Pemantauan Kualitas Air Sungai

oleh | Des 14, 2022 | ONLIMO

Untuk melakukan suatu proses pengujian yang dilakukan yaitu untuk melakukan pemantauan kualitas air sungai ada beberapa hal mesti di siapkan untuk melakukan aktifitas tersebut, maka dari itu disini admin akan menjelaskan seperti apa itu pemantauan kualitas air sungai. Berikut adalah penjelasannya.

Pengertian

Pemantauan kualitas air sungai adalah suatu proses yang dilakukan untuk mengukur dan menganalisis kondisi kualitas air di sebuah sungai. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa air yang ada di sungai tersebut sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan, dan bahwa air sungai tersebut dapat digunakan secara aman baik untuk keperluan domestik maupun untuk keperluan lainnya. Pemantauan kualitas air sungai biasanya dilakukan secara teratur, agar dapat dilakukan tindakan yang tepat apabila terjadi perubahan kualitas air yang tidak diinginkan.

Manfaat

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari pemantauan kualitas air sungai, di antaranya adalah:

  1. Memastikan bahwa air yang ada di sungai sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan, sehingga dapat digunakan secara aman baik untuk keperluan domestik maupun untuk keperluan lainnya.
  2. Mengetahui sejauh mana tingkat polusi yang terjadi di sungai tersebut, sehingga dapat diambil tindakan yang tepat untuk menangani masalah polusi tersebut.
  3. Membantu dalam menjaga kualitas air yang ada di sungai, agar dapat dijaga kesehatannya dan dapat digunakan secara optimal untuk keperluan manusia maupun untuk menjaga kelestarian lingkungan.
  4. Mengetahui sejauh mana pengaruh dari aktivitas manusia terhadap kualitas air di sungai, sehingga dapat diambil tindakan yang tepat untuk mengurangi dampak negatif dari aktivitas tersebut.
  5. Membantu dalam pengelolaan sumber daya air yang ada di sungai, sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal dan dapat dikendalikan dengan baik.

Sistem Pemantauan Kualitas Air Sungai

Sistem pemantauan kualitas air sungai merupakan suatu sistem yang digunakan untuk mengukur dan menganalisis kondisi kualitas air di sebuah sungai. Sistem ini biasanya terdiri dari beberapa komponen, di antaranya adalah:

  1. Sensors atau alat ukur: Alat ukur ini digunakan untuk mengukur berbagai parameter kualitas air seperti pH, suhu, kekeruhan, dan kadar oksigen terlarut.
  2. Data logger atau pencatat data: Data logger digunakan untuk mencatat hasil pengukuran yang dilakukan oleh sensors, sehingga hasil pengukuran tersebut dapat disimpan dan dianalisis.
  3. Software atau perangkat lunak: Software digunakan untuk mengolah dan menganalisis data yang telah dicatat oleh data logger, sehingga dapat diperoleh informasi yang berguna mengenai kualitas air di sungai tersebut.
  4. Koneksi internet: Koneksi internet digunakan untuk mengirimkan data yang telah diolah oleh software ke server, sehingga data tersebut dapat diakses oleh pihak yang berwenang untuk melakukan pemantauan dan analisis kualitas air di sungai tersebut.
  5. Server: Server digunakan untuk menyimpan data yang telah dikirimkan oleh perangkat lunak, sehingga data tersebut dapat diakses oleh pihak yang berwenang untuk melakukan pemantauan dan analisis kualitas air di sungai tersebut.

Macam-macam alat Pemantauan Kualitas Air Sungai

Ada beberapa jenis alat yang digunakan dalam pemantauan kualitas air sungai, di antaranya adalah:

  1. Alat ukur pH: Alat ini digunakan untuk mengukur tingkat keasaman atau basa dari air di sungai.
  2. Alat ukur suhu: Alat ini digunakan untuk mengukur suhu air di sungai.
  3. Alat ukur kekeruhan: Alat ini digunakan untuk mengukur tingkat kekeruhan air di sungai.
  4. Alat ukur kadar oksigen terlarut: Alat ini digunakan untuk mengukur kadar oksigen terlarut dalam air di sungai.
  5. Alat ukur konsentrasi bahan kimia: Alat ini digunakan untuk mengukur konsentrasi bahan kimia seperti bahan pencemar, pestisida, dan herbisida dalam air di sungai.
  6. Alat ukur kadar logam berat: Alat ini digunakan untuk mengukur kadar logam berat seperti timbal, seng, dan kadmium dalam air di sungai.
  7. Alat ukur debit air: Alat ini digunakan untuk mengukur debit air yang mengalir di sungai.
  8. Alat ukur kecepatan arus: Alat ini digunakan untuk mengukur kecepatan arus air di sungai.
  9. Alat ukur kedalaman air: Alat ini digunakan untuk mengukur kedalaman air di sungai.

Nah itulah beberapa macam alat-alat yang dapat digunakan untuk membantu dalam melakukan suatu pemantauan terhadap kualitas air sungai, dan disini juga admin akan menawarkan jasa tersebut yang disebut ONLIMO, bagi anda yang ingin mengetahui lebih lengkapnya apa itu sistem ONLIMO silahkan klik link berikut ini.

Bagikan ke:
× Hubungi kami!
Popups for Divi