Pengertian, Fungsi, Jenis dan Komponen IPAL

oleh | Apr 22, 2022 | IPAL | 0 Komentar

5/5 - (1 vote)

Apakah sebelumnya anda sudah mengetahui yang dimaksud IPAL? nah mungkin bagi anda yang sebelumnya baru mendengar yang namanya IPAL, maka di artikel ini kami akan membahas tentang pengertian, fungsi, jenis dan apa saja komponen-komponen IPAL.

Untuk mengetahui lebih lengkapnya tentang penjelasan mengenai IPAL yang kita bahas berikut anda harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dari IPAL itu sendiri. Berikut adalah penjelasannya.

Pengertian, Fungsi, Jenis dan Komponen IPAL
IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah)

Pengertian IPAL

IPAD adalah singkatan dari Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) (wastewater treatment plant, WWTP), adalah sebuah struktur yang dirancang untuk membuang limbah biologis dan kimiawi dari air sehingga memungkinkan air tersebut untuk digunakan pada aktivitas yang lain.

Nah itulah penjelasan secara singkatnya mengenai pengertian IPAL itu sendiri. Selanjutnya setelah anda paham apa itu IPAL berikut ini adalah fungsi dari ipal yang harus anda ketahui, untuk mengetahui fungsi dari IPAL adalah sebagai berikut.

Fungsi atau manfaat IPAL

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari IPAL (instalasi pengolahan air limbah) diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mengolah air limbah

Mengolah air limbah agar dapat digunakan kembali sesuai dengan kebutuhan masingmasing.

2. Membuat aliran air bersih

Membuat aliran air menuju sungai menjadi bersih dan layak digunakan.

3. Menjadi Efektif

Efektif menjaga hewan dan tumbuhan yang ada di dalam tanah dan air terbebas dari kematian akibat racun.

Nah itulah beberapa fungsi dan manfaat dari IPAL atau Instalasi pengolahan air limbah, sangat bermanfaat bukan. Selanjutnya kita akan membahas salah saju jenis-jenis ipal.

Jenis-jenis IPAL

Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis dari sistem IPAL itu sendiri daiantaraya adalah sebagai berikut :

1. Pengolahan air limbah pertanian

Pengolahan limbah pertanian ini yaitu untuk dibagaian ini fungsisnya yaitu untuk membuang kotoran hewan, residu pestisida, dan sebagainya dari lingkungan pertanian.

2. Pengolahan air limbah perkotaan

Pengolahan limbah perkotaan ini dapat berfungsi untuk membuang limbah manusia dan limbah rumah tangga lainnya.

3. Pengolahan air limbah industri

Pengolahan limbah industri ini dapat mengolah limbah cair dari aktivitas manufaktur sebuah industri dan komersial, termasuk juga aktivitas pertambangan.

Lalu selanjutnya kita akan membahas mengenai apa saja komponen – komponen dari IPAL. Berikut penjelasannya.

Komponen-komponen IPAL

Nah bagi anda yang ingin mengetahui apa saja komponen-komponen yang biasa digunakan dalam sistem IPAL, berikut adalah macam-macam komponennya :

1. IPAL TANK

IPAL TANK ini terdapat beberapa bagian dibagi menjadi dua bagian diataranya yaitu :

A. Degreaser Tank

B. IPAL Stationary treatment tank

2. DATA LOGGER

Data logger adalah sistem komputer yang digunakan yaoti sebuah mini pc yang nantinya digunakan untuk menjalankan sistem aplikasi untuk ipal yang dibuat dan dapat di instalasi di sistem komputer yaitu dengan menggunakan sistem operasi windows.

3. PH SENSOR

PH Sensor adalah alat sensor yang berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi ph yang terdapat pada air, khususnya disini yaitu untuk mengetahui kandungan ph air yang terdapat di air limbah.

Dan bagi anda yang ingin lebih tahu seperti apa spesifikasinya silahkan anda lihat di halaman berikut ini “Jasa Pembuatan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah)

Nah jika anda sedang mencari jasa pemasangan IPAL (instalasi pengolahan air limbah) silahkan anda isi formulir penawaran dibawah ini.

Bagikan ke:

Minta Penawaran Harga dan Spesifikasi

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait informasi penawaran harga dan spesifikasi secara lengkap silahkan isi Formulir berikut ini :


Postingan Terbaru

Hubungi Kami

Segera hubungi kami  sekarang juga dengan mengisi formulir berikut atau menghubungi kami melalui informasi kontak berikut:

+6281122333718

info@envilife.co.id

Jl. Sanggar Kencana Utama No.9, Jatisari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286


Silahkan pilih salah satu kontak di bawah untuk berkomunikasi dengan tim kami.
//
Admin
Online
Hubungi Kami!