Perbedaan Keselamatan Kerja dan Kesehatan Kerja

oleh | Alat Keamanan & Penyelamatan

5/5 - (1 vote)

Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai perbedaan antara keselamatan kerja dan kesehatan kerja. Keselamatan kerja dan kesehatan kerja merupakan dua aspek yang sangat penting dalam menjalankan pekerjaan, karena keduanya bertujuan untuk menjaga kesejahteraan dan keselamatan para pekerja. Namun, terkadang keduanya dianggap sama atau bahkan saling menggantikan. Padahal, keselamatan kerja dan kesehatan kerja memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini kita akan mengulas lebih dalam mengenai perbedaan antara keselamatan kerja dan kesehatan kerja, serta pentingnya keduanya dalam menjalankan pekerjaan. Semoga pembahasan ini dapat memberikan manfaat yang bermanfaat bagi kita semua.

Pengertian keselamatan kerja

Keselamatan kerja adalah suatu upaya untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan serta keselamatan para pekerja dalam suatu tempat kerja. Ini termasuk melakukan tindakan pencegahan terhadap kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja, dan cacat tidak sengaja yang mungkin terjadi saat melakukan pekerjaan.

Tujuan dari keselamatan kerja adalah untuk menjamin bahwa para pekerja dapat bekerja dengan aman dan terhindar dari bahaya yang mungkin timbul di tempat kerja. Ini termasuk memberikan peralatan yang sesuai, pelatihan yang tepat, dan memberikan instruksi yang jelas tentang cara bekerja yang aman.

Keselamatan kerja juga mencakup pengembangan dan penerapan standar keselamatan yang sesuai, serta mengidentifikasi dan mengelola risiko yang mungkin terjadi di tempat kerja. Ini juga termasuk mengadakan inspeksi rutin tempat kerja untuk memastikan bahwa semua peralatan dan prosedur kerja aman.

Secara umum, keselamatan kerja merupakan tanggung jawab bersama antara perusahaan dan pekerjanya untuk memastikan bahwa tempat kerja tersebut aman bagi para pekerja.

Baca Juga:  Jual Alat Laboratorium Kesehatan Lingkungan

Pengertian kesehatan kerja

Kesehatan kerja adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara pekerjaan dengan kesehatan serta bagaimana cara menjaga dan meningkatkan kesehatan para pekerja di tempat kerja.

Tujuan dari kesehatan kerja adalah untuk menjamin bahwa para pekerja dapat bekerja dengan sehat dan terhindar dari penyakit yang mungkin timbul akibat pekerjaan. Ini termasuk mengidentifikasi dan mengelola risiko kesehatan yang mungkin terjadi di tempat kerja, serta memberikan pelatihan dan instruksi yang tepat kepada para pekerja tentang cara bekerja yang sehat.

Kesehatan kerja juga meliputi pengembangan dan penerapan standar kesehatan yang sesuai, serta mengadakan inspeksi rutin tempat kerja untuk memastikan bahwa semua peralatan dan prosedur kerja aman bagi kesehatan para pekerja.

Secara umum, kesehatan kerja merupakan tanggung jawab bersama antara perusahaan dan pekerjanya untuk memastikan bahwa tempat kerja tersebut sehat bagi para pekerja.

Apa perbedaannya?

Berikut ini adalah beberapa perbedaan keselamatan kerja dengan kesehatan kerja, yaitu:

Keselamatan kerja adalah upaya untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau kejadian yang tidak diinginkan pada saat bekerja. Kesehatan kerja adalah upaya untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh pekerjaan.

Keselamatan kerja berfokus pada mengurangi risiko kecelakaan yang terjadi saat bekerja, sementara kesehatan kerja berfokus pada mengurangi risiko penyakit yang disebabkan oleh pekerjaan.

Contohnya, jika seseorang bekerja di sebuah pabrik, maka upaya keselamatan kerja yang dilakukan mungkin meliputi penggunaan pelindung diri seperti helm, kacamata pelindung, dan sarung tangan, serta pengaturan alat-alat kerja untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Upaya kesehatan kerja yang dilakukan mungkin meliputi pemeriksaan kesehatan rutin bagi para pekerja, penyediaan makanan sehat, dan pengaturan lingkungan kerja untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit akibat pekerjaan.

Secara umum, keselamatan kerja dan kesehatan kerja merupakan dua aspek yang saling terkait dan penting untuk diperhatikan dalam menjalankan pekerjaan. Keduanya bertujuan untuk menjaga kesejahteraan dan keselamatan para pekerja, sehingga dapat bekerja dengan aman, sehat, dan produktif.

Baca Juga:  Macam-macam alat Keselamatan Kerja (K3) dan Fungsinya

Alat kesehatan dan keselamatan kerja

Nah selain itu juga disini kami ENVILIFE akan menawarkan kepada anda beberapa produk atau alat yang dapat menunjang dalam kesehatan dan juga keselamatan kerja yang bisa anda gunakan, disini kami menawarkan alat berikut ini:

1. Jual alat kesehatan kerja

Berikut adalah beberapa daftar alat kesehatan kerja yang kami tawarkan untuk anda, diantaranya yaitu sebagai berikut:

2. Jual alat keselamatan kerja

Nah itulah beberapa daftar alat kesehatan dan keselamatan kerja yang dapat kami tawarkan kepada anda. Tunggu apalagi? Order alatnya sekarang juga hanya di ENVILIFE.

Bagikan ke:

Minta Penawaran Harga dan Spesifikasi

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait informasi penawaran harga dan spesifikasi secara lengkap silahkan klik tombol berikut ini :

Postingan Terbaru

Hubungi Kami

Segera hubungi kami  sekarang juga dengan mengisi formulir berikut atau menghubungi kami melalui informasi kontak berikut:

6281222418207

info@envilife.co.id

Kutawaringin Industrial Park No. 259 Lt. 2 Sukawangi Kaler, Jelegong, Kec. Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40911

Hubungi Admin dibawah ini untuk mendapatkan penawaran Harga & Spesifikasi lengkap!
//
Admin
081222418207
"Anda akan dialihkan ke WhatsApp dan terhubung dengan Admin. Lihat Informasi kontak lainnya."
Hubungi Kami!