Pencemaran Lingkungan Yang Disebabkan Oleh Limbah Industri

oleh | Apr 18, 2022 | Lingkungan Hidup, Umum | 0 Komentar

5/5 - (1 vote)

Berbicara soal limbah tentunya juga tidak asing mendengar kata Industri, kedua hal tersebut tentunya sangatlah berkaitan antar satu sama lain, karena limbah itu salah satunya berasal dari suatu Industri.

Pencemaran Lingkungan Industri

Dan di pembahsan kali ini apa saja pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah industri, untuk mengetahuinya berikut ini adalah penjelasannya :

1. Pencemaran limbah terhadap air

  • Pabrik-pabrik yang membuang limbahnya secara ilegal merupakan salah satu faktor utama pencemaran terhadap air di seluruh dunia.
  • Pembuangan limbah ini yang dilakukan secara illegal dapat mengontaminasi saluran air yang menyebabkan kerusakan pada kehidupan lingkungan laut/sungai dan sekitarnya.
  • Limbah yang dibuang dapat berupa bahan kimia, bahan radioaktif, logam berat, air yang terkontaminasi, gas, atau bahan berbahaya lainnya.
  • Limbah-limbah tersebut akan mencemari air sungai/laut. Apabila air yang terkontaminasi limbah dikonsumsi oleh manusia, gejala-gejala kesehatan yang bisa berbahaya bisa timbul.

2. Pencemaran lingkungan terhadap udara

Selain mencemarkan air, limbah pabrik juga dapat memainkan peran besar pada kualitas udara yang dihirup oleh penduduk sekitar.

Gas-gas beracun yang dilepaskan pabrik ke udara dapat meningkatkan risiko seseorang untuk menderita penyakit pernapasan kronis, penyakit jantung, kanker paru-paru, dan berbagai kondisi lainnya.

Paparan limbah pabrik melalui udara dalam jangka panjang dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan permanen. Misalnya, kehilangan kapasitas paru-paru, mempercepat penuaan paru-paru, asma, emfisema, bronkitis, dan bahkan kanker.

Selain itu, tingkat polusi udara yang tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti kondisi pernapasan yang memburuk dan penyakit kardiovaskular.

Bahkan pada beberapa kondisi, limbah yang mencemarkan udara ini juga dapat menambah stres pada paru-paru dan jantung, yang berperan penting dalam memberikan oksigen ke seluruh organ tubuh.

Bahaya limbah ini juga akan lebih rentan menghinggapi mereka dengan kondisi tertentu. Misalnya, lansia, anak di bawah usia 14 tahun, seseorang dengan penyakit jantung, gagal jantung kongestif, atau penyakit arteri koroner.

Begitu pula dengan mereka yang mengalami penyakit paru-paru atau penyakit paru obstruktif kronis.

3. Pencemaran lingkungan terhadap tanah

Tidak hanya air dan udara, limbah pabrik juga dapat mencemari tanah, terutama pembuangan industri yang begitu saja dibuang ke tanah atau dikubur dalam tanah.

Pasalnya, bahan beracun dan bahan kimia ini dapat merusak kesuburan tanah, menyebabkan kontaminasi makanan yang pada akhirnya akan dikonsumsi, dan bahkan dapat mengganggu produktivitas tanaman.

Limbah pabrik yang mencemari tanah umumnya bersifat karsinogenik yang berpotensi menyebabkan kanker pada manusia yang terpapar. Tanah yang tidak tercemar secara langsung bahkan masih bisa membahayakan manusia,

Misalnya, ketika tanaman ditanam di tanah yang terkontaminasi, molekul-molekul limbah dapat menumpuk pada tanaman sehingga jumlah polusi akan menjadi lebih tinggi pada tanaman dibandingkan di tanah.

Nah lalu bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut, dan berikut ini adalah solusi untuk mengatasi pencemaran linkungan yang disebabkan oleh Industri.

Mengatasi pencemaran lingkungan Industri

  1. Disini untuk mengatasi pencemaran lingkungan yang disebabakan oleh Industri yaitu diantaranya dengan memonitor dan menganalisa terhadap limbah yang dihasilkan oleh industri, dan pertanyaanya bagaimana cara memonitor dan menganalisa limbah tersebut? khususnya limbah air yang disebabkan industri. Nah berikut ini kami akan menjelaskan sebuah sistem yang berfungsi untuk memonitoring kualitas limbah atau air limbah tersebut, tujuannya untuk memonitor dan mengecek apakah air limbah tersebut aman bagi mahluk hidup. Dan sistem ini yang biasanya di sebut SPARING. Untuk melihat lebih lengkap mengenai sistem SPARING silahkan lihat halaman berikut : SPARING
  2. Sistem IPAL, nah untuk langkah atau upaya mengatasi limbah yang dihasilkan oleh industri selanjutnya yaitu dengan menerapkannya sistem ipal di perusahan yang menghasilkan idustri tersebut. Untuk melihat dan mengethau penjelsan mengenail sistem IPAL bisa anda lihat di halaman berukut : IPAL
Bagikan ke:

Minta Penawaran Harga dan Spesifikasi

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait informasi penawaran harga dan spesifikasi secara lengkap silahkan isi Formulir berikut ini :


Postingan Terbaru

Hubungi Kami

Segera hubungi kami  sekarang juga dengan mengisi formulir berikut atau menghubungi kami melalui informasi kontak berikut:

+6281122333718

info@envilife.co.id

Jl. Sanggar Kencana Utama No.9, Jatisari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286


Silahkan pilih salah satu kontak di bawah untuk berkomunikasi dengan tim kami.
//
Admin
Online
Hubungi Kami!