Apa Saja Ciri-ciri Organisme Uniseluler

oleh | Instrument Laboratorium

5/5 - (1 vote)

Pada artikel ini kita akan belajar mengenai ilmu laboratorium diamana kita akan mengetahui apa saja ciri-ciri dari Organisme Uniseluler, untuk itu silahkan anda simak pembahasannya berikut ini.

Sel Prokaryot

Sel prokaryotik merupakan sel tanpa membran inti. Sel ini mempunyai materi genetik berupa DNA yang tidak terbungkus oleh membran, tetapi hanya merupakan massa yang kekentalannya lebih tinggi dibandingkan dengan kekentalan sitoplasma di sekitarnya sehingga disebut sebagai nukleoid. Sel prokaryotik tidak mempunyai organella sehingga struktur sel ini masih sangat sederhana. Aktivitas sel berlangsung di dalam membran sel dan di dalam sitoplasma.

Ciri-ciri Organisme Uniseluler

Sebagai contoh sel prokaryotik adalah bakteri yang umumnya merupakan organisme uniseluler dan ciri-cirinya:

  1. Terdapat dinding sel yang bahan dasarnya peptidoglikan (kombinasi antara protein dan karbohidrat), selain itu juga dijumpai adanya lemak. Sifat dari dinding sel ini rigid (kaku) yang berada di luar membran sel, fungsinya selain melindungi isi sel juga memberikan bentuk pada sel bakteri.
  2. Membran sel, berada di bagian dalam dari dinding sel tetapi di luar dari sitoplasma, fungsinya memisahkan bagian dalam dan bagian luar dari sel.
  3. DNA bentuknya sirkuler, superkoil, terdapat di dalam sitoplasma tanpa adanya membran yang membungkus.
  4. Tidak dijumpai adanya nukleus, tetapi nukleoid.
  5. Tidak dijumpai retikulum endoplasma baik kasar maupun halus, tetapi dijumpai ribosom yang merupakan partikel kecil yang tersusun dari protein dan RNA. Sel bakteri adalah uniseluler tetapi mempunyai banyak ribosom sampai 10.000 kopi ribosom. Fungsi ribosom sebagai tempat sintesis protein (translasi).
  6. Tidak dijumpai Mitokondria maupun badan golgi.
1.6.Struktur Ultra Sel Bakteri
Struktur Ultra Sel Bakteri
  1. Memiliki pilli/fimbriae yang tersusun dari protein pillin, fungsinya untuk melekat pada sel host, sebagai awal terjadinya infeksi.
  2. Memiliki flagella, tersusun dari protein flagellin, fungsinya untuk bergerak.

Nah itulah beberapa ciri-ciri organisme uniseluler yang harus anda ketahui, selain itu disini admin akan menawarkan kepada anda berbagai macam peralatan laboratorium bagi yang mungkin sedang mencari dan membutuhkan peralatan laboratorium anda bisa menghubungi kami untuk kebutuhan laboratorium tersebut. Dan jika anda ingin melihat produk laboratorium yang kami tawarkan anda bisa melihatnya di halaman produk berikut “Lihat produk laboratorium“.

Bagikan ke:

Minta Penawaran Harga dan Spesifikasi

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait informasi penawaran harga dan spesifikasi secara lengkap silahkan isi Formulir berikut ini :


Postingan Terbaru

Hubungi Kami

Segera hubungi kami  sekarang juga dengan mengisi formulir berikut atau menghubungi kami melalui informasi kontak berikut:

6281222418207

info@envilife.co.id

Jl. Sanggar Kencana Utama No.9, Jatisari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286


Hubungi Admin dibawah ini untuk mendapatkan penawaran Harga & Spesifikasi lengkap!
//
Admin
081222418207
"Anda akan dialihkan ke WhatsApp dan terhubung dengan Admin. Lihat Informasi kontak lainnya."
Hubungi Kami!