Manfaat Memasang IPAL di Rumah Sakit

oleh | Agu 9, 2021 | IPAL

Rate this post

IPAL atau yang disebut Instalasi Pengolahan Air Limbah sangatlah berguna untuiki menjaga suatu kelestarian lingkungan salah satu contohnya yaitu manfaat IPAL di Rumah Sakit.

Sebelum masuk ke pembahasan manfaat IPAL di Rumah Sakit terlebih dahulu akan menjelaskan apa saja jenis – jenis limbah yang dihasilkan oleh Rumah Sakit.

Manfaat Memasang IPAL di Rumah Sakit
Limbah Rumah Sakit

1. LIMBAH KLINIS

Limbah klinik adalah limbah yang dihasilkan dari suatu kegiatan untuk melayani pasien dan itu bersifat sangat berbahaya karena dapat menyebabkan sebuah infeksi kuman pada orang – orang yang ada di sekitar rumah sakit. Contohnya yaitu alat perban bekas, cairan badan, organ atau anggota badan yang diamputasi, jarum bekas, kantong urine, dan produk darah. Untuk limbah yang berbentuk padat akan disimpan di sebuah penampungan sementara Limbah B3. Untuk selanjutnya akan di kelola oleh pihak ketiga yang memiliki ijin pengelolaan limbah B3. Sementara Untuk Limbah cairnya akan Disalurkan melalui pipa yang terhubung ke unit Instalasi pengolahan air limbah rumah sakit. Disinilah letak salah satu manfaat ipal rumah sakit.

2. LIMBAH BUKAN KLINIS

Berikut Contoh limbah bukan klinis yaitu kertas atau plastik bekas pembungkus yang tidak bersentuhan dengan suatu cairan badan. Limbah ini tidak berbahaya atau menimbulkan risiko infeksi, namun tetap harus ditangani dengan baik. Kategori ini tidak tergolong dalam manfaat ipal rumah sakit. Karena ipal rumah sakit sendiri di design untuk melakukan pengolahan limbah yang bersifat cair.

3. LIMBAH PATOLOGIS

Limbah ini hampir Sama dengan limbah klinis, limbah patologis ini juga memiliki tingkat bahaya yang sanbgat tinggi sehingga harus diberi label “biohazard”. Pengolahan limbah ini harus dilakukan dengan cara sterilisasi menggunakan alat autoclave sebelum keluar dari unit patologi. Disinilah letak manfaat ipal rumah sakit yang kedua. Untuk limbah patologis yang mengandung B3. Tetap ditampung di pennampungan sementara. dan Untuk limbah cairnya setelah dilakukan sterilisasi akan disalurkan ke ipal rumah sakit.

Baca Juga:  Pengertian IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah)

4. LIMBAH DAPUR

Limbah dapur ini yaitu terdiri beberapa dari sisa – sisa dari makanan dan air kotor dari kamar mandi. Limbah ini juga harus ditangani dengan baik karena dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan. Penanganan limbah ini masuk kategori pra pengolahan air limbah. Karena penangannya harus dilakukan sebelum air limbah diolah di unit ipal di rumah sakit yang utama. Manfaat ipal rumah sakit dalam proses pengolahan limbah dapur ini yaitu untuk menyaring remah remah kecil yang masih terbawa aliran agar tidak masuk ke bak pengumpul air limbah. Selain itu juga memisahkan kandungan minyak dan lemak dalam limbah dapur. Minyak atau lemak yang tersaring akan diambil secara periodik untuk dipisahkan dan diolah lebih lanjut.

5. LIMBAH RADIOAKTIF

Limbah ini juga termasuk salah satu jenis limbah yang perlu ditangani dan diperhatikan dengan sangat hati-hati dan prosedur pengelolaannya harus mengacu terhadap ketentuan dari Badan Tenaga Nuklir Nasional atau (BATAN). Limbah ini biasanya berasal dari sebuah ruang X ray atau Rontgen. Untuk pengolahan limbah ini dilakukan secara terpisah. hanya perusahaan yang memenuhi ijin khusus saja dan spesifik yang dapat mengambil limbah ini untuk dilakukan pengolahan.

6. LIMBAH KIMIAWI

Limbah Ini berasal dari air pembuangan ruang di laboratorium. manfaat ipal rumah sakit lebih lanjut dan lengkap yaitu dapat mengolah air limbah dari hasil buangan laboratorium dengan menggunakan Ipal laboratorium. Limbah ini mengandung sebuah logam yang berat dan cukup tinggi. Logam berat berasal dari reagent reagent yang dipergunakan dalam laboratorium di rumah sakit. Sistem pengolahan limbah ipal laboratorium ini juga termasuk suatu proses Pra Pengolahan. Biasanya proses ini sering dilakukan dengan menggunakan metode kimia fisika.

Baca Juga:  Cara Pengelolaan Air Limbah Medis di Rumah Sakit

Nah itulah beberpa jenis – jenis limbah yang dihasilkan oleh sebuah Rumah Sakit, dan selanjutnya akan menjelaskan seperti apa manfaat IPAL di Rumah Sakit.

MANFAAT IPAL UNTUK RUMAH SAKIT

MANFAAT IPAL UNTUK RUMAH SAKIT
Manfaat IPAL di Rumah Sakit

Mengolah limbah rumah sakit dengan sistem IPAL memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan dan kelestrarian lingkungan sekitar manfaat ipal rumah sakit untuk kenyamanan salah satu beberapa diantaranya yaitu akan kami tuliskan dan rangkum sebagai berikut.

  1. Mengolah air limbah di rumah sakit yang beracun dan menjadi air bersih yang aman ketika dibuang ke dalam saluran pembuangan air limbah, sungai, atau sumber air lainnya tanpa menyebabkan suatu risiko membahayakan kesehatan atau mencemari lingkungan.
  2. Menjaga lingkungan untuk rumah sakit agar tetap sehat, aman, dan nyaman bagi siapa pun yang beraktivitas di sekitaran rumah sakit, seperti pegawai, pasien, maupun para pengunjung, dan mahluk hidup lainnya.
  3. Karena IPAL di rumah sakit merupakan suatu hal yang diwajibkan oleh peraturan pemerintah, rumah sakit akan terhindar dari sanksi atau permasalahan hukum yang dapat mengganggu kelancaran pelayanan rumah sakit.

Nah itulah sekilas manfaat dari pemasangan IPAL atau Instalasi Pengelolaan Air Limbah di Rumah Sakit, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan dapat memberikan pengetahuan bagi kita semua bahwa IPAL sangatlah berguna bagi kita.

Postingan Terbaru

Hubungi Kami

Segera hubungi kami  sekarang juga dengan mengisi formulir berikut atau menghubungi kami melalui informasi kontak berikut:

+6281122333718

info@envilife.co.id

Jl. Sanggar Kencana Utama No.9, Jatisari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286

14 + 14 =

Indonesia Website Awards