Tube Roller: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Harga

oleh | Okt 18, 2023 | Instrument Laboratorium

Jika Anda sering berkunjung ke laboratorium biologi, kimia, medis, atau farmasi, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan alat yang bernama tube roller. Tube roller adalah alat yang berfungsi untuk mengocok atau mencampur sampel cairan dalam tabung reaksi atau tabung lainnya dengan cara menggelindingkannya secara horizontal. Tube roller sangat penting untuk memastikan bahwa sampel cairan tercampur secara merata dan homogen tanpa menghasilkan gelembung udara atau busa. Nah di pembahasan ini anda akan mengetahui apa saja fungsi, cara kerja dan harga alatnya.

Pengertian Tube Roller

Tube roller adalah alat yang digunakan untuk mengocok atau mencampur sampel cairan dalam tabung reaksi atau tabung lainnya dengan cara menggelindingkannya secara horizontal. Tube roller biasanya digunakan di laboratorium biologi, kimia, medis, atau farmasi untuk melakukan proses seperti inkubasi, ekstraksi, pencucian, atau homogenisasi.

Fungsi Tube Roller

Fungsi utama dari tube roller adalah untuk memastikan bahwa sampel cairan dalam tabung tercampur secara merata dan homogen tanpa menghasilkan gelembung udara atau busa. Tube roller juga dapat membantu menghindari pengendapan atau pemisahan zat-zat yang terkandung dalam cairan. Beberapa fungsi spesifik dari tube roller antara lain:

  • Mengocok sampel darah untuk mencegah pembekuan dan mempertahankan sifat-sifatnya.
  • Mengocok sampel DNA atau RNA untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil ekstraksi.
  • Mengocok sampel antibodi atau antigen untuk meningkatkan sensitivitas dan spesifisitas tes imunologi.
  • Mengocok sampel enzim atau substrat untuk mempercepat reaksi biokimia.
  • Mengocok sampel kultur sel atau mikroba untuk mempertahankan viabilitas dan aktivitasnya.

Cara Kerja Tube Roller

Cara kerja tube roller adalah dengan menggunakan motor listrik yang menggerakkan rol-rol yang terpasang pada platform datar. Rol-rol ini dapat berputar secara terus-menerus atau bolak-balik dengan kecepatan dan arah yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Tabung-tabung yang berisi sampel cairan diletakkan di atas rol-rol dengan posisi horizontal dan sejajar dengan arah putaran. Tabung-tabung ini kemudian akan digelindingkan oleh rol-rol dengan sudut tertentu sehingga cairan di dalamnya tercampur secara efektif.

Harga Tube Roller

Harga tube roller bervariasi tergantung pada merek, model, kapasitas, fitur, dan kualitasnya. Namun disini bagi anda yang berminat ingin membeli alat tube roller untuk informasi harga alatnya anda bisa menghubungi kami melalui LiveChat di website ini agar kami mengirimkan penawaran harganya kepada anda.

Kesimpulan

Tube roller adalah alat yang digunakan untuk mengocok atau mencampur sampel cairan dalam tabung reaksi atau tabung lainnya dengan cara menggelindingkannya secara horizontal. Tube roller memiliki berbagai fungsi, seperti inkubasi, ekstraksi, pencucian, atau homogenisasi. Cara kerja tube roller adalah dengan menggunakan motor listrik yang menggerakkan rol-rol yang terpasang pada platform datar. Rol-rol ini dapat berputar secara terus-menerus atau bolak-balik dengan kecepatan dan arah yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Harga tube roller bervariasi tergantung pada merek, model, kapasitas, fitur, dan kualitasnya.

Sekian artikel yang saya buat tentang tube roller. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda informasi yang berguna dan menambah wawasan Anda tentang alat-alat laboratorium.

Bagikan ke:
× Hubungi kami!
Popups for Divi