Apakah Anda Tahu Jenis Jenis IPAL Rumah Sakit?

oleh | Des 6, 2021 | IPAL

5/5 - (20 votes)

Sesuai judul diatas apakah anda sudah tahu atau tidak jenis jenis IPAL Rumah Sakit, dan jika anda belum mengetahuinya anda sangat beruntung membaca artikel ini, karena disini akan menjelaskan tentang jenis jenis IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) Rumah Sakit. Untuk itu lanjut ke pembahasannya simak di bawah ini.

Air Limbah

Air limbah merupakan seluruh air buangan yang berasal dari hasil proses kegiatan sarana pelayanan kesehatan yang meliputi diantaranya sebagai berikut:

  1. Air limbah domestik (air buangan kamar mandi, dapur, air bekas pencucian pakaian),
  2. Air limbah klinis (air limbah yang berasal dari kegiatan klinis rumah sakit, misalnya air bekas cucian luka, cucian darah dll),
  3. Air limbah laboratorium dan lainnya.

Prosentase terbesar dari air limbah yang biasaya dihasilkan oleh Rumah Sakit adalah limbah domestik sedangkan sisanya adalah limbah yang terkontaminasi oleh infectious agents kultur mikroorganisme, darah, buangan pasien pengidap penyakit infeksi, dan lain-lain.

Limbah Pada Umumnya Terbagi Tiga dan diantaranya Yaitu :

  1. Limbah padat (Solid Wastes)
  2. Limbah cair (Liquid Wastes)
  3. Limbah gas (Gaseous Wastes)

Dari ketiga limbah diatas itu akan sangat mengganggu dan membawa dampak yang sangat buruk yaitu bagi lingkungan dan mahluk hidup. Selain dari limbah tersebut Adapun dampak atau efek samping dari limbah tersebut dapat berupa pengaruhnya dan berikut ini adalah beberapa pengaruh limbah bagi lingkungan dan mahluk hidup.

Dampak Limbah

  1. Membahayakan kesehatan manusia.
  2. Dapat merusak dan membunuh kehidupan / lingkungan .
  3. Dapat merusak keindahan dan pemandangan.

IPAL Rumah Sakit

IPAL Rumah Sakit
Gambar: Limbah Rumah Sakit

Air limbah yang berasal dari pembuangan limbah domestik maupun buangan limbah cair klinis yang pada umumnya mengandung suatu senyawa pencemar organik yang sangat tinggi dan dapat diolah dengan proses dan diatasi pengolahannya secara biologis.

Baca Juga:  Manfaat Memasang IPAL di Rumah Sakit

Air limbah yang berasal dari laboratorium juga biasanya banyak mengandung berbagai macam logam berat yang bilamana dialirkan ke suatu proses pengolahan dengan secara biologis dapat mengganggu proses pengolahannya, sehingga perlu dilakukan pengolahan awal secara kimia-fisika, selanjutnya air olahannya dialirkan ke instalasi pengolahan air limbah (IPAL Rumah Sakit).

Jenis Air Limbah Rumah Sakit

Rumah Sakit terdapat banyak sekali jenis jenis limbah yang dihasilkan oleh rumah sakit, dan berikut ini adalah beberapa jenis air limbah yang dihasilkan oleh Rumah sakit, jenis jenisnya yaitu sebagai berikut :

  1. Air limbah domestik.

Air Limbah domestik (rumah tangga) merupakan limbah cair hasil buangan dari perumahan (rumah tangga), bangunan perdagangan, perkantoran dan sarana sejenis. Contoh limbah cair domestic adalah air deterjen sisa cucian, air sabun, dan air tinja.

  1. Air limbah klinis.

Limbah klinis dibagi atas lima golongan: (: a) golongan A terdiri dari dressing bedah,swab dan semua limbah terkontaminasi dari kamar bedah, bahan – bahan kimia dari kasus penyakit infeksi, seluruh jaringan tubuh manusia (terinfeksi maupun tidak), bangkai atau jaringan hewan dari laboratorium dan hal-hal lain yang berkaitan dengan swab dan dressing; b) golongan B terdiri dari syringe bekas, jarum, cartridge, pecahan gelas dan benda-benda tajamlainnya ; c) golongan C terdiri dari limbah dari ruang laboratorium dan postpartum kecuali yang termasuk dalam golongan A; d) golongan D terdiri dari limbah bahan kimia dan bahan – bahanfarmasi tertentu) golongan E terdiri dari pelapis Bed-pan Disposable, urinoir, incontinence-pad, dan stomachbags.

  1. Air limbah laboratorium klinik dan kimia.

Limbah laboratorium merupakan limbah yang berasal dari buangan hasil reaksi- reaksi berbagai larutan kimia dalam suatu eksperimen. Limbah laboratorium mengandung jenis senyawa-senyawa organik dan logam. Hal ini akan berdampak pada lingkungan jika dibuang langsung tanpa proses pengolahan limbah terlebih dahulu.

Baca Juga:  Pencemaran Lingkungan Yang Disebabkan Oleh Limbah Industri

Sumber – Sumber Libah dari Rumah Sakit

Berikut ini yaitu beberapa sumber limbah yang dihasilkan oleh Rumah Sakit yang biasanya adalah sebagai berikut:

  1. Unit Pelayanan Medis: Rawat Inap, Rawat Jalan, Rawat Darurat, Rawat Intensif.
  2. Unit Penunjang Pelayanan Medis : Laboratorium, Radiologi, Farmasi, Sterilisasi, Kamar Jenasah.
  3. Unit Penunjang Pelayanan Non Medis : Logistik, Cuci (Laundry), Rekam Medis, Fasilitas umum : Masjid / Musholla dan Kantin, Kesekretariatan / administrasi, Dapur Gizi, Dll.

Jasa Pemasangan IPAL Rumah Sakit

Selain penjelasan tentang ipal Rumah Sakit kami PT. ENVILIFE TEKNOLOGI INDONESIA akan menawarkan kepada anda yaitu jasa instalasai atau pemasangan IPAL baik itu untuk di Rumah Sakit ataupun di Industri lainnya seperti Rumah Sakit atau Puskesmas, Industri, Komunal atau Terpadu, Laboratorium, Tekstil, dan Lainnya.

Untuk melihat lebih lengkapnya seperti apa jasa pemasangan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) bisa anda lihat di halamam berikut “Jasa IPAL” atau anda bisa konsultasikan langsung kepada kami dengan menghubungi kami lewat kontak yang tersedia di website ini.

Postingan Terbaru

Hubungi Kami

Segera hubungi kami  sekarang juga dengan mengisi formulir berikut atau menghubungi kami melalui informasi kontak berikut:

+6281122333718

info@envilife.co.id

Jl. Sanggar Kencana Utama No.9, Jatisari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286

10 + 1 =

Silahkan pilih salah satu kontak di bawah untuk berkomunikasi dengan tim kami.
//
Admin 1
Online
//
Admin 2
Online
//
Admin 3
Online
Hubungi Kami!