Daftar Alat Yang Digunakan Untuk Uji Karakteristik Laju Pembakaran

oleh | Instrument Laboratorium

5/5 - (1 vote)

ENVILIFE.CO.ID, Karakteristik sampah yang memiliki dampak buruk bagi manusia ternyata mempunyai guna yang tinggi untuk dijadikan sebagai alternatif bahan bakar minyak. Salah satunya mengkonversi sampah plastik menjadi minyak. Hal ini bisa dilakukan karena pada dasarnya plastik berasal dari minyak bumi, sehingga tinggal dikembalikan ke bentuk semula. Selain itu plastik juga mempunyai nilai kalor cukup tinggi, setara dengan bahan bakar fosil seperti bensin dan solar. Pemurnian yang di hasilkan dari Polypropylene dapat digunakan sebagai bahan bakar.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Dalam hal ini Para pengguna kendaraan bermotor dapat melakukan tindakan perawatan preventive terhadap saluran bahan bakarnya sendiri yaitu dengan menjaga kualitas dari bahan bakar yang dipakai salah satunya dengan penambahan zat aditif pada bahan bakar. Ada beberapa zat aditif yang bisa ditambahkan ke dalam bahan bakar, dimana mempunyai fungsi sama yaitu meningkatkan kinerja dari mesin kendaraan. Zat aditif merupakan bahan yang ditambahkan pada bahan bakar kendaraan bermotor, baik mesin bensin maupun mesin disel. Selain itu zat aditif juga digunakan untuk memberikan peningkatan sifat dasar tertentu yang telah dimilikinya seperti aditif anti knocking dan peningkatan angka oktan untuk bahan bakar mesin bensin.

Pada penelitian ini zat yang digunakan merupakan bahan bakar cair Polypropylene, jenis sampah yang akan dipakai pada penelitian ini adalah plastik jenis Polypropylene yang sering dipakai sebagai bahan baku botol palastik (contohnya cup plastik, tutup botol dari plastik, mainan anak dan margarine). Distilasi atau penyulingan adalah suatu metode pemisahan bahan kimia berdasarkan perbedaan kecepatan atau kemudahan menguap (volatilitas) bahan. dalam penyulingan, campuran zat dididihkan sehingga menguap, dan uap ini kemudian didinginkan kembali ke dalam bentuk cairan. Zat yang memiliki titik didih lebih rendah akan menguap lebih dulu. Kemudian perlu dilakukan pengolahan lebih lanjut dengan memanfaatkan residu-residu sampah plastik yang tidak memiliki nilai tersebut sehingga dapat bernilai lebih bahkan dapat menimbulkan manfaat yang banyak bagi kehidupan masyarakat yaitu salah satunya dengan teknologi distilasi dan untuk mendapatkan bahan bakar yang lebih maksimal perlu penambahan seperti zat aditif untuk memberi efek yang lebih bagus lagi terhadap laju pembakaran kendaraan.

Distilasi absorbsi atau penyerapan dalam kimianya adalah suatu fenomena fisik atau kimiawi atau suatu proses sewaktu atom, molekul atau ion memasuki limbah (bulk) lain yang bias berupa gas, cairan ataupun padatan. Untuk yang mesin (engine) adalah mengatur proses untuk mengubah energi yang terkandung dalam bahan bakar menjadi tenaga, semua engine menggunakan sistem pembakaran didalam silinder, maka dari itu mesin tersebut bisa dikatakan mesin pembakaran didalam ataupun bisa juga disebut internal combustion energy.

Dari setiap satuan berat plastik dari hasil pemurnian proses distilasi absorbsi dengan
variasi campuran zat aditif Oktan Booster (OB) berbentuk cair yang memiliki fungsi
menghilangkan knocking, mencegah terhentak hentak, mengembalikan tenaga yang hilang,
memulihkan kinerja mesin, menaikkan angka oktan, membersihkan ruang bakar, larut dengan
sempurna dan tidak membuat kerak.

Daftar alat yang digunakan

Nah dan berikut ini adalah beberapa macam daftar alat-alat yang digunakan untuk melakukan uji karakteristik laju pembakaran diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Octane Meter/portable oktan analyzer

Octane Meter/ I portable oktan analyzer digunakan untuk instan octane motor bensin, sesuai dengan motor dan metode penelitian (RON dan MON) dan untuk cetane number jumlah bahan bakar solar. Suhuh nilai dianalisis cair dan solar pemadatan. Hasil pengukuran ditampilkan pada LCD. Operasional prinsip Oktan Meter terletak pada bensin oktan dan bahan bakar diesel cetane rating berdasarkan analisis perubahan sifat yang dielektrik permeabilitas dan induksi elektromagnetik.

Oktan Analyzer memiliki desain kompak dan digunakan untuk online pemeriksaan motor kualitas bahan bakar dilapangan dan kondisi laboratorium. Kondisi operasi oktan analyzer penggunaan, ambient suhu dari -10C untuk +30C, kelembabab relative 80% di 25 C, tekanan atmosfer 84-106kPa. Perangkat akan kekuatan dari DC elemen tipe AA (tegangan 6 V).

2. Bomb Calori

Bomb kalorimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur jumlah kalor (nilai kalori) yang dibebaskan pada pembakaran sempurna (dalam O 2 berlebih) suatu senyawa, bahan makanan, bahanbakar. Sejumlah sampel ditempatkan pada tabung beroksigen yang tercelup dalam medium penyerapkalor (kalorimeter), dan sampel akan terbakar oleh api listrik dari kawat logam terpasang dalam tabung.

3. Flash Point Tester

Flash Point Tester adalah Titik nyala dari suatu bahan yang mudah menguap adalah suhu terendah di mana ia dapat menguap membentuk campuran yang dapat terbakar diudara. Mengukur titik nyala membutuhkan sumber pengapian, dengan hal tersebut untuk mengetahui atau mengukur titik nyala atau flash point pada suatu bahan bakar atau bahan yang mudah menguap seperti bensin, solar, oli dan bahan yang mudah menguap lainnya diperlukannya Flash Point Tester.

4. Stopwacht

Stopwatch adalah alat yang digunakan untuk mengukur lamanya waktu yang diperlukan dalam kegiatan. Pada umumnya stopwach ini digunakan sebagai penghitung kecepatan atau laju suatu benda seperti kendaraan atau kecepatan berlari seseorang.

Stopwacht

5. Kompor Listrik

Kompor Listrik adalah Kompor yag menggunakan energi listrik Kompor listrik ini tidak menggunakan api dalam pemanasannya yang bekerja dengan prinsip induksi sehingga kompor tidak akan mengeluarkan panas.

Kompor Listrik

6. Tabung gas LPG

LPG (liquified Petroleum gas, harafiah: gas minyak bumi yang dicairkan. Dengan menambah tekanan dan menurunkan suhunya, gas berubah menjadi cair. Komponennya didominasi propana (C3H8) dan butana (C4H10). Elpiji juga mengandung hidrokarbon ringan lain dalam jumlah kecil, misalnya etana (C2H6) dan pentana (C5H12).

Tabung gas LPG

7. Timbangan Digital

Timbangan Digital adalah perangkat pengukuran yang digunakan untuk mengukur berat atau massa suatu benda atau zat. Digital sisik sering lebih kompak, tahan lama, dan tepat daripada jenis lain dari skala, seperti timbangan pegas atau saldo, yang sering aus dan memberikan pembacaan yang berbeda dari waktu ke waktu.

Timbangan Digital

8. Gelas Ukur

Gelas ukur adalah peralatan laboratorium umum yang digunakan untuk mengukur volume cairan. Alat ini memiliki bentuk silinder dan setiap garis penanda pada gelas ukur mewakili jumlah cairan yang telah terukur.

9. Distilasi Absorbsi

Distilasi Absorbsi adalah suatu metode pemisahan bahan kimia berdasarkan perbedaan kecepatan atau kemudahan menguap (volatilitas) bahan. Dalam penyulingan, campuran zat dididihkan sehingga menguap, dan uap ini kemudian didinginkan kembali ke dalam bentuk cairan. Distilasi bertujuan untuk memisahkan suatu campuran liquid yang miscible dan volatile menjadi komponen masing-masing.

Nah itulah beberapa daftar macam-macam alat yang dapat digunakan untuk melakukan uji karakteristik laju pembakaran, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Dan disini juga admin menawarkan berbagai macam peralatan laboratorium secara lengkap bagi anda yang mungkin sedang mencari perlatan laboratorium, silahkan anda hubungi kami melalui kontak yang tersedia di website ini atau mengisi formulir penawaran dibawah ini untuk mendapatkan info harga dan spesifikasi secara lengkap. Terimakasih.

Bagikan ke:

Minta Penawaran Harga dan Spesifikasi

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait informasi penawaran harga dan spesifikasi secara lengkap silahkan isi Formulir berikut ini :


Postingan Terbaru

Hubungi Kami

Segera hubungi kami  sekarang juga dengan mengisi formulir berikut atau menghubungi kami melalui informasi kontak berikut:

6281222418207

info@envilife.co.id

Jl. Sanggar Kencana Utama No.9, Jatisari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286


Hubungi Admin dibawah ini untuk mendapatkan penawaran Harga & Spesifikasi lengkap!
//
Admin
081222418207
"Anda akan dialihkan ke WhatsApp dan terhubung dengan Admin. Lihat Informasi kontak lainnya."
Hubungi Kami!