Cara Menggunakan Alat Pengukur Kebisingan Noise Dosimeter

oleh | Mei 12, 2022 | Industrial Hygiene | 0 Komentar

5/5 - (1 vote)

Noise Dosimeter adalah alat pengukur kebisingan atau alat yang dipakai untuk mengukur dosis paparan kebisingan yang diterima pekerja selama jam kerja. Untuk itu bagi anda yang mungkin sebagain orang belum tahu fungsi dan bagaimaca cara penggunaannya yang baik dan benar boleh membaca pembahasan ini yang akan membahas bagaimana cara menggunakan Noise Dosimeter. Simak pembahasanya berikut ini.

alat pengukur kebisingan

DosisBadge* telah dirancang untuk memungkinkan tingkat paparan kebisingan di tempat kerja diukur dengan cepat dan efektif.

Panduan alat pengukur kebisingan ini akan mempermudah anda dalam penggunaan alatnya dengan cepat cepat yang akan membantu anda untuk memulainya.

Dan berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda ketahui dan harus anda lakukan tahap demi tahapnya ketika menggunakan alat pengukur kebisingan noise dosimeter ini :

  • Mengisi daya dosisBadge*
  • Kosongkan memori (Optional)
  • Periksa konfigurasi
  • Konfigurasikan integrator & saluran peak (Optional)
  • Mengaktifkan atau menonaktifkan Filter Pita Oktaf (jika tersedia) (Optional)
  • Pengatur waktu terjadwal program (Optional)
  • Alokasikan instrumen untuk seseorang, tempat atau proyek (Optional)
  • Kalibrasi dosisBadge*
  • Lampirkan ke pekerja
  • Mulai pengukuran
  • Jeda pengukuran (Optional)
  • Lihat pembacaan shift tengah (Optional)
  • Hentikan pengukuran
  • Hapus dari pekerja
  • Periksa kalibrasi
  • Unduh data pengukuran

Penggunaan alat pengukur kebisingan noise dosimeter

Berikut ini adalah penggunaan atau langkah demi langkahnya yang harus anda ketahui, dan untuk melihat secara lebih lengkap mengenai langkah-langkah diatas baca pembahasannya berikut ini:

1. Mengisi daya dosisBadge*

Isi daya doseBadge* dengan menempatkannya ke slot yang tersedia di Dock. Pastikan daya terhubung ke Dock. Biasanya, Dock CU:120A akan menagih doseBadge* dari flat di sekitar 3 jam.

LED Biru di sebelah setiap titik dok akan muncul saat koneksi antara doseBadge* dan Dock telah dibuat. Indikator pada doseBadge* akan menunjukkan status pengisian sebagai berikut:

Pengisisan Daya: Solid Orange
Pengisian: Oranye Padat
Terisi Penuh: Hijau Padat
Terisi Penuh: Hijau Padat

2. Periksa konfigurasi

DosisBadge* akan menggunakan konfigurasi cepat yang telah diprogram ke dalam unit sehingga biasanya tidak perlu mengubah pengaturan instrumen.

Dalam unit doseBadge* yang memiliki Pita Oktaf 1:1, ini dapat dinyalakan atau dimatikan sesuai kebutuhan. Harap dicatat bahwa mengaktifkan filter pita oktaf 1:1 akan mengurangi daya baterai instrumen.

Untuk memeriksa konfigurasi saat ini, sambungkan doseBadge* ke perangkat lunak NoiseToofs atau Aplikasi dBLink. Buat perubahan yang diperlukan dan simpan ke instrumen.

Jika ada pengatur waktu terjadwal yang telah diprogram ke dalam instrumen, pengatur waktu ini akan menjadi aktif saat doseBadge* dihapus dari Dock.

3. Kalibrasi dosisBadge*

DosisBadge* tidak akan masuk ke mode kalibrasi jika pengukuran sedang berjalan atau dijeda. Pastikan instrumen dihentikan sebelum kalibrasi (jika LED Biru berkedip, instrumen sedang berjalan atau dalam mode jeda).

Melepaskan kaca depan

Kaca depan diamankan ke doseBadge* menggunakan wadah plastik. Untuk melepas kaca depan, tekan dengan hati-hati pada sisi pembawa kaca depan dan tiupkan rakitan dari badan instrumen.
Jangan membusungkan kaca depan busa karena dapat menyebabkan kerusakan.

Melepaskan kaca depan

Hubungkan cafibrator akustik ke mikrofon doseBadge* dan nyalakan cafibrator.

DosisBadge* akan secara otomatis mendeteksi sinyal akustik dari cafibrator dan akan memulai proses kalibrasi.

Hubungkan cafibrator akustik

Jika level yang disediakan oleh cafibrator akustik berada dalam toleransi yang dapat diterima oleh doseBadge*, instrumen akan mengkalibrasi.

Saat kalibrasi selesai, LED Biru pada doseBadge* akan muncul selama 5 detik.

Jika kalibrasi gagal, LED Merah pada doseBadge* akan muncul selama 5 detik.

Setelah kalibrasi selesai, lepaskan cafibrator akustik dan ganti kaca depan. Untuk memasang kembali kaca depan, tekan rakitan kembali ke badan doseBadge* dengan hati-hati untuk memastikan posisinya dengan aman.

4. Lampirkan ke pekerja

Pasang dengan aman doseBadge* ke pekerja menggunakan klip pemasangan. Direkomendasikan agar doseBadge* dipasang di dekat telinga, biasanya dalam 10-15 cm (4 “sampai 6”).

Ini akan membantu untuk menghindari refleksi dari kepala yang dapat mempengaruhi pengukuran. Mikrofon harus setinggi mungkin dan kaca depan harus selalu dilampirkan sebelum pengukuran dimulai.

5. Mulai pengukuran

Pengukuran dapat dimulai menggunakan salah satu opsi berikut. Setelah pengukuran dimulai, LED Biru akan berkedip setiap 2 detik.

1, Melalui perangkat lunak NoiseTools

Untuk memulai pengukuran, pilih instrumen yang diperlukan dalam tampilan Dock dan tekan panah Mulai hijau. Instrumen akan memulai pengukuran baru. Panah mulai Hijau akan menjadi tombol Berhenti Merah yang memungkinkan pengukuran dihentikan secara manual.

2. Dengan RC: 120A dBConnect

Hubungkan ke instrumen doseBadge* dan pilih opsi pengukuran seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

Hubungkan ke instrumen doseBadge*
Hubungkan ke instrumen doseBadge*

Ketika instrumen tidak mengukur, satu-satunya pilihan adalah untuk memulai pengukuran. Menekan tombol Kiri akan memulai pengukuran dan konfirmasi akan muncul selama beberapa detik.

3. Dengan Aplikasi dBLink

Dengan Aplikasi dBLink
Dengan Aplikasi dBLink

Untuk memulai pengukuran dengan Aplikasi dBLink, pilih instrumen yang diperlukan dari jendela penemuan instrumen dan tekan tombol Jalan hijau.

Tekan lagi untuk mengonfirmasi.

Pengukuran akan dimulai dan opsi yang tersedia akan berubah dari Mulai ke Jeda dan Berhenti.

4. Memulai pengukuran dengan pengatur waktu terjadwal

Hapus doseBadge dari Dock dan sambungkan ke pekerja. Pengukuran akan dimulai, dijeda, dan dihentikan seperti yang ditentukan oleh pengaturan pengukuran terjadwal.

Perhatikan bahwa bila doseBadge* terhubung ke Dock CU:120A daya, pengukuran terjadwal tidak akan diaktifkan. Keluarkan instrumen dari Dock agar pengatur waktu terjadwal dapat berjalan.

6. Jeda pengukuran

Pengukuran dapat dijeda menggunakan salah satu opsi berikut. Saat pengukuran dijeda, LED Biru akan berkedip setiap 5 detik sekali.

Menjeda pengukuran dengan RC:120A dBConnect

Hubungkan ke instrumen doseBadge* dan pilih opsi kontrol seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

instrumen doseBadge*
doseBadge*

Saat instrumen mengukur, pilihannya adalah menjeda atau menghentikannya. Ikon “Rekaman” hijau kecil di bilah status menunjukkan bahwa instrumen sedang mengukur.

Menekan tombol Atas akan menjeda pengukuran dan konfirmasi akan muncul selama beberapa detik.

Menjeda pengukuran dengan Aplikasi dBLink

Untuk menjeda pengukuran dengan Aplikasi dBLink, sambungkan ke instrumen yang diperlukan yang sedang berjalan dan dari jendela penemuan instrumen, tekan tombol jeda biru.

Tekan lagi untuk mengonfirmasi.

7. Lihat pembacaan shift tengah

Menggunakan RC:120A dBConnect

Hubungkan ke instrumen doseBadge* dan pilih opsi Baca seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

Hubungkan ke instrumen doseBadge*

Tongkat akan membaca informasi pengukuran saat ini dari doseBadge*. Gunakan tombol kiri dan kanan untuk berpindah di antara informasi untuk pengukuran saat ini: Berbagai tampilan pengukuran dapat dikonfigurasi melalui perangkat lunak NoiseToofs.

NoiseToofs

Kata Meas. dan ikon hijau menunjukkan bahwa lencana sedang berjalan dan ini adalah pembacaan shift tengah. Tekan tombol tengah bulat untuk keluar dari pembacaan.

Menggunakan Aplikasi dBLink

Untuk melihat status pengukuran instrumen saat sedang berjalan, pilih dari jendela penemuan.

Aplikasi dBLink
Aplikasi dBLink

Jika lencana berjalan, data pengukuran saat ini akan ditampilkan di bawah informasi lencana.

Untuk melihat data pengukuran integrator lain dan parameter pengukuran lainnya, pilih lencana dan geser untuk melihat layar Pengukuran Saat Ini atau gunakan menu untuk memilih opsi Lihat Pengukuran.

Informasi saat ini dapat disegarkan dengan memilih menu di atas kanan memilih Refresh Current Measurement.

Harap dicatat bahwa untuk mengurangi konsumsi daya, data tidak disegarkan secara otomatis.

Menekan ikon segarkan akan memuat data pengukuran saat ini lagi.

8. Hentikan pengukuran

Menghentikan pengukuran dengan NoiseTools, untuk menghentikan pengukuran melalui NoiseToofs, hubungkan doseBadge* ke Dock dan dari jendela Dock tekan link Stop Measurement dan statusnya akan berubah dari Running menjadi Stopped.

Menghentikan pengukuran dengan RC:120A dBConnect

Menghentikan pengukuran dengan RC:120A dBConnect

Saat instrumen mengukur, pilihannya adalah menjeda atau menghentikannya.

Ikon “Rekaman” hijau kecil di bilah status menunjukkan bahwa instrumen itu mengukur.

Menghentikan pengukuran dengan RC:120A dBConnect

Menekan tombol Kanan akan menghentikan pengukuran dan konfirmasi akan muncul selama beberapa detik.

Menghentikan pengukuran dengan Aplikasi dBLink

Untuk menghentikan pengukuran dengan Aplikasi dBLink, sambungkan ke instrumen yang diperlukan yang sedang berjalan dan dari jendela penemuan instrumen, tekan tombol stop merah. Tekan lagi untuk mengonfirmasi.

Status instrumen ditunjukkan oleh Green run, Blue pause dan Red Tombol berhenti.

Pengukuran terjadwal

Jika pemberhentian terjadwal telah diprogram ke dalam instrumen, ini akan diaktifkan pada waktu yang tepat dan instrumen akan berakhir. Data pengukuran akan disimpan dalam instrumen yang siap untuk diunduh atau dilihat.

9. Unduh data pengukuran

Mengunduh ke NoiseTools

Hubungkan doseBadge* ke slot yang tersedia di Dock dan sambungkan Dock ke PC. Jalankan perangkat lunak NoiseToofs dan buka Tampilan Dock.

Klik unduh untuk mentransfer pengukuran dari instrumen ke perangkat lunak NoiseToofs

Melihat pengukuran dengan Aplikasi dBLink

Pengukuran dapat dilihat saat sedang dibuat atau di akhir pengukuran setelah instrumen dihentikan dengan cara yang sama seperti pembacaan mid-shift.

Melihat pengukuran pada RC:120A dBConnect

Hubungkan ke instrumen doseBadge* dan pilih opsi Baca seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

Hubungkan ke instrumen doseBadge* dan pilih opsi Baca seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

Tongkat akan membaca informasi pengukuran saat ini dari doseBadge*. Gunakan tombol kiri dan kanan untuk berpindah di antara informasi untuk pengukuran saat ini:

Hubungkan ke instrumen doseBadge* dan pilih opsi Baca seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

Kata Meas. dan ikon hijau menunjukkan bahwa lencana sedang berjalan dan ini adalah pembacaan shift tengah.

Tekan tombol tengah bulat untuk keluar dari pembacaan.

Jual alat pengukur kebisingan noise dosimeter

Jual alat pengukur kebisingan noise dosimeter

Noise Dosimeter – doseBadge5 Cirrus Research tersedia dengan berbagai jumlah doseBadge serta semua item yang diperlukan untuk pengukuran kebisingan higiene pekerjaan dan industri. Setiap kit berisi DosisBadges bersama dengan Unit Pembaca, Pengisi Daya, Catu Daya, Kit Pemasangan, Perangkat Lunak, Panduan Pengguna, Kabel USB, Sertifikat Kalibrasi, dan Baterai untuk Unit Pembaca.

Kit pengukuran dapat diperluas dengan doseBadges dan unit pengisi daya tambahan sesuai kebutuhan. Ini dapat berupa CR:110A doseBadges standar atau CR:110AIS yang Aman Secara Intrinsik.

Fitur Noise Dosimeter doseBadge5 :

  • Casing aluminium yang kuat melindungi peralatan Anda selama pengangkutan & penyimpanan
  • Berisi semua komponen sistem doseBadge
    • Individual doseBadge5
    • Unit Pembaca
    • Pengisi Daya & Catu Daya
    • Kabel
    • Perangkat Lunak, Panduan Pengguna & Sertifikat Kalibrasi
    • Aksesori opsional
  • Cocok untuk semua versi doseBadge (CR:110A, CR:110A/BLK, CR:110AIS & CR:112AIS)

Keunggulan Noise Dosimeter doseBadge5 :

  • Pengukuran paparan kebisingan yang kuat, andal & sesuai dengan operasi sederhana
  • Empat saluran independen simultan untuk memenuhi segala paparan kebisingan Peraturan, Standar, atau Pedoman
  • Analisis pita oktaf waktu-nyata & pencatatan data komprehensif dari semua saluran
  • Mikrofon internal & sensor kejut yang aman memastikan integritas data setiap saat
  • Perangkat lunak NoiseTools menyediakan analisis & pelaporan dengan penyimpanan basis data dari semua data pengukuran
  • Pengukuran pra-program dengan Pengatur Waktu Terjadwal untuk penerapan yang cepat & mudah
  • Komunikasi Bluetooth® ke dBLink App & dBControl Smart Display
  • doseBadge 5 – Solusi utama untuk pengukuran paparan kebisingan
  • Dosimeter Kebisingan Nirkabel tanpa kontrol, tampilan, atau tombol memastikan integritas data
  • Desain multi-saluran sejati untuk memenuhi Peraturan, Standar, atau Pedoman apa pun
  • 4 dosimeter kebisingan dalam satu instrumen dengan pencatatan data lengkap tersedia untuk semua saluran
  • Analisis frekuensi waktu nyata dalam pita oktaf dari 63Hz hingga 8kHz
  • Unduhan USB berkecepatan tinggi melalui Dock doseBadge 5
  • Konektivitas nirkabel dengan Bluetooth®
  • Mulai, jeda & hentikan pengukuran secara otomatis dengan penghitung waktu terjadwal
  • Kejutan internal & sensor gerak untuk mendeteksi dampak & gangguan
  • Alokasikan instrumen doseBadge 5 kepada pengguna individu untuk melacak pengukuran dengan mudah & efektif
  • Indikasi visual dari dosis terlampaui dengan tingkat yang ditentukan pengguna
  • Lihat pengukuran & konfigurasikan doseBadge 5 dengan Aplikasi dBLink untuk perangkat seluler
  • Kumpulkan data yang diperlukan untuk mematuhi Peraturan Kebisingan di Tempat Kerja
  • Pengukuran simultan OSHA HCA, OSHA PEL, ACGIH & ISO


Nah itulah pembahasan kali ini mengenai cara penggunaan alat pengukur kebisingan atau noise dosimeter yang dapat admin sampaikan semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Bagikan ke:

Minta Penawaran Harga dan Spesifikasi

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait informasi penawaran harga dan spesifikasi secara lengkap silahkan isi Formulir berikut ini :


Postingan Terbaru

Hubungi Kami

Segera hubungi kami  sekarang juga dengan mengisi formulir berikut atau menghubungi kami melalui informasi kontak berikut:

+6281122333718

info@envilife.co.id

Jl. Sanggar Kencana Utama No.9, Jatisari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286


Silahkan pilih salah satu kontak di bawah untuk berkomunikasi dengan tim kami.
//
Admin
Online
Hubungi Kami!