Desikator: Fungsi, Pengertian, Cara Kerja, Cara Menggunakannya

oleh | Instrument Laboratorium

5/5 - (1 vote)

Desikator merupakan alat yang sangat berguna dalam berbagai bidang, terutama dalam bidang kimia dan farmasi. Desikator digunakan untuk menghilangkan kelembaban dari suatu bahan atau zat, sehingga mencegah terjadinya korosi, oksidasi, dan kontaminasi. Selain itu, desikator juga bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang yang mudah rusak jika terkena kelembaban, seperti obat-obatan, makanan, dan lainnya. Penggunaan desikator dapat memperpanjang umur simpan barang-barang tersebut dan menjaga kualitasnya. Namun, tidak semua orang mengetahui tentang desikator dan cara kerjanya. Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan membahas lebih lanjut tentang desikator, termasuk pengertian, fungsi, cara kerja, dan cara menggunakannya.

Desikator Fungsi, Pengertian, Cara Kerja, Cara Menggunakannya
Gambar Desikator

Pengertian Desikator

Desikator adalah alat yang digunakan untuk menghilangkan kelembaban dari suatu bahan atau zat. Desikator sering digunakan dalam laboratorium kimia untuk menyimpan zat-zat yang mudah teroksidasi atau terkontaminasi oleh kelembaban udara. Desikator juga bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang yang mudah rusak jika terkena kelembaban, seperti obat-obatan, makanan, dan lainnya.

Fungsi Desikator

Desikator memiliki beberapa fungsi utama, yaitu:

  1. Menghilangkan kelembaban: Desikator digunakan untuk menghilangkan kelembaban dari suatu bahan atau zat. Ini sangat penting karena kelembaban bisa menyebabkan korosi, oksidasi, dan kontaminasi zat yang disimpan di dalamnya.
  2. Menyimpan zat-zat yang mudah teroksidasi: Desikator sangat berguna untuk menyimpan zat-zat yang mudah teroksidasi seperti logam, obat-obatan, dan lainnya. Dengan menghilangkan kelembaban, desikator mencegah oksidasi yang merusak zat yang disimpan.
  3. Menyimpan barang-barang yang mudah rusak: Desikator juga bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang yang mudah rusak jika terkena kelembaban, seperti obat-obatan, makanan, dan lainnya.
Baca Juga:  Cara Menggunakan Centrifuge Laboratorium

Cara Kerja Desikator

Desikator terdiri dari dua bagian utama, yaitu tabung desikator dan bahan penyerap kelembaban (desiccant). Tabung desikator terbuat dari bahan transparan seperti kaca atau plastik, sehingga Anda bisa melihat isi desikator dari luar. Di dalam tabung terdapat bahan penyerap kelembaban yang bisa berupa garam, silika gel, atau bahan lain yang mampu menyerap kelembaban.

Cara kerja desikator adalah dengan mengeluarkan udara luar yang berlembab dan menggantinya dengan udara yang telah diserap kelembabannya oleh bahan penyerap kelembaban. Kemudian, udara yang telah diserap kelembabannya itu akan mengalir kembali ke dalam tabung desikator melalui lubang di bagian bawahnya. Dengan cara ini, kelembaban dari udara luar akan terus diserap oleh bahan penyerap kelembaban sehingga udara di dalam tabung desikator akan terus kering.

Untuk menjaga keefektifan desikator, bahan penyerap kelembaban harus terus diganti atau diisi ulang jika sudah penuh dengan kelembaban yang diserap. Biasanya, bahan penyerap kelembaban akan berubah warna atau mengembang jika sudah penuh dengan kelembaban, sebagai tanda bahwa perlu diganti atau diisi ulang.

Selain itu, desikator juga dilengkapi dengan tutup yang bisa ditutup rapat untuk menjaga kekeringan di dalamnya. Tutup desikator biasanya terbuat dari bahan nonporous seperti plastik atau logam untuk mencegah masuknya udara luar yang berlembab ke dalam tabung desikator.

Penggunaan Desikator

Desikator banyak digunakan dalam berbagai bidang, terutama dalam bidang kimia dan farmasi. Di laboratorium kimia, desikator sering digunakan untuk menyimpan zat-zat yang mudah teroksidasi atau terkontaminasi oleh kelembaban udara. Desikator juga bisa digunakan untuk menyimpan obat-obatan yang mudah rusak jika terkena kelembaban.

Selain itu, desikator juga bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang lain yang mudah rusak jika terkena kelembaban, seperti makanan, kosmetik, dan lainnya. Dengan menggunakan desikator, Anda bisa memperpanjang umur simpan barang-barang tersebut dan menjaga kualitasnya.

Baca Juga:  Jual Thermo Mix With Heating Murah

Kesimpulan

Desikator adalah alat yang digunakan untuk menghilangkan kelembaban dari suatu bahan atau zat. Desikator terdiri dari tabung desikator dan bahan penyerap kelembaban yang bisa berupa garam, silika gel, atau bahan lain. Desikator berguna untuk menyimpan zat-zat yang mudah teroksidasi atau terkontaminasi oleh kelembaban udara, serta menyimpan barang-barang yang mudah rusak jika terkena kelembaban. Desikator banyak digunakan dalam bidang kimia, farmasi, dan lainnya untuk memperpanjang umur simpan barang-barang yang mudah rusak jika terkena kelembaban. Jika anda membutuhkan dan ingin membeli desikator berikut ini kami menawarkan beberapa produknya, diantarnya yaitu sebagai berikut:

Bagikan ke:

Minta Penawaran Harga dan Spesifikasi

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait informasi penawaran harga dan spesifikasi secara lengkap silahkan klik tombol berikut ini :

Postingan Terbaru

Hubungi Kami

Segera hubungi kami  sekarang juga dengan mengisi formulir berikut atau menghubungi kami melalui informasi kontak berikut:

6281222418207

info@envilife.co.id

Kutawaringin Industrial Park No. 259 Lt. 2 Sukawangi Kaler, Jelegong, Kec. Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40911

Hubungi Admin dibawah ini untuk mendapatkan penawaran Harga & Spesifikasi lengkap!
//
Admin
081222418207
"Anda akan dialihkan ke WhatsApp dan terhubung dengan Admin. Lihat Informasi kontak lainnya."
Hubungi Kami!