Manfaat dan Kegunaan alat Flash Point Tester

oleh | Okt 6, 2021 | Instrument Laboratorium

5/5 - (5 votes)

Apakah anda sudah tahu manfaat serta keguanaan dari alat flash point tester atau alat uji titik nyala? jika anda belum tahu apa kegunaannya simak berikut ini.

Sebelum lanjut ke pembahasannya berikut ini adalah pengertian singkat apa itu flash point tester.

Apa itu Flash Point Tester

Flash Point adalah sebuah temperatur dimana fraksi akan menguap dan dapat menimbulkan api jika mengenai percikan api yang kemudian akan mati dengan sendirinya dengan rentan waktu yang cepat.

Hal tersebut dapat disebabkan oleh dalam kondisi tersebut yang belum mampu untuk membuat suatu bahan bakar bereaksi dan dapat menghasilkan api yang kontiniu.

Flash Point ini dapat di tentukan dengan melakukan suatu pemanasan yang tetap pada suatu fraksi bahan bakar. Sesudah mencapai sebuah titik suhu tertentu maka fraksi tersebut bisa mengalami penguapan. Dimana uap tersebut bisa menyala jika sumper api di arahkan pada uap tersebut sehingga akan menimbulkan percikan api dan akan padam dengan sendirinya yang diakibatkan adanya suatu tekanan dari uap bawahnya.

Jadi dengan kata lain dapat disimpulkan semakin tinggi flash poin pada suatu fraksimaka akan sulit untuk terbakar begitupun jika fraksi memiliki flash point rendah berarti akan mudah terjadinya pembakaran.

Manfaat Flash Point Tester

Penentuan titik nyala berguna untuk berbagai aplikasi, seperti penentuan titik nyala diesel dan jenis bahan bakar lainnya dalam analisis petrokimia, rasa dalam pengujian makanan, cat dalam pengujian bahan, dan penghapusan limbah untuk analisis lingkungan.

Kegunaan Flash Point Tester

  1. Alat ini adalah jenis instrumen yang dapat digunakan sepenuhnya dengan secara otomatis yang bisa melakukan penentuan untuk kedua titik nyala dan titik api.
  2. Alat ini menggunakan sebuah teknologi mesin chip tunggal dan layar LCD. dengan bahasa inggris dan mudah dipahami. Alat ini dapat diatur parameter yang diharapkan flash point, sampel nomor tanda, tekanan atmosfer, tanggal tes, dll memiliki menu untuk meminta dan fungsi input dari jenis buku.
  3. Alat ini mengadopsi struktur desktop dan desain canggih, membuatnya mudah digunakan. Dan hasil tes akurat. Hal ini dapat secara luas digunakan dalam kereta api, penerbangan, listrik, industri minyak dan perguruan tinggi, lembaga penelitian ilmiah, departemen pengukuran untuk melakukan penentuan titik nyala dan titik api untuk produk minyak bumi.

Jenis Jenis Alat Flash Point Tester

1. ENVILIFE FLASHTest-C2 Flash Point Tester

flash point tester
FLASHTest-C2

Deskripsi

ENVILIFE FLASHTest-C2 Flash Point Tester atau alat untuk menguji titik nyala bahan bakar dan api adalah alat yang dibuat dengan standar nasional GB/T261-2008 “Binsky-Martin metode cangkir tertutup untuk penentuan titik nyala” dan standar ASTM D93, diterapkan dalam minyak bumi, kimia, tenaga listrik, perlindungan lingkungan, kereta api, departemen penelitian ilmiah, dll., adalah instrumen yang ideal untuk pengujian titik nyala tertutup.

Fitur Utama

  • Mengadopsi kontrol prosesor sinyal berkecepatan tinggi, algoritme kontrol PID adaptif, dan secara otomatis menyesuaikan kurva pemanasan sesuai dengan persyaratan standar
  • Chip deteksi otomatis tekanan atmosfer internal, pengukuran otomatis tekanan atmosfer, koreksi otomatis nilai titik ash
  • Antarmuka operasi bahasa Cina dan Inggris opsional, program instrumen dapat ditingkatkan ketika standar nasional direvisi.
  • Deteksi diferensial, secara otomatis mengoreksi penyimpangan sistem dan berhenti mendeteksi dan mengkhawatirkan ketika suhu melebihi nilai
  • Instrumen secara otomatis menyelesaikan pengangkatan, pengadukan, pengapian, deteksi, alarm, pendinginan, dan pencetakan.Sumber pengap yang aman, mode pengapian kawat pemanas listrik paduan platinum, aman, stabil, andal, akurasi uji tinggi.

Parameter Teknis Utama

Display 10 inci 65K (resolusi 800*600) layar sentuh dengan menggunakan bahasa Cina dan Inggris
Metode Pengukuran Deteksi diferensial termokopel
Rentang pengukuran Suhu kamar hingga 400ºC (untuk menentukan titik nyala suhu di bawah nol, Anda perlu membekukan sampel terlebih dahulu)
Pengulangan Standar nasional: nilai toleransi ±1ºC ketika nilai titik abu <104ºC, toleransi ±2ºC ketika nilai titik nyala 104ºC, Standar internasional: toleransi ±1ºC bila nilai titik nyala 110ºC, toleransi ±2ºC bila nilai titik nyala >110ºC
Resolusi 0.1ºC
Printer Printer termal berkecepatan tinggi, lebar kertas 56 mm
Metode pengapian Pengapian elektronik sumber pengap
Deteksi suhu Ketahanan platinum presisi yang diimpor (Pt100Ω)
Metode pendinginan Pendinginan udara paksa
Fungsi tes mandiri Diagnosis otomatis kegagalan instrumen
Ukuran 450*280*290mm
Sumber daya AC220V±10%
Berat 15 kg

2. ENVILIFE FLASHTest-X Full Automatic Open Cup & Closed Cup Flash Point Tester

flash point rester
FLASHTest-X

Deskripsi

ENVILIFE FLASHTest-X Full Automatic Open Cup & Closed Cup atau flash point tester adalah alat untuk menguji titik nyala bahan bakar dan api yang diproduksi sesuai dengan GB/T261-2008 “Metode cangkir tertutup Binsky-Martin untuk penentuan titik nyala”, standar ASTM D93, GB267 “Metode pengukuran titik nyala dan titik nyala produk minyak bumi (metode cangkir terbuka) dan GB3536 “Metode pengukuran titik ash produk minyak bumi dan titik pengapian (metode Cleveland cangkir terbuka)” metode standar. Ini adalah instrumen yang ideal untuk melakukan pengujian titik nyala (cangkir tertutup dan cangkir terbuka) dalam minyak bumi, kimia, listrik listrik, perlindungan lingkungan, kereta api, penelitian ilmiah dan bidang lainnya.

Fitur Utama

  • Mengadopsi kontrol prosesor sinyal berkecepatan tinggi, algoritma kontrol PID adaptif, dan secara otomatis menyesuaikan kurva pemanasan sesuai dengan persyaratan standar.
  • Chip deteksi otomatis tekanan atmosfer bawaan, pengukuran otomatis tekanan atmosfer, koreksi otomatis nilai titik nyala.
  • Fungsi penyimpanan data, dapat menyimpan 300 hasil, dan memeriksa riwayat kapan saja.
  • Deteksi diferensial, secara otomatis mengoreksi penyimpangan sistem dan berhenti mendeteksi dan mengkhawatirkan ketika suhu melebihi nilai.
  • Instrumen secara otomatis menyelesaikan pengangkatan, pengadukan, pengapian, deteksi, alarm, pendinginan, dan pencetakan.
  • Sumber pengap yang aman, mode pengapian kawat pemanas listrik paduan platinum, aman, stabil, andal, akurasi uji tinggi.
  • Antarmuka operasi bahasa Cina dan Inggris opsional, program instrumen dapat ditingkatkan ketika standar nasional direvisi

Parameter Teknis Utama

Display 10 inci 65K (resolusi 800*600) layar sentuh dan menggunakan bahasa Cina dan Inggris
Metode Pengukuran Deteksi diferensial termokopel
Rentang pengukuran Cangkir terbuka: suhu kamar hingga 400ºC cangkir tertutup: suhu kamar hingga 350ºC
Pengulangan Cangkir tertutup: Standar nasional: nilai toleransi ± 1ºC ketika nilai titik nyala <104ºC, toleransi±2ºC ketika nilai titik nyala 104ºC, Standar internasional: toleransi ±1ºC bila nilai titik nyala 110 C°, toleransi ±2ºC bila nilai titik nyala >110ºC. Piala Terbuka: ±2ºC
Resolusi 0.1ºC
Printer Printer termal berkecepatan tinggi, lebar kertas 56 mm
Metode pengapian Pengapian elektronik sumber pengap
Deteksi suhu Ketahanan platinum presisi yang diimpor
Metode pendinginan Pendinginan udara paksa
Fungsi tes mandiri Diagnosis otomatis kegagalan instrumen
Lingkungan operasi Suhu 10ºC -45ºC, kelembaban 30-80%
Konsumsi daya <550W
Ukuran 450*280*290mm
Sumber daya AC220V±10%
Berat 15 kg

3. ENVILIFE FLASHTest-C1 Digital Closed Cup Flash Point Tester

ENVILIFE FLASHTest-C1 Digital Closed Cup Flash Point Tester
FLASHTest-C1

Deskripsi

ENVILIFE FLASHTest-C1 Digital Closed Cup Flash Point Tester adalah alat pengukur kadar air dengan pengukuran flash point atau flash point tester untuk membuat penentuan flash point pada cangkir tertutup pada produk bahan bakar. Pembuatan instrumen ini sesuai dengan metode yang ditentukan dalam GB/T261-2008 “Metode Titik Nyala Produk Minyak Bumi (Closed Cup Method)”. Setelah sampel produk minyak bumi dipanaskan dalam cangkir minyak tertutup, uap minyak dan udara sekitarnya dihasilkan. Ketika gas campuran bersentuhan dengan api untuk menghasilkan nyala api, suhu terendah dari minyak uji adalah titik nyala sampel produk minyak bumi.

Fitur Utama

  • Sudah menggunakan tampilan digital, dengan suhu pemanasan dapat disesuaikan secara manual.
  • Tungku dengan batang pemanas, tahan lama, stabilitas yang baik.
  • Dengan pengadukan poros motor kecepatan konstan, dua jenis pemilihan kecepatan pengadukan.
  • Katup untuk menyesuaikan aliran, aman dan andal, presisi tinggi, penyegelan yang baik.

Parameter Teknis Utama

Main Technical Parameters

Working power supply AC220V±10%, 50Hz.
Perangkat pemanas 1. Tubuh tungku terbuat dari bahan silikon karbida dengan daya listrik 600W kawat pemanas.
2. Daya pemanas dapat disesuaikan dari 0W hingga 600W
Tingkat pemanasan sampel 1 ~ 12ºC
Perangkat pengaduk listrik 1. Motor pengaduk : Motor kecepatan konstan.
2. Mode transmisi: kopling poros fleksibel.
3. Ukuran bilah pengaduk: 8×40 (mm).
Cangkir oli standar 1 1. Diameter dalam: 50,8 mm.
2. Kedalaman : 56 mm.
3. Uji kapasitas oli Kedalaman penandaan : 34,2 mm.
4. Uji kapasitas minyak: sekitar 70 ml.
Perangkat pemadam kebakaran Sumber api: gas
Bukaan penyala api: 0,8 mm.
Pengukur suhu Termometer air raksa standar internal, sesuai dengan ketentuan Gb514.
Skala: -30 ~ 170ºC, indeks: 1ºC.
Skala: 100 ~ 300ºC, indeks: 1ºC.
Suhu sekitar ≤35ºC
Kelembaban relatif ≤85%
Konsumsi daya 650W

4. ENVILIFE FLASHTest-E1 Digital Open Cup Flash Point Tester

ENVILIFE FLASHTest-E1 Digital Open Cup Flash Point Tester
FLASHTest-E1

Deskpripsi

FLASHTest-E1 Digital Open Cup Flash Point Tester adalah alat penguji titik nyala Open Cup ini memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam GB/T3536-2008 “Metode Cleveland Open Cup untuk Penentuan Titik Nyala Produk Minyak Bumi”, dan berlaku untuk penentuan produk minyak bumi dan aspal dengan titik nyala cawan terbuka lebih tinggi dari 79 C° kecuali untuk bahan bakar minyak. Ini terutama terdiri dari perangkat pengapian, perangkat penyapu, perangkat pemanas dan sistem kontrol suhu.

Parameter Teknis Utama

Daya kerja AC 220V±10%, 50Hz
Perangkat pemanas Pemanasan tungku listrik tabung kuarsa, tidak ada api terbuka, tahan ledakan, daya terus menerus disesuaikan
Suhu -6~400ºC indeks 2ºC, kondisi teknis sesuai dengan persyaratan teknis produk minyak bumi untuk pengujian termometer cair GB/T514
Perangkat pengapian Sumber pengapian adalah gas (atau gas sipil lainnya yang mudah terbakar), diameter lubang: 0,6 ~ 0,8 mm
Suhu sekitar -10ºC ~ 50ºC
Kelembaban relatif ≤ 85%
Konsumsi daya 650W

5. ENVILIFE FLASHTest-E2 Full Automatic Open Cup Flash Point Tester

Flash Point Tester
FLASHTest-E2

Deskripsi

FLASHTest-E2 automatic open flash ignition point meter diproduksi sesuai dengan GB267 “Metode titik ash produk minyak bumi dan pengukuran titik pengapian (metode cangkir terbuka)”, GB3536 “Metode titik api produk minyak bumi dan metode pengukuran titik api (Cleveland metode cangkir terbuka)” standar metode, Ini adalah instrumen yang ideal untuk melakukan pengujian titik nyala dalam minyak bumi, kimia, tenaga listrik, perlindungan lingkungan, kereta api, penelitian ilmiah dan bidang lainnya.

Fitur

  • Mengadopsi kontrol prosesor sinyal berkecepatan tinggi, algoritma kontrol PID adaptif, dan secara otomatis menyesuaikan kurva pemanasan sesuai dengan persyaratan standar.
  • Chip deteksi otomatis tekanan atmosfer bawaan, pengukuran otomatis tekanan atmosfer, koreksi otomatis nilai titik nyala.
  • Fungsi penyimpanan data, dapat menyimpan 300 hasil, dan memeriksa riwayat kapan saja.
  • Deteksi diferensial, secara otomatis memperbaiki penyimpangan sistem dan berhenti mendeteksi dan mengkhawatirkan ketika suhu melebihi nilai.
  • Instrumen secara otomatis menyelesaikan pengangkatan, pengadukan, pengapian, deteksi, alarm, pendinginan, dan pencetakan.
  • Sumber pengap yang aman, mode pengapian kawat pemanas listrik paduan platinum, aman, stabil, andal, akurasi uji tinggi.

Parameter Teknis Utama

Main Technical Parameters

Display 10 inci 65K (resolusi 800*600) layar sentuh suuport bahasa Cina dan Inggris
Measurement method Deteksi diferensial termokopel
Measuring range suhu kamar hingga 400ºC
Repeatability ±4ºC
Printer Printer termal berkecepatan tinggi, lebar kertas 56 mm
Ignition method Pengapian elektronik otomatis
Temperature detection Ketahanan platinum presisi yang diimpor
Self-test function Printer, igniter, solenoid valve, detection arm lift, ignition rod sweep, etc
Dimensions 450*280*290mm
Power source AC220V±10%
Weight 15 kg

Nah itulah manfaat dan kegunaan dari alat flash point tester yang bisa saya jelaskan serta jenis alat alatnya. Dan disini bagi anda yang membutuhkan alat tersebut anda bisa membelinya di kami dengan menghubungi kmai lewat kontak yang tersedia di website ini. Atau dengan mengisi formulir penawaran di halaman berikut ini. FORMULIR PENAWARAN

Baca Juga:  Jual Peralatan Laboratorium Harga Murah

Postingan Terbaru

Hubungi Kami

Segera hubungi kami  sekarang juga dengan mengisi formulir berikut atau menghubungi kami melalui informasi kontak berikut:

+6281122333718

info@envilife.co.id

Jl. Sanggar Kencana Utama No.9, Jatisari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286

15 + 5 =

Indonesia Website Awards