Mengenal Macam Macam Alat Pengukur ph Air

oleh | Nov 18, 2021 | Instrument Laboratorium

5/5 - (17 votes)

Envilife.co.id – Apakah sebelumnya anda sudah tahu apa saja alat yang biasanya digunakan untuk mengukur suatu ph atau kadar air, nah bagi anda yang belum mengetahui apa saja alat pengukur ph air yang biasanya digunakan berikut adalah beberapa contoh alat alatnya.

Alat Ukur ph Air

Ada banyak jenis alat yang digunakan untuk menguji kadar ph air dan terdapat fungsi yang berbeda masing masing alatnya, untuk itu berikut ini adalah contoh alat untuk mengukur ph air:

1. ENVILIFE MOISTest-3 Alat Pengukur Kadar Air dengan Fully Automatic Karl Fischer

ENVILIFE-MOISTest-3-Alat-Pengukur-Kadar-Air-dengan-Fully-Automatic-Karl-Fischer
Gambar: ENVILIFE MOISTest-3 Alat Pengukur Kadar Air dengan Fully Automatic Karl Fischer

Deskripsi:

MOISTest-3 adalah alat pengukur kadar air atau alat tes kadar air MOISTest-3 ini mengadopsi metode pengujian kelembaban klasik yang diakui secara global – Metode Koulometri Karl Fischer yang merupakan metode paling akurat dengan biaya rendah. Dengan standar universal dan metode analisis, dapat dengan cepat menganalisis kadar air dalam cairan, padat dan gas dan langsung menampilkan hasil pengujian, dengan rentang pengujian dari 0,0001% (1ppm) hingga 100%. Oleh karena itu, metode pengujian ini telah banyak digunakan di institusi dan perusahaan perminyakan, industri kimia, listrik, farmasi, pestisida, kereta api, penelitian, dll.

Seluruh proses pengujian secara otomatis dengan alat uji kadar air ini dikendalikan oleh penguji itu sendiri. Pengadukan dan analisis otomatisnya akan selesai dalam 60 detik, dan hasilnya akan ditampilkan secara langsung. Sistem titrasi tertutup total menghindari kerusakan operator dari reagen. Dilengkapi dengan Reagen Karl Fischer 500ml, yang dapat menguji sekitar 1000 kali sampel secara terus menerus, sepenuhnya menghindari penyimpangan besar dari metode pengujian kelembaban lainnya dan dengan demikian meningkatkan indeks kualitas produk.

Fitur:

  • Terbuat dari bahan Itanium yang Kuat dan CPU ganda; konversi A/D langsung dari data elektroda pengujian.
  • Menggunakan Layar LCD layar sentuh berwarna 7 inci dalam bahasa Inggris. Fungsi prompt kegagalan reagen, memperpanjang waktu layanannya.
  • Menggunakan Sistem titrasi tertutup sepenuhnya menghindari kontak langsung antara manusia dan reagen serta pengaruh kelembaban lingkungan.
  • Casing luar terbuat dari pelat baja canai dingin berkualitas tinggi dengan permukaan yang disemprotkan secara elektrostatik, anti korosi dan mudah dibersihkan.
  • Dengan kontrol yang otomatis dan kompensasi arus listrik melalui MCU berkontribusi pada keseimbangan reagen yang cepat.
  • Dengan arus elektrolisis kontrol otomatis dalam 430mA memastikan sensitivitas tinggi dan kecepatan analisis yang cepat.
  • Sudah terinstal dengan cubature (termasuk 3 buah formula), perhitungan statistik (termasuk perhitungan rata-rata, perhitungan standar deviasi dan perhitungan tingkat perubahan) dan aritmatika dasar, dengan keunggulan analisis dan perhitungan otomatis.
  • Dapat secara otomatis menguji sampel, menganalisis dan menampilkan hasil, dan menghitung nilai rata-rata beberapa kali pengujian.
  • Menggunakan kapasitas penyimpanan hasil yang tak terbatas nyaman untuk berkonsultasi dengan data pengujian sebelumnya kapan pun diperlukan.
  • Dapat secara otomatis menghitung dan mencetak ug / ppm / persentase / m g / L / nama sampel / tanggal eksperimen, dll.
  • Manajemen jaringan tersedia melalui koneksi dengan komunikasi laptop atau komputer melalui antarmuka USB atau RS232.
  • Operasi tampilan multi-bahasa, program instrumen dapat ditingkatkan ketika standar nasional direvisi.

Untuk melihat spesifikasi lebih lengkapnya bisa anda lihat di URL berikut: https://envilife.co.id/product/alat-pengukur-kadar-air-dengan-fully-automatic-karl-fischer/

2. Alat Moisture Tester – ENVILIFE MOISTest-4 Fully Automatic Karl Fischer

Alat-Moisture-Tester-–-ENVILIFE-MOISTest-4-Fully-Automatic-Karl-Fischer
Gambar: Alat Moisture Tester – ENVILIFE MOISTest-4 Fully Automatic Karl Fischer

Deksripsi:

ENVILIFE MOISTest-4 Fully Automatic Karl Fischer yaitu model karl fischer moisture tester yang menggunakan metode pengukuran air klasik (metode listrik Karl-Fescher Coulomb), yang dapat dengan cepat menganalisis cairan dengan kadar air dalam kisaran 0,0001% (1ppm) hingga 100% dalam satu menit, di dalam cairan, gas dan padat. Alat ini biasanya untuk menguji Kelembaban dalam sampel gas yang banyak digunakan dalam kimia atau di laboratorium kimia, minyak bumi, tenaga listrik, penelitian ilmiah, kereta api dan industri lainnya.

Baca Juga:  Alat Alat Laboratorium Untuk Menguji Kualitas Air

Fitur:

  • Instrumen ini mengadopsi analisis dan pengukuran cerdas yang secara otomatis dengan mikroprosesor.
  • Menggunakan Layar LCD dengan layar sentuh yang sudah berwarna yaitu 65K warna  dan ukuran layar 10 inci dengan (resolusi 800 * 600 piksel).
  • Permukaan dibuat dengan semprotan elektrostatik, yang sudah anti korosi dan mudah dibersihkan.
  • Menggunakan Mikroprosesor arus kosong yang secara otomatis dapat mengontrol kompensasi, dan reagen yang dapat dengan cepat mencapai keadaan yang setimbang.
  • Mempunyai arus elektrolisis yang besar yaitu 0-430 mAh, dengan sensitivitas deteksi yang tinggi, dan kecepatan analisis cepat.
  • Fungsi penyimpanan yang kuat, hasil pengukuran yang dilakukan secara otomatis disimpan dalam Storeg dalam 1000, dan riwayat atau aktivitas yang diperiksa setiap saat.
  • Instrumen secara otomatis dapat menentukan sampel dan hasil analisis yang akan ditampilkan secara otomatis, secara otomatis juga dapat menghitung nilai rata-rata sampel dengan beberapa kali.
  • Secara otomatis menghitung dan mencetak ug / ppm / persentase / m g / L / nama sampel / tanggal eksperimen, dll.
  • USB dapat dihubungkan ke notebook dan komputer desktop, dan kompatibel dengan operasi sistem WINDOWS XP dan WINDWS 7, dan dapat memanajemen jaringan.
  • Operasi tampilan yang sudah multi-bahasa, program instrumen dapat ditingkatkan ketika standar nasional direvisi.

Untuk spesifikasi lebih lengkapnya bisa anda lihat di URL berikut: https://envilife.co.id/product/alat-moisture-tester-moistest-4-fully-automatic-karl-fischer/

3. ENVILIFE FP-560 Flat-Panel pH/Conductivity/Dissolved Oxygen Meter

ENVILIFE-FP-560-Flat-Panel-pH-Conductivity-Dissolved-Oxygen-Meter
Gambar: ENVILIFE FP-560 Flat-Panel pH/Conductivity/Dissolved Oxygen Meter

Deskripsi:

ENVILIFE FP-560 adalah alat unutk Menguji kadar pH, konduktiviti dan oksigen terlarut. pH merupakan indikator tingkat asam atau basa pada air yang dinilai dengan skala 0-14. Air yang netral alias tidak basa maupun asam memiliki kandungan pH sebesar 7. Air asam memiliki pH kurang dari 7 dan air basa lebih dari 7. Setiap angka ini menggambarkan perubahan derajat asam/basa sebesar 10-kali lipat.

Fitur:

  • Layar LCD 5 inci, sudut pandang 150 derajat, desain cantik, ringan.
  • Dukungan lengkap dan pemegang elektroda berputar, dan dapat dipasang di dinding, serta dapat menghemat ruang.
  • Ukuran kecil, mudah dibawa, dan dapat dipindahkan secara bebas di laboratorium.
  • Skalabilitas: Anda dapat dengan mudah dan cepat mengubah elektroda yang berbeda untuk mengukur pH, konduktivitas, atau oksigen terlarut.
  • Secara otomatis mengenali jenis elektroda. Elektroda dengan chip internal dapat secara otomatis menyimpan data kalibrasi, dan secara otomatis mengambil data kalibrasi setelah terhubung ke mesin.
  • Kabel penghubung elektroda 3,5 mm mudah disambungkan dan mudah digunakan.
  • 2 PrtUSB, mengisi daya, menyalin data, menghubungkan ke komputer untuk transmisi data yang mudah.
  • 200 data log dapat disimpan, pengaturan data termasuk pembacaan, data GLP, tanggal dan waktu.
  • Dua mode operasi: mode operasi tambahan dan dasar; misalnya: dalam mode operasi yang diperluas, ada 5 titik kalibrasi dan 2 buffer khusus dapat digunakan; dalam mode dasar, hanya 5 buffer yang telah diprogram dan 3 titik yang dapat digunakan untuk kalibrasi.
  • Baterai dapat digunakan terus menerus selama 30 jam. Tersedia selama 2 minggu. 10 menit shutdown otomatis, terlama dapat diatur ke 30 menit

Untuk melihat spesifikasi lebih lengkapnya bisa anda lihat di URL berikut: https://envilife.co.id/product/envilife-fp-560-flat-panel-ph-conductivity-dissolved-oxygen-meter/

4. ENVILIFE MOISTest-1 Alat Penguji Kadar Air dengan Digital Karl Fischer

ENVILIFE-MOISTest-1-Alat-Penguji-Kadar-Air-dengan-Digital-Karl-Fischer
Gambar: ENVILIFE MOISTest-1 Alat Penguji Kadar Air dengan Digital Karl Fischer

Deskripsi:

MOISTest 1 alat Penguji kadar air ini mengadopsi metode pengujian kelembaban klasik yang diakui secara global – Metode Koulometri Karl Fischer yang merupakan metode paling akurat dengan biaya rendah. Dengan standar universal dan metode analisis, dapat dengan cepat menganalisis kadar air dalam cairan, padat dan gas dan langsung menampilkan hasil pengujian, dengan rentang pengujian dari 0,0001% (1ppm) hingga 100%. Oleh karena itu, metode pengujian ini telah banyak digunakan di institusi dan perusahaan perminyakan, industri kimia, listrik, farmasi, pestisida, kereta api, penelitian, dll.

Baca Juga:  Macam-Macam Peralatan Lab di Laboratorium Mikrobiologi

Seluruh proses pengujian secara otomatis dikendalikan oleh penguji ini sendiri. Pengadukan dan analisis otomatisnya akan selesai dalam waktu 60 detik, dan hasilnya akan ditampilkan secara langsung. Sistem titrasi tertutup total menghindari kerusakan operator dari reagen. Dilengkapi dengan Reagen Karl Fischer 500ml, yang dapat menguji sekitar 1000 kali sampel secara terus menerus, sepenuhnya menghindari penyimpangan besar dari metode pengujian kelembaban lainnya dan dengan demikian meningkatkan indeks kualitas produk.

Fitur:

  • Sistem kontrol otomatis MPU yang canggih dan konversi A/D langsung dari data elektroda pengujian.
  • Sistem titrasi tertutup sepenuhnya untuk menghindari kontak langsung antara manusia dan reagen serta pengaruh kelembaban lingkungan.
  • Kontrol otomatis dan kompensasi arus listrik melalui MCU berkontribusi pada keseimbangan reagen yang cepat.
  • Tampilan tabung Nixie enam digit yang disorot, dengan masa pakai yang lama, pencahayaan tinggi, dan sensitivitas 0,1 mikrogram.
  • Kecepatan pengadukan dapat diatur dan dikendalikan melalui tombol; kerusakan dapat diperiksa sendiri melalui tombol.
  • Lampu indikator elektrolisis dan pengujian menunjukkan status pengujian.
  • Arus elektrolisis 400mA dikontrol secara otomatis, yang sangat meningkatkan sensitivitas dan akurasinya.
  • Contoh pengujian otomatis dan tampilan langsung hasil.

Dan untuk spesifikasi lebih lengkapnya bisa anda lihat di URL berikut: https://envilife.co.id/product/alat-penguji-kadar-air-dengan-digital-karl-fischer/

5. ENVILIFE MOISTest-2 Alat Pengukur Kadar Air dengan Fully Automatic Karl Fischer

ENVILIFE-MOISTest-2-Alat-Pengukur-Kadar-Air-dengan-Fully-Automatic-Karl-Fischer
Gambar: ENVILIFE MOISTest-2 Alat Pengukur Kadar Air dengan Fully Automatic Karl Fischer

Deskripsi:

ENVILIFE MOISTest-2 adalah Alat Pengukur Kadar Air dengan prinsip pengukuran titrator koulometri ENVILIFE MOISTest-2 adalah metode pengukuran air klasik yang diakui dunia “metode Karl-Fischer Coulomb”, rentang pengukuran serendah 0,0001%, yang dapat dengan cepat mengukur kadar air padat dan cair dalam waktu 60 detik. Ini banyak digunakan dalam kimia, produk minyak bumi, tenaga listrik, penelitian ilmiah, kereta api dan industri lainnya.

Sesuai Dengan Standar Sebagai Berikut
GB/T 6283-2008 Alat Pengukur Kadar Air dalam produk kimia – metode Karl Fischer. ASTM E1064-2008 Titrasi Koulometri Karl Fischer untuk Penentuan Kadar Air dalam Cairan Organik. GB/T 7600-1987 Penentuan kadar air minyak transformator selama operasi (metode Coulomb). ASTM D4928-00 (2010) Titrasi Koulometri Karl Fischer untuk Penentuan Kadar Air dalam Minyak Mentah.

ISO 10337-1997 Alat Pengukur Kadar Air minyak mentah Titrasi koulometri Karl Fischer. GB/T 11146-2009 Penentuan kadar air minyak mentah Titrasi koulometri Karl Fischer. GB/T 3727-2003 Penentuan jejak air dalam etilena dan propilena untuk keperluan industri. GB/T 5074-1985 Metode mikrokoulometri untuk penentuan kadar air produk kokas. GB/T 6023-2008 Penentuan jejak air dalam butadiena industri Karl Fischer Coulometric. GB/T 7376-2008 Penentuan kadar air dalam fluoroalkana industri – metode Karl Fischer. GB/T 18619.1-2002 Penentuan kadar air dalam gas alam – Metode Karl Fischer Coulomb. GB/T 18826-2002 Industri 1,1,1,2-tetrafluoroethane HFC-134a. SH/T 0246-1992 Penentuan kadar air dalam produk minyak bumi ringan (metode kelistrikan).

Untuk spesifikasi lebih lengkapnya bisa anda lihat di URL berikut: https://envilife.co.id/product/alat-pengukur-kadar-air-dengan-fully-automatic-karl-fischer-2/

Nah itulah beberapa contoh alat yang biasanya digunakan untuk mengukur ph air, semoga artikel ini bermanfaat.

Postingan Terbaru

Hubungi Kami

Segera hubungi kami  sekarang juga dengan mengisi formulir berikut atau menghubungi kami melalui informasi kontak berikut:

+6281122333718

info@envilife.co.id

Jl. Sanggar Kencana Utama No.9, Jatisari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286

14 + 8 =

Indonesia Website Awards