Macam-macam alat Keselamatan Kerja (K3) dan Fungsinya

oleh | Alat Keamanan & Penyelamatan

5/5 - (1 vote)

Pada pembahasan kali ini disini admin akan menjelaskan kepada anda tentang apa saja contoh alat keselamatan kerja dan fungsinya yang harus anda ketahui. Namun sebelum anda melihat apa saja contoh alat-alatnya apakah anda sudah tahu apa itu alat keselamatan kerja atau K3, berikut adalah penjelasan singkatnya.

Pengertian alat Keselamatan Kerja (K3)

Alat Keselamatan Kerja (K3) adalah peralatan yang digunakan untuk melindungi pekerja dari bahaya atau risiko kecelakaan kerja yang mungkin terjadi saat bekerja. Alat K3 ini dapat berupa pelindung kepala, pelindung mata, pelindung telinga, pelindung tangan, pelindung kaki, dan lain-lain. Alat K3 ini penting untuk digunakan karena dapat mengurangi risiko terjadinya kecelakaan kerja yang dapat menyebabkan cedera atau kematian bagi pekerja.

Contoh alat Keselamatan Kerja

Nah dan berikut ini admin akan memberikan salah satu macam-macam contoh alat Keselamatan Kerja yang dapat anda lihat berikut ini:

1. Multi Gas Detector

Multi Gas Detector adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan gas beracun atau gas berbahaya dalam suatu ruangan atau tempat kerja. Alat ini umumnya terdiri dari sensor yang dapat mendeteksi beberapa jenis gas sekaligus, sehingga disebut sebagai “multi gas detector”. Contohnya, multi gas detector dapat mengukur konsentrasi gas karbon monoksida, gas hidrogen sulfida, gas oksigen, gas klorin, dan gas lainnya yang mungkin terdapat dalam lingkungan kerja.

Alat ini sangat penting digunakan karena gas beracun atau gas berbahaya dapat menyebabkan cedera atau kematian bagi pekerja yang terpapar secara terus-menerus atau terlalu lama. Multi gas detector ini dapat membantu mengidentifikasi keberadaan gas beracun atau berbahaya sehingga tindakan pencegahan dapat segera diambil.

2. Ducted Fume Hood

Ducted Fume Hood adalah peralatan yang digunakan untuk mengendalikan atau menghilangkan asap, gas, atau debu yang terkena radiasi atau terpapar dari suatu proses kerja di laboratorium atau industri. Alat ini terdiri dari suatu meja kerja yang dilengkapi dengan pelindung kepala bagian atas (hood) yang terhubung dengan saluran ventilasi atau pipa yang dapat menyalurkan asap, gas, atau debu ke luar ruangan.

Ducted Fume Hood ini bertujuan untuk melindungi pekerja dari paparan bahan kimia yang berbahaya atau radiasi yang tidak diinginkan saat melakukan proses kerja. Alat ini juga dapat membantu menjaga kualitas udara di dalam ruangan agar tetap sehat dan nyaman bagi pekerja yang berada di dalamnya.

Baca Juga:  K3 (Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan Kerja)

3. Low Volume Air Sampler

Low Volume Air Sampler adalah alat yang digunakan untuk mengambil sampel udara dari suatu lingkungan kerja dengan volume yang kecil. Alat ini biasanya terdiri dari sebuah tabung atau wadah yang dilengkapi dengan sistem pompa udara yang dapat mengambil sampel udara dari lingkungan kerja secara terus-menerus atau sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Low Volume Air Sampler ini biasanya digunakan untuk mengukur konsentrasi partikel atau bahan kimia yang terkandung dalam udara di lingkungan kerja.

Alat ini sangat penting untuk digunakan karena dapat membantu mengidentifikasi keberadaan bahan kimia atau partikel yang berpotensi merusak kesehatan pekerja yang terpapar secara terus-menerus atau terlalu lama. Dengan menggunakan Low Volume Air Sampler, tindakan pencegahan dapat segera diambil untuk mengurangi risiko terjadinya masalah kesehatan bagi pekerja.

4. Sound Level Meter

Sound Level Meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur tingkat kebisingan atau intensitas suara di suatu lingkungan kerja. Alat ini terdiri dari sebuah mikrofon yang terhubung dengan perangkat elektronik yang dapat mengukur tingkat intensitas suara dalam unit decibel (dB). Sound Level Meter ini biasanya digunakan untuk mengukur tingkat kebisingan di lingkungan kerja yang dapat mengganggu kesehatan pekerja atau masyarakat sekitar.

Alat ini juga dapat digunakan untuk mengukur tingkat kebisingan dari suatu mesin atau alat yang digunakan di dalam industri. Tingkat kebisingan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi pekerja yang terpapar secara terus-menerus atau terlalu lama, seperti kehilangan pendengaran atau stress. Dengan menggunakan Sound Level Meter, tingkat kebisingan di lingkungan kerja dapat diukur dan tindakan pencegahan dapat segera diambil untuk mengurangi risiko terjadinya masalah kesehatan bagi pekerja.

5. Driver Fatigue Monitor

Driver Fatigue Monitor adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi tingkat kelelahan suatu pengemudi. Alat ini biasanya terdiri dari sebuah perangkat yang terpasang di dalam mobil yang dapat memantau tingkat kelelahan pengemudi dengan mengukur tingkat aktivitas atau gerakan mata, detak jantung, atau tingkat stress. Driver Fatigue Monitor ini bertujuan untuk membantu mengurangi risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat pengemudi yang kelelahan atau tidak fokus saat mengemudi.

Alat ini juga dapat membantu pengemudi untuk mengetahui tingkat kelelahannya sendiri dan memberi saran untuk beristirahat jika diperlukan. Driver Fatigue Monitor ini sangat penting untuk digunakan karena kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh pengemudi yang kelelahan dapat menyebabkan cedera atau kematian bagi pengemudi, penumpang, atau pihak lain yang terlibat.

Baca Juga:  Jual Alat Tester Napas Alkohol Murah

6. Portable Gas Detector

ENV3000 – G4 Portable Gas Detector adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan gas beracun atau gas berbahaya di lingkungan kerja. Alat ini merupakan salah satu jenis portable gas detector yang bisa digunakan secara mudah dan cepat di berbagai lingkungan kerja. ENV3000 – G4 Portable Gas Detector ini dapat mendeteksi berbagai jenis gas seperti gas karbon monoksida, gas hidrogen sulfida, gas oksigen, gas klorin, dan gas lainnya.

Alat ini dilengkapi dengan sensor yang dapat mengukur konsentrasi gas di lingkungan kerja dan memberikan peringatan jika terdeteksi gas beracun atau gas berbahaya. ENV3000 – G4 Portable Gas Detector ini sangat penting untuk digunakan karena dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kecelakaan kerja yang disebabkan oleh paparan gas beracun atau gas berbahaya. Alat ini juga dapat membantu menjaga kualitas udara di lingkungan kerja agar tetap sehat dan nyaman bagi pekerja yang berada di dalamnya.

7. Hand-held Personal Gas Monitor

Hand-held Personal Gas Monitor adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan gas beracun atau gas berbahaya di lingkungan kerja. Alat ini merupakan salah satu jenis portable gas detector yang bisa dibawa kemana-mana dan digunakan secara mudah oleh pekerja. Hand-held Personal Gas Monitor ini biasanya dilengkapi dengan sensor yang dapat mendeteksi beberapa jenis gas sekaligus, seperti gas karbon monoksida, gas hidrogen sulfida, gas oksigen, gas klorin, dan gas lainnya.

Alat ini dapat membantu pekerja mengetahui tingkat konsentrasi gas yang terdapat di lingkungan kerja dan memberikan peringatan jika terdeteksi gas beracun atau gas berbahaya. Hand-held Personal Gas Monitor ini sangat penting untuk digunakan karena dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kecelakaan kerja yang disebabkan oleh paparan gas beracun atau gas berbahaya. Alat ini juga dapat membantu menjaga kualitas udara di lingkungan kerja agar tetap sehat dan nyaman bagi pekerja yang berada di dalamnya.

Nah itulah beberapa contoh alat keselamatan kerja yang bisa anda gunakan untuk di lingkungan kerja, selain dari alat-alat yang disebutkan admin diatas tentunya masih banyak lagi macam-macam alat keselamatan kerja yang ada diluar sana. Namun jika anda ingin membeli alat keselamatan kerja atau alat K3 anda bisa menghubungi kami melalui kontak yang tersedia di website ini.

Bagikan ke:

Minta Penawaran Harga dan Spesifikasi

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait informasi penawaran harga dan spesifikasi secara lengkap silahkan klik tombol berikut ini :

Postingan Terbaru

Hubungi Kami

Segera hubungi kami  sekarang juga dengan mengisi formulir berikut atau menghubungi kami melalui informasi kontak berikut:

6281222418207

info@envilife.co.id

Kutawaringin Industrial Park No. 259 Lt. 2 Sukawangi Kaler, Jelegong, Kec. Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40911

Hubungi Admin dibawah ini untuk mendapatkan penawaran Harga & Spesifikasi lengkap!
//
Admin
081222418207
"Anda akan dialihkan ke WhatsApp dan terhubung dengan Admin. Lihat Informasi kontak lainnya."
Hubungi Kami!