Sistem ONLIMO (Online Monitoring)

oleh | Okt 15, 2021 | ONLIMO, Umum

5/5 - (2 votes)

Dalam perancangan sistem ONLIMO atau Online Monitoring yang dikembangan menggunakan teknologi yang canggih itu memiliki beberapa prinsif kerja yang perlu anda ketahui.

Sebelum membahas apa saja prinsif kerja ONLIMO anda harus mengetahu terlebih dahulu apa itu ONLIMO berseta fungsinya, untuk itu berikut ini saya akan menjelaskanya secara singkat dari definisi tersebut.

Pengertian ONLIMO

ONLIMO (Online Monitoring) adalah sistem pemantauan kualitas air secara online dan realtime menggunakan unit sensor yang terintegrasi dengan unit data logger, unit transmisi data atau media komunikasi data, dan sistem database untuk pengelolaan data pemantauan. Onlimo dapat diterapkan untuk pemantauan kualitas air di sungai, di perairan laut atau untuk memantau air limbah di suatu kawasan industri. Selain sensor, sistem Onlimo dikembangkan seluruhnya menggunakan komponen yang ada di Indonesia. Aplikasi yang dikembangkannya pun menggunakan Bahasa Indonesia agar udah dioperasikan oleh pengguna.

Manfaat ONLIMO

ONLIMO memiliki banyak manfaat diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memberi masukan tentang perlunya dilakukan monitoring kualitas air secara online dan real time.
  • Tersedianya suatu rancangan sistem data base online yang dapat digunakan untuk pengembangan sistem informasi kualitas air.
  • Tersedianya model pemantauan kualitas air real time sebagai alternatif untuk peningkatan sistem pemantauan di beberapa instansi terkait.
  • Dengan terbangunnya sistem ini diharapkan informasi kualitas air dapat diakses secara langsung dari sumbernya secara terbuka.
  • Penghematan biaya pengembangan sistem dengan memanfaatkan infrastruktur jaringan komunikasi yang ada dan umum digunakan.
  • Penghematan biaya operasional kegiatan pemantauan kualitas air secara rutin.
Baca Juga:  Perancangan Sistem Onlimo (Online Monitoring)

Nah itulah sedikit secara singkat tentang definisi ONLIMO dan Fungsi Online Monitoring itu sendiri.

Lanjut ke pembahasan utama dan untuk prinsif prinsif kerjanya bisa anda lihat berikut ini.

Perancangan Sistem ONLIMO

Perancangan ONLIMO ada beberapa tahapan dan berikut ini adalah lahapannya:

1. Pengambilan Data

Proses pengambilan data dilakukan oleh sensor digital yang diletakkan di lokasi yang telah ditentukan koordinatnya. Sensor ini bertugas merubah satuan parameter ke dalam satuan elektronik yang kemudian dikonversikan ke dalam data digital. Sensor yang digunakan terdiri dari probe DO, pH, Suhu, dan Turbidity. Keempat probe ini memberikan hasil pengukuran parameter DO, pH, Suhu, Konduktifitas, TDS, dan Salinitas.

2. Penyimpanan Data Sementara

Data yang diukur oleh sensor digital kemudian dimasukkan ke dalam internal flashmemori yang berada di dalam data logger. Penyimpanan data ini bersifat sementara dan dilakukan menurut interval waktu yang dapat diset melalui data logger.

3. Pengiriman Data

Data yang tersimpan dalam internal flash memori kemudian dikirim oleh data logger ke pusat data sesuai internval waktu yang dapat diset pula melalui perangkat komunikasi GSM (GSM Modem). Data yang terkirim disusun dalam format tertentu agar dapat dilakukan penghematan terhadap jumlah data SMS yang dapat dikirimkan (160 karakter atau 140 byte data).

4. Pengelolaan Data

Data yang terkirim diterima oleh pusat data dengan perangkat GSM modemdalam bentuk SMS yang langsung terimpan ke dalam file di komputer. Oleh prangkat lunak database data dalam file ini dimasukkan ke dalam tabel pengukuran untuk dikelola menjadi informasi kualitas air.

5. Penyampain Informasi Data

Program database mengelola data menjadi informasi kualitas baik dalam bentuk angka mupun grafis. Selain program database terdapat program pengendali yang akan mengatur SMS. Program ini memonitor SMS dari pengguna yang memerlukan informasi. Untuk itu diperlukan manajemen pengguna, dimana program hanya akan merespon SMS dari pengguna yg sudah terdaftar. Dengan demikian, selain menyimpan data monitoring dan memonitor keberadaan stasiun-stasiun pemantauan, pusat pengolahan data juga melayani informasi yang dibutuhkan oleh pengguna.

Baca Juga:  Beli Peralatan Laboratorium Harga Murah

6. Sistem Peringatan Dini

Data yang diambil selalu dibandingkan dengan baku mutu untuk masing-masing parameter. Apabila terjadi kondisi kritis dimana hasil pengukuran melampaui nilai baku mutunya, maka tanpa menunggu selang waktu, secara khusus data logger akan mengirimkan data tersebut ke pusat data dan program pengendali SMS akan mengirimkannya ke nomor telepon genggam pengguna yang telah didaftarkan.

Nah itulah secara umum pronsif kerja perancangan ONLIMO Online Monitoring semoga bermanfaat.

Dan jika anda membutuhkan jasa pemasangan ONLIMO silahkan hubungi kami sekarang juga.

Postingan Terbaru

Hubungi Kami

Segera hubungi kami  sekarang juga dengan mengisi formulir berikut atau menghubungi kami melalui informasi kontak berikut:

+6281122333718

info@envilife.co.id

Jl. Sanggar Kencana Utama No.9, Jatisari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286

7 + 15 =

Indonesia Website Awards