Pengertian IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah)

oleh | Okt 19, 2021 | IPAL

5/5 - (9 votes)

Pengertian IPAL

Pengertian IPAL Secara umum bahwa IPAL artinya Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) atau (Wastewater Treatment Plant, WWTP) yaitu sebuah struktur yang dirancang dan berfungsi untuk membuang limbah biologis dan kimiawi dari air sehingga memungkinkan  air tersebut dapat digunakan pada aktivitas yang lain.

Jenis Jenis IPAL

Setiap industri atau pabrik dan bangunan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda akan pemasangan IPAL. IPAL yang digunakan di dalam rumah tangga, tentu berbeda dengan yang dipasang atau digunakan pada lokasi industri seperti misalnya pabrik industri. Untuk lebih memahami tentang IPAL lebih lanjut, silahkan simak berikut ini adalah IPAL diantaranya adalah sebagai berikut:

  • IPAL Komunal. IPAL komunal bisa diibaratkan seperti kereta api, pesawat, atau moda transportasi lain. Sama seperti kendaraan-kendaraan tersebut, IPAL komunal dibuat untuk memenuhi kebutuhan pembuangan limbah komunitas yang berisi banyak orang. Untuk membuat IPAL komunal, biayanya juga jauh lebih tinggi karena melibatkan banyak struktur dan perlengkapan.
  • IPAL Mandiri. Kebalikan dari IPAL komunal, IPAL mandiri dibuat untuk memenuhi kebutuhan pembuangan limbah perorangan atau per kepala keluarga. Dilihat dari biaya yang dikeluarkan, IPAL mandiri jauh lebih murah.

Tujuan IPAL

Tentunya IPAL itu mempunyai tujuan yang positif untuk menjaga kelestarian lingkungan dan berikut ini adalah tujuan dari pemasangan IPAL:

Tujuan utama IPAL adalah untuk menyaring dan membersihkan air yang tercemar limbah domestik maupun limbah kimia industri.

Fungsi IPAL

Berikut ini adalah beberapa kegunaan atau fungsi IPAL diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menetralisir Kontaminan

Perlu anda ketahui, limbah atau sisa hasil Industri yang mengandung racun berbahaya dan dapat menimbulkan kontaminan, baik fisik, kimia, maupun biologis. Racun limbah industri ini tidak hanya dapat mencemari air, melainkan juga merusak tanah, lingkungan sekitar, dan menyebabkan gangguan kesehatan. Namun, dengan menerapkan Instalasi Pengolahan Air Limbah, risiko tersebut dapat diminimalisasi. Tidak hanya menghilangkan kontaminan, pengolahan air limbah juga dapat membuat lingkungan lebih sehat, kebersihan air terjaga, udara pun bebas polusi dan aman dihirup.

Baca Juga:  Apakah Anda Tahu Fungsi IPAL (instalasi pengolahan air limbah)?

2. Menjaga Kelestarian Lingkungan

Berkat tata kelola air limbah, lingkungan di sekitar Industri dapat terbebas dari kontaminasi racun yang dapat menyebabkan permasalahan kesehatan bagi manusia atau mahluk hidup lainnya, merusak struktur tanah, dan memicu kematian makhluk hidup, baik tumbuhan maupun hewan.

3. Meningkatkan Kualitas Hasil Industri

Pengolahan air limbah dapat menghasilkan aliran limbah yang cocok untuk pembuangan dan penggunaan kembali terhadap lingkungan. Secara tidak langsung, hal ini efektif meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil Industri.

4. Mengurangi Biaya Produksi

Penerapan atau pemasangan IPAL dapat dimanfaatkan oleh manusia dengan semaksimal mungkin untuk menunjang proses produksi sekaligus mengurangi biaya produksi.

Manfaat IPAL

Dan berikut ini adalah manfaat dari IPAL yaitu diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengolah air limbah agar dapat digunakan kembali sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
  • Membuat aliran air menuju sungai menjadi bersih dan layak digunakan.
  • Efektif menjaga tumbuhan yang ada di dalam tanah dan air terbebas dari kematian akibat racun.
  • Dll

Jasa Pembuatan dan Pemasangan IPAL

Jasa Pemasangan IPAL

Untuk melakukan atau menerapkan IPAL di suatu Industri atau limbah rumah tangga dalam pemasangan IPAL tentunya harus dilakukan oleh tim yang profesional dan ahli dalam bidangnya, dan berikut ini kami menawarkan kepada anda yaitu jasa pembuatan dan pemasangan IPAL. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang harga dan penawaran mengenai jasa pemasangan IPAL silhkan anda hubungi kami lewat kontak yang tersedia, atau dengan mengisi formulir dibawah ini.

Nah itulah pembahasan mengenai Pengertian IPAL, Jenis jenis IPAL, tujuan IPAL, Fungsi IPAL, dan Manfaat IPAL yang mungkin dapat kami sampaikan semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca.

Postingan Terbaru

Hubungi Kami

Segera hubungi kami  sekarang juga dengan mengisi formulir berikut atau menghubungi kami melalui informasi kontak berikut:

+6281122333718

info@envilife.co.id

Jl. Sanggar Kencana Utama No.9, Jatisari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286

1 + 2 =

Silahkan pilih salah satu kontak di bawah untuk berkomunikasi dengan tim kami.
//
Admin 1
Online
//
Admin 2
Online
//
Admin 3
Online
Hubungi Kami!