Kalorimeter Bom: Fungsi, Macam-macam, Dan Penggunaannya

oleh | Instrument Laboratorium

5/5 - (1 vote)

Kalorimeter bom adalah alat yang digunakan untuk mengukur panas yang dilepaskan atau diserap oleh suatu reaksi kimia atau proses fisika. Alat ini berguna untuk menentukan jumlah energi yang dibutuhkan atau dihasilkan dari suatu reaksi kimia, yang dapat diukur dalam unit panas (calori atau joule).

Fungsi kalorimeter bom

Kalorimeter Bom
Gambar alat Bom Calorimeter

Fungsinya adalah untuk menentukan perubahan entalpi (ΔH) suatu reaksi kimia, yang merupakan ukuran panas yang dibutuhkan atau dihasilkan dari reaksi tersebut. Perubahan entalpi ini dapat digunakan untuk menghitung energi yang dibutuhkan atau dihasilkan dari reaksi kimia, serta memprediksi kemungkinan terjadinya suatu reaksi kimia.

Macam-macam kalorimeter bom

Ada beberapa macam kalorimeter bom, diantaranya adalah:

  1. Kalorimeter bom adiabatik, yang merupakan alat yang tidak memungkinkan panas untuk masuk atau keluar dari kalorimeter. Alat ini biasa digunakan untuk mengukur panas yang dilepaskan atau diserap oleh suatu reaksi kimia dengan menggunakan prinsip kalorimetrinya.
  2. Kalorimeter bom isotermal, yang merupakan alat yang memungkinkan panas untuk masuk atau keluar dari kalorimeter. Alat ini biasa digunakan untuk mengukur panas yang dilepaskan atau diserap oleh suatu proses fisika.
  3. Kalorimeter bom jenis lainnya adalah kalorimeter bom bomb, yang merupakan alat yang biasa digunakan untuk mengukur panas yang dilepaskan oleh suatu reaksi kimia yang terjadi di dalam suatu wadah tertutup (bomb).

Cara menggunakan kalorimeter bom

Penggunaan kalorimeter bom cukup luas, diantaranya adalah:

  1. Menentukan entalpi suatu reaksi kimia, seperti reaksi pembakaran, hidrolisis, dan lain-lain.
  2. Menentukan jumlah energi yang dibutuhkan atau dihasilkan dari suatu reaksi kimia, yang dapat digunakan untuk mengevaluasi keefektifan suatu proses produksi.
  3. Menentukan jumlah panas yang diperlukan untuk menaikkan atau menurunkan suhu suatu zat.
  4. Menentukan perubahan entalpi pada suatu proses fisika, seperti kondensasi, pemanas atau pendinginan suatu gas, dan lain-lain.
  5. Menentukan kapasitas panas suatu zat, yaitu jumlah panas yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu suatu zat sebesar satu derajat.
  6. Menentukan jumlah energi yang diperlukan atau dihasilkan dari suatu proses fisika, seperti pengompresian atau pengembangan gas.
  7. Menentukan perubahan entalpi pada proses pengendapan suatu zat, yaitu proses pemisahan zat padat dari zat cair dengan cara mengendapkan zat padat dari zat cair.
  8. Menentukan jumlah panas yang diperlukan atau dihasilkan dari suatu proses fisika yang terjadi pada suatu sistem tertutup, seperti reaksi kimia di dalam suatu wadah tertutup (bomb).
Baca Juga:  Jual Alat-alat Laboratorium Lengkap dan Murah

Dengan demikian, kalorimeter bom merupakan alat yang berguna untuk mengukur panas yang dilepaskan atau diserap oleh suatu reaksi kimia atau proses fisika. Alat ini berguna untuk menentukan jumlah energi yang dibutuhkan atau dihasilkan dari suatu reaksi kimia, serta memprediksi kemungkinan terjadinya suatu reaksi kimia. Penggunaan kalorimeter bom cukup luas, diantaranya adalah untuk menentukan entalpi suatu reaksi kimia, menentukan kapasitas panas suatu zat, dan menentukan jumlah panas yang diperlukan atau dihasilkan dari suatu proses fisika yang terjadi pada suatu sistem tertutup.

Jual alat kalorimeter bom

Nah dan berikut ini kami menawarkan kepada anda alat tersebut yang kami tawarkan alatnya berikut ini:

Nah itulah beberapa alat Bom Calorimeter yang dapat kami tawarkan kepada anda. Tunggu apalagi? Segera miliki alatnya sekarang juga hanya di Envilife yang menjual berbagai macam peralatan laboratorium yang lengkap dan terpercaya.

Bagikan ke:

Minta Penawaran Harga dan Spesifikasi

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait informasi penawaran harga dan spesifikasi secara lengkap silahkan klik tombol berikut ini :

Postingan Terbaru

Hubungi Kami

Segera hubungi kami  sekarang juga dengan mengisi formulir berikut atau menghubungi kami melalui informasi kontak berikut:

6281222418207

info@envilife.co.id

Kutawaringin Industrial Park No. 259 Lt. 2 Sukawangi Kaler, Jelegong, Kec. Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40911

Hubungi Admin dibawah ini untuk mendapatkan penawaran Harga & Spesifikasi lengkap!
//
Admin
081222418207
"Anda akan dialihkan ke WhatsApp dan terhubung dengan Admin. Lihat Informasi kontak lainnya."
Hubungi Kami!