Macam-macam Neraca di Laboratorium

oleh | Mei 31, 2023 | Instrument Laboratorium

Neraca adalah alat penting dalam laboratorium yang digunakan untuk mengukur massa suatu benda dengan presisi. Ada berbagai macam neraca yang digunakan di laboratorium, masing-masing memiliki kegunaan dan fungsinya sendiri. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai jenis neraca yang umum digunakan di laboratorium beserta penjelasan tentang cara kerja dan penggunaannya.

1. Neraca Analitik

Neraca Analitik

Tingkat presisi yang tinggi membuat neraca analitik sangat cocok untuk pengukuran yang memerlukan akurasi tinggi. Neraca ini digunakan dalam analisis kimia, farmasi, dan penelitian ilmiah lainnya. Neraca analitik memiliki kapasitas yang beragam, mulai dari 0,1 miligram hingga beberapa kilogram. Ini menggunakan sistem penimbangan elektromagnetik yang sangat sensitif dan dapat membaca hasil dengan presisi yang tinggi.

2. Neraca Semi-Mikro

Neraca Semi-Mikro

Neraca semi-mikro adalah varian neraca analitik yang dirancang khusus untuk pengukuran yang membutuhkan presisi di tingkat sub-miligram. Ini digunakan dalam analisis mikrobiologi, penelitian kimia lanjutan, dan laboratorium farmasi. Neraca semi-mikro mampu mengukur massa dalam rentang 0,01 miligram hingga beberapa gram.

3. Neraca Presisi

Neraca Presisi

Neraca presisi adalah jenis neraca yang digunakan untuk mengukur massa dalam jumlah yang lebih besar daripada neraca analitik. Mereka memiliki presisi yang cukup tinggi, tetapi tidak seakurat neraca analitik. Neraca presisi sering digunakan dalam pengukuran industri, laboratorium umum, dan penelitian di berbagai bidang. Rentang kapasitasnya dapat mencapai beberapa kilogram.

4. Neraca Pegas

Neraca Pegas

Neraca pegas adalah jenis neraca yang menggunakan prinsip pegas untuk mengukur massa suatu benda. Mereka lebih sederhana dalam desain dan penggunaannya. Neraca pegas banyak digunakan dalam industri seperti pertanian, manufaktur, dan pengujian material. Mereka tidak sepresisi neraca analitik atau presisi, tetapi mereka dapat memberikan hasil yang cukup akurat untuk aplikasi tertentu.

5. Neraca Digital

Neraca Digital

Seiring perkembangan teknologi, neraca digital semakin populer di laboratorium modern. Neraca ini menggunakan sensor digital untuk mengukur massa suatu benda. Mereka memiliki keuntungan dalam kecepatan, kemudahan penggunaan, dan akurasi yang baik. Neraca digital tersedia dalam berbagai kapasitas dan biasanya dilengkapi dengan layar LCD yang menampilkan hasil dengan jelas.

Pemilihan jenis neraca yang tepat sangat penting untuk setiap percobaan atau pengukuran di laboratorium. Penting untuk memahami fungsinya dan mempertimbangkan persyaratan presisi yang dibutuhkan sebelum memilih jenis neraca yang sesuai. Dan bagi anda yang ingin membeli neraca laboratorium berikut rekomendasi dari kami:

Dalam kesimpulan, berbagai macam neraca di laboratorium memberikan solusi yang sesuai untuk berbagai kebutuhan pengukuran. Mulai dari neraca analitik yang sangat presisi hingga neraca pegas yang lebih sederhana, setiap jenis neraca memiliki perannya sendiri. Dengan pemilihan yang tepat, neraca dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam mencapai hasil yang akurat dalam penelitian dan analisis di laboratorium.

Bagikan ke:
× Hubungi kami!
Popups for Divi