Prinsip Kerja Alat Spektrofotometer

oleh | Jan 14, 2022 | Instrument Laboratorium

5/5 - (13 votes)

Envilife.co.id, Bandung – Di artitel kali ini akan menjelaskan yaitu bagaimana prinsip kerja alat spektrofotometer serta fungsi dari setiap bagian bagian alat tersebut, dan sebelumnya bisa anda simak pembahasanya sebagai berikut.

Pengertian Spektrofotometri

Spektrofotometri sesuai dengan namanya adalah alat yang terdiri dari spektrometer dan fotometer. Spektrofotometer menghasilkan sinar spektrum dengan panjang gelombang dan photometer tertentu adalah perangkat pengukur intensitas cahaya yang ditransmisikan atau diakorbsi. Jadi spektrofotometer digunakan untuk mengukur energi relatif jika energi ditransmisikan, dipantulkan atau muncul sebagai fungsi panjang gelombang.

Keuntungan spektrofotometer dengan photometer adalah panjang gelombang sinar putih dapat lebih terdeteksi dan metode ini diperoleh dengan dekomposisi seperti prisma, kisi atau celah optik. Pada filter fotometer dari berbagai warna yang memiliki spesifikasi melewati rute pada panjang gelombang tertentu.

Prinsip Kerja Spektrofotometri

Spektrum elektromagnetik dibagi menjadi beberapa area cahaya. Area akan diserap oleh atom atau molekul dan panjang gelombang penyerapan penyerapan dapat menunjukkan struktur senyawa yang diteliti. Spektrum elektromagnetik meliputi area luas gelombang sinar gamma gamma energi pendek berenergi tinggi ke oven microwave.

Spektrum penyerapan di area ultra ungu dan sinar muncul umumnya terdiri dari satu atau beberapa pita penyerapan lebar, semua molekul dapat menyerap radiasi di area UV yang terlihat. Oleh karena itu mereka mengandung elektron, keduanya digunakan bersama atau tidak, yang dapat dihembuskan ke tingkat yang lebih tinggi. Panjang gelombang pada waktu absorbtion terjadi tergantung pada seberapa dekat elektron yang terikat dalam molekul. Elektron dalam satu ikatan kovalen tunggal ikatan dan radiasi dengan energi tinggi, atau panjang gelombang pendek, diperlukan eksitasi.

Baca Juga:  Macam Macam Pipet Laboratorium dan Gambarnya

Keuntungan utama dari metode spektrofotometri adalah bahwa metode ini menyediakan cara sederhana untuk menetapkan jumlah zat yang sangat kecil. Selain itu, hasil yang diperoleh cukup akurat, di mana angka yang secara langsung direkam oleh detektor dan dicetak dalam bentuk angka digital atau grafik yang telah terdegradasi. Dalam hal sederhana spektrofotometer disebut spektrofotometer yang terdiri dari.

Fungsi masing-masing bagian :

  1. Sumber sinar polikromatik berfungsi sebagai sumber sinar polikromatik dengan berbagai jenis panjang gelombang.
  2. Monokromator berfungsi sebagai pemilih panjang gelombang, yaitu mengubah cahaya yang berasal dari sumber sinar polikromatik menjadi cahaya monokromatik. Pada gambar di atas itu disebut sebagai dispersi atau penyebaran cahaya. Dengan kehadiran hanya satu jenis cahaya atau cahaya dengan panjang gelombang tunggal yaitu tentang sel sampel. Pada gambar di atas hanya lampu hijau melewati pintu keluar. Proses dispersi atau penyebaran cahaya seperti yang dinyatakan dalam gambar.
  3. Sel sampel berfungsi sebagai tempat meletakan sampel.
    • UV, VIS dan UV-VIS menggunakan Kuvet sebagai tempat sampel. Kuvet biasanya terbuat dari kuarsa atau kaca, tetapi quavet kuarsa yang terbuat dari silika memiliki kualitas yang lebih baik. Ini karena terbuat dari kaca dan plastik dapat menyerap UV sehingga penggunaannya hanya pada spektrofotometer sinar yang terlihat (vis). Kuvet biasanya persegi panjang dengan lebar 1 cm.
    • IR, untuk sampel cair dan padat (dalam bentuk pasta) biasanya diterapkan pada dua pelat natrium klorida. Untuk sampel dalam bentuk larutan yang termasuk dalam sel natrium klorida. Sel ini akan diselesaikan untuk mengambil solusi yang dianalisis, jika sampelnya sangat kecil dan harganya mahal.
  4. Detektor berfungsi untuk menangkap cahaya yang diteruskan dari sampel dan mengubahnya menjadi arus listrik. Berbagai jenis detektor yaitu detektor foto (detektor foto), photocell, misalnya CD, phototube, foto, dioda foto, detektor panas
  5. Bacaan adalah sistem bacaan yang menangkap besarnya sinyal listrik dari detektor. Hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam spektrofotometri adalah:
    • Pada saat pengenceran alat alat pengenceran harus betul-betul bersih tanpa adanya zat pengotor
    • Dalam penggunaan alat-alat harus betul-betul steril
    • Jumlah zat yang dipakai harus sesuai dengan yang telah ditentukan
    • Dalam penggunaan spektrofotometri uv, sampel harus jernih dan tidak keruh
    • Dalam penggunaan spektrofotometri uv-vis, sampel harus berwarna.
Baca Juga:  Pelajari Apa Kegunaan Pipet Ukur

Postingan Terbaru

Hubungi Kami

Segera hubungi kami  sekarang juga dengan mengisi formulir berikut atau menghubungi kami melalui informasi kontak berikut:

+6281122333718

info@envilife.co.id

Jl. Sanggar Kencana Utama No.9, Jatisari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286

2 + 14 =

Silahkan pilih salah satu kontak di bawah untuk berkomunikasi dengan tim kami.
//
Admin 1
Online
//
Admin 2
Online
//
Admin 3
Online
Hubungi Kami!