Pengertian Gas Detektor dan Fungsinya

oleh | Nov 15, 2021 | Alat Uji Lingkungan

5/5 - (34 votes)

Envilife.co.id – Pada pembahasan ini akan menjelaskan tentang pengertian gas detektor dan fungsi gas detektor ketika digunakan saat bekerja. Dan berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

Gas merupakan salah satu bentuk atau benda selain benda cair dan padat. Gas selalu berwujud transparan dan juga bisa didistribusikan ke seluruh ruangan apapun bentuk ruangannya secara fleksibel. Jika diletakkan di dalam ruangan, gas akan selalu memberikan tekanan pada dinding. Mengapa demikian karena volume gas selalu menyesuaikan dengan volume tempatnya, maka jika tidak diwadahi, volume gas akan menjadi tak terhingga dengan tekanan yang sekecil-kecilnya.

Dengan sifat gas yang seperti ini, maka tidak heran lagi jika sering mengalami kebocoran gas pada sebuah ruangan. Sehingga diperlukanya sebuah alat yang dapat mendeteksi kebocoran gas atau keadaan suatu gas di dalam ruangan dengan menggunakan alat gas detektor.

Pengertian Gas Detektor

Secara singkat, gas detektor itu bisa diartikan sebagai alat untuk mendetekasi adanya suatu gas pada suatu tempat tertentu. Pendeteksi gas ini biasa dimanfaatkan oleh instansi yang berhubungan dengan rawannya kebocoran gas. Seperti dapur restoran besar yang menggunakan gas untuk memasak, tempat kerja yang rawan terjadi kebocoran gas seperti kilang minyak, pabrik dan lain sebagainya.

Mengingat gas bisa menyatu dengan udara dan sulit sekali terdeteksi, maka keberadaan detector gas ini sangat penting untuk mencegah hal membahayakan akibat bocornya gas seperti kebakaran.

Fungsi Gas Detektor

Dari keterangan di atas, manfaat gas detector sangatlah penting. Karena itu gas detektor adalah alat untuk mendeteksi adanya gas berbahaya yang menyatu dengan udara agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan.

Dan berikut ini adalah beberafa fungsi dan manfaat dari alat gas detektor tersebut:

  1. Bisa mendeteksi keberadaan gas yang berbahaya seperti karbon dioksida dan gas lain yang berbahaya untuk manusia serta mudah terbakar.
  2. Ada 3 jenis gas yang bisa dideteksi, antara lain gas beracun, penipisan oksigen, serta gas bisa menyulut api.

Sebagai pencegahan dini bahaya kebocoran gas, detector gas biasanya dipasang dengan dihubungkan pada control sistem. Tujuannya, mesin akan segera berhenti ketika pendeteksi gas ini mendeteksi adanya kebocoran gas dalam sebuah tempat atau ruangan.

Selain itu, alat pendeteksi gas ini bisa dihubungkan dengan alarm atau lampu tanda bahaya. Agar ketika dideteksi adanya kebocoran gas, semua orang yang ada dalam ruangan segera melarikan diri ketika mendengar alarm berbunyi.

Contoh Alat Gas Detektor

Untuk alat ini perlu anda ketahui terdapat banyak sekali jenis jenisnya dan itu juga tergantung fungsi dan kegunaannya, dan berikut ini adalah beberapa contoh alat gas detektor sesuai fungsinya masing masing:

  1. Multi Gas Detector ENVILIFE IAQ6000
 ENVILIFE IAQ6000
Multi Gas Detector ENVILIFE IAQ6000

Multi Gas Detector ENVILIFE IAQ6000 adalah instrumen deteksi gas genggam. Instrumen dapat dikonfigurasi secara fleksibel dalam satu atau beberapa sensor gas (hingga 4 sensor gas dapat digunakan secara bersamaan); Layar warna HD IPS LCD 3,5 inci; Sudut pandang lebar 150 derajat; Antarmuka operasi Cina dan Inggris, suara, cahaya, tip alarm getaran; Fungsi alarm jatuh opsional, untuk memastikan keselamatan pekerja bawah tanah; Filter air dan debu, tidak hanya untuk udara ambien harian, tetapi juga untuk lingkungan pemantauan yang lembab dan berdebu; pompa pengambilan sampel gas built-in dengan aliran sepuluh kecepatan yang dapat disesuaikan, laju aliran gas khusus untuk lingkungan pengujian yang berbeda; Dapat dideteksi secara normal di bawah aliran udara berkecepatan tinggi 6m/S; resistensi yang kuat terhadap impuls transien listrik;

Baca Juga:  Alat untuk Monitoring Kualitas Udara

Dengan fungsi ekspansi IoT; baterai lithium kapasitas besar, waktu kerja yang lama; perumahan instrumen adalah bahan rekayasa kekuatan tinggi. Lebih akurat, lebih cepat, lebih andal.


  1. ENV2000 PUMPING GAS DETECTOR – Tracer Gas Analyzer
ENV2000 PUMPING GAS DETECTOR
ENV2000 PUMPING GAS DETECTOR – Tracer Gas Analyzer

Jual alat uji Fumigasi yaitu ENV2000 PUMPING GAS DETECTOR – Tracer Gas Analyzer alat yang berfungi untuk mendeteksi suatu gas dan alat ini dipakai oleh orang saat melakukan aktifitas di lingkungan industri atau pabrik ketika sedang memasuki ruangan yang rentang dengan gas yang berbahaya, dengtan adanya alat fumigasi ini kita bisa mengetahui berapa kadar gas dalam ruangan tersebut sehingga setelah mengetahui gas tersebut apakah kita boleh masuk ruangan tersebut atau tidak setelah mengetahui berapa kadarnya.


  1. ENVILIFE IAQ95-D Online Gas Detector With Display
ENVILIFE IAQ95-D
ENVILIFE IAQ95-D Online Gas Detector With Display

ENVILIFE IAQ95-D Online Gas Detector With Display adalah sejenis pemantauan konsentrasi gas dalam berbagai jenis situasi atau pipa 24 jam terus menerus jenis gas yang dipasang di dinding detektor. Menggunakan sensor merek pertama di dunia, dan teknologi proses mikro canggih, dengan data tampilan, respon cepat, presisi tinggi dan bagus stabilitas. Didukung oleh 24V DC, dengan 4-20mA, RS485, keluaran sinyal relai. Bukti ledakan, cocok untuk berbagai jenis situasi.


  1. ENVILIFE IAQ1200 Portable Multi Gas Detector – Indoor Air Quality
ENVILIFE IAQ1200 Portable Multi Gas Detector – Indoor Air Quality
ENVILIFE IAQ1200 Portable Multi Gas Detector – Indoor Air Quality

Detektor gas seri IAQ1200 adalah jenis detektor gas multi ukuran mini dan akurasi tinggi. Mudah dioperasikan, fungsi yang komprehensif, dapat mengukur 4 bahaya gas umum: karbon monoksida, hidrogen sulfida, gas yang mudah terbakar dan penipisan oksigen, multi gas lainnya tersedia untuk penyesuaian. Detektor dengan klip belakang, dilindungi oleh kotak silikon, cocok untuk berbagai jenis situasi.


  1. ENV3000 – G4 Portable Gas Detector
ENV3000 – G4 Portable Gas Detector
ENV3000 – G4 Portable Gas Detector

Seri ENV3000 – G4 Portable Gas Detector adalah detektor gas portabel berperforma tinggi yang dapat mendeteksi beberapa gas (senyawa organik yang mudah menguap VOC, gas yang mudah terbakar, dan gas beracun) secara bersamaan dan memiliki fungsi man down alarm. Perangkat ini memiliki fungsi operasi yang manusiawi seperti deteksi keamanan satu tombol, penyimpanan satu tombol, membalik gambar otomatis, serta fungsi alarm man down.; Dengan fungsi transmisi Bluetooth opsional, memungkinkan personel keselamatan mendapatkan data waktu nyata dan status alarm. Ini telah memperoleh sertifikasi tahan ledakan IECEX internasional, ATEX dan sertifikasi tahan ledakan Cina; Saat lulus uji antistatik, dan tingkat perlindungan mencapai IP67; Dengan desain produk yang lebih aman dan desain modul yang membuat deteksi lebih cepat, dan desain ergonomis yang ringkas membuat perangkat mudah dibawa; Terlebih lagi, perangkat ini juga merupakan instrumen tujuan ganda hisap dan difusi. Instrumen ini juga bekerja dalam mode hisap. Ketika pompa udara gagal atau dalam situasi darurat khusus, ia dapat secara otomatis beralih ke metode pengambilan sampel difusi, sehingga meningkatkan perlindungan ke Tingkat yang baru.

Baca Juga:  Alat Untuk Monitoring Atau Cek Kualitas Udara

Tanda tahan ledakan dari seri ENV3000 – G4 Portable Gas Detector adalah Ex ia IIC T4 Ga, yang berlaku untuk campuran gas eksplosif zona 0, zona 1, dan zona 2 pabrik dengan grade A, B, dan C dan kelompok suhu T1~T4.


  1. ENVILIFE IAQ95-A Online Gas Alarm
ENVILIFE IAQ95-A Online Gas Alarm
ENVILIFE IAQ95-A Online Gas Alarm

Emission Gas Analyzer mengadopsi independen hak kekayaan intelektual spektrum penyerapan ultraviolet teknologi analisis gas untuk mengukur NO dan NO2 konsentrasi. Mengadopsi prinsip NDIR untuk mengukur HC, CO, CO2 secara bersamaan dan teknologi ECD seumur hidup untuk sensor O2. Sensor gas inti dikembangkan dengan desain modular, integrasi tinggi, dan fitur perawatan rendah, yang dapat digunakan untuk deteksi gas dengan kelembapan tinggi, kelembapan rendah, dan konsentrasi rendah. Model ini dapat menghitung dan menampilkan rasio bahan bakar secara otomatis dan mendukung pengujian berdasarkan kondisi operasi yang ditentukan pengguna (Uji kondisi stabil dan kondisi kerja).


Nah itu adalag salah satu peralatan untuk mendeteksi gas dan selain alat alat diatas tentunya terdapat masih banyak lagi yang sejenisnya, dan untuk melihat alat alat uji lingkungan yang lainnya bisa anda lihat di halaman berikut “alat uji lingkungan“.

Nah itulah penjelasan mengenai pengertian dari gas detektor beserta dengan fungsinya, dan semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda. Jika anda ingin konsultasi terkait alat tersebut jangan sungkan untuk menghubungi kami di kontak yang tertera di website ini.

Postingan Terbaru

Hubungi Kami

Segera hubungi kami  sekarang juga dengan mengisi formulir berikut atau menghubungi kami melalui informasi kontak berikut:

+6281122333718

info@envilife.co.id

Jl. Sanggar Kencana Utama No.9, Jatisari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286

2 + 1 =

Indonesia Website Awards