan lupa untuk membilasnya dengan air suling.

Langkah penggunaan pipet diatas untuk cara menggunakan Pipet Volume juga hampir sama untuk langkah-langkah penggunaan yang baik dan benarnya seperti diatas.

Cara menggunakan pipet memang mudah-mudah susah. Bila memipet cairan yang berbahaya, beracun dan korosif, jangan sekali-kali menyedotnya dengan mulut. tapi usahakan untuk menggunakan alat-alat penyedot yang dianjurkan yaitu seperti Aspirator, Bola karet dan labu pengaman.

Postingan Terbaru

Hubungi Kami

Segera hubungi kami  sekarang juga dengan mengisi formulir berikut atau menghubungi kami melalui informasi kontak berikut:

+6281122333718

info@envilife.co.id

Jl. Sanggar Kencana Utama No.9, Jatisari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286

9 + 7 =

Silahkan pilih salah satu kontak di bawah untuk berkomunikasi dengan tim kami.
//
Admin 1
Online
//
Admin 2
Online
//
Admin 3
Online
Hubungi Kami!