Apa itu Tabung Reaksi? Jenis, Cara Menggunakan, dan Pemeliharaanya

oleh | Nov 6, 2023 | Instrument Laboratorium

Tabung reaksi adalah salah satu alat laboratorium yang paling umum digunakan. Tabung reaksi berbentuk silinder dengan bagian bawah yang runcing dan bagian atas yang terbuka. Tabung reaksi terbuat dari berbagai bahan, seperti kaca, plastik, atau borosilikat.

Jenis-jenis Tabung Reaksi

Berdasarkan bahannya, tabung reaksi dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Tabung Reaksi Kaca

Tabung reaksi kaca

Tabung reaksi kaca, yang merupakan jenis tabung reaksi yang paling umum digunakan, menjadi alat yang sangat diperlukan dalam berbagai eksperimen kimia. Dikenal karena sifat tembus pandangnya, tabung reaksi kaca memfasilitasi pengamatan yang akurat terhadap setiap peristiwa reaksi kimia yang tengah berlangsung di dalamnya.

Walaupun kejernihan materialnya menjadi keunggulan, namun perlu diingat bahwa tabung reaksi kaca memiliki kerapuhannya sendiri, sehingga penggunaannya harus disertai dengan kehati-hatian yang ekstra guna mencegah potensi kerusakan atau pecahnya tabung tersebut.

2. Tabung Reaksi Plastik

Tabung reaksi plastik

Tabung reaksi plastik, sebagai varian tabung reaksi yang terbuat dari bahan plastik, menonjol dengan keunggulan kekuatan dan daya tahan yang melebihi tabung reaksi kaca. Kelebihan ini menjadikan tabung reaksi plastik sebagai pilihan yang lebih aman dalam penggunaannya. Meskipun ketangguhan materialnya memberikan keuntungan signifikan, penting untuk diingat bahwa tabung reaksi plastik tidak memiliki sifat tembus pandang seperti tabung reaksi kaca.

Kendati demikian, keterbatasan tersebut dapat diatasi dengan kreativitas dan ketelitian ekstra dalam merancang percobaan, sehingga tetap memungkinkan untuk mengamati serta menganalisis reaksi kimia yang tengah berlangsung di dalamnya.

3. Tabung Reaksi Borosilikat

Tabung Reaksi Borosilikat

Tabung reaksi borosilikat, sebagai wakil yang berkelas dalam dunia laboratorium, dibuat dari bahan borosilikat yang memiliki keunggulan luar biasa dalam menahan panas dan zat kimia. Jenis kaca ini tidak hanya memperlihatkan keandalan tingkat tinggi dalam ketahanan terhadap suhu tinggi, tetapi juga menunjukkan ketangguhan terhadap bahan kimia yang korosif.

Dengan atribut ini, tabung reaksi borosilikat menjadi pilihan ideal untuk eksperimen kimia yang melibatkan proses pemanasan atau menggunakan bahan kimia yang bersifat agresif. Keunggulan ini memberikan fleksibilitas dan keamanan ekstra saat menjalankan reaksi kimia yang membutuhkan perlakuan khusus di dalam lingkungan laboratorium.

Berdasarkan ukurannya, tabung reaksi dibagi menjadi beberapa ukuran, yaitu:

  • Tabung reaksi ukuran 10 ml adalah ukuran tabung reaksi yang paling umum digunakan. Tabung reaksi ukuran 10 ml cocok untuk berbagai macam reaksi kimia, mulai dari reaksi kimia sederhana hingga reaksi kimia yang kompleks.
  • Tabung reaksi ukuran 25 ml adalah ukuran tabung reaksi yang lebih besar daripada tabung reaksi ukuran 10 ml. Tabung reaksi ukuran 25 ml cocok untuk reaksi kimia yang membutuhkan volume yang lebih besar.
  • Tabung reaksi ukuran 50 ml adalah ukuran tabung reaksi yang lebih besar daripada tabung reaksi ukuran 25 ml. Tabung reaksi ukuran 50 ml cocok untuk reaksi kimia yang membutuhkan volume yang sangat besar.

Cara Menggunakan Tabung Reaksi

Berikut adalah cara menggunakan tabung reaksi:

  1. Cuci tabung reaksi dengan air sabun dan bilas dengan air bersih.
  2. Keringkan tabung reaksi dengan lap bersih.
  3. Jika tabung reaksi akan digunakan untuk reaksi kimia, sterilkan tabung reaksi dengan cara dipanaskan dalam oven atau autoclave.
  4. Masukkan bahan kimia ke dalam tabung reaksi.
  5. Tutup tabung reaksi dengan sumbat.
  6. Lakukan reaksi kimia sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.

Pemeliharaan Tabung Reaksi

Berikut adalah cara memelihara tabung reaksi:

  • Cuci tabung reaksi dengan air sabun dan bilas dengan air bersih setelah digunakan.
  • Keringkan tabung reaksi dengan lap bersih.
  • Simpan tabung reaksi di tempat yang kering dan bersih.
  • Jika tabung reaksi pecah, segera bersihkan dan ganti dengan tabung reaksi yang baru.

Keselamatan Kerja Menggunakan Tabung Reaksi

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk keselamatan kerja saat menggunakan tabung reaksi:

  • Gunakan tabung reaksi yang sesuai dengan ukuran dan jenis reaksi kimia yang akan dilakukan.
  • Sterilkan tabung reaksi sebelum digunakan untuk reaksi kimia.
  • Bekerjalah dengan hati-hati saat menggunakan tabung reaksi, terutama saat melakukan pemanasan.
  • Hindari kontak langsung dengan bahan kimia yang berbahaya.
  • Gunakan alat pelindung diri yang sesuai, seperti sarung tangan, masker, dan kaca mata pelindung.

Demikianlah informasi mengenai tabung reaksi, mulai dari pengertian, jenis-jenis, cara menggunakan, hingga pemeliharaannya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Jika anda sedang mencari tabung reaksi silahkan hubungi kami sekarang juga melalui LiveChat di website ini untuk terhubung dengan sales kami.

Bagikan ke:
× Hubungi Kami!