Penggunaan HI9146 Dissolved Oxygen Meter

oleh | Mei 11, 2022 | Alat Uji Lingkungan | 0 Komentar

5/5 - (1 vote)

Apakah anda sedang mencari tahu bagaimana cara menggunakan alat uji lingkungan yang satu ini yaitu HI9146 Dissolved Oxygen Meter? yuk simak berikut ini manual penggunaan alatnya.

Manual Books HI9146 Dissolved Oxygen Meter

Penggunaan HI9146 Dissolved Oxygen Meter

1. Pemeriksaan awal

Setelah anda membeli HI9146 Dissolved Oxygen Meter dan sampai ke tempat anda langkah awal yang harus anda lakukan yaitu melakukan pemeriksaan alatnya terlebih dahulu, berikut lebih lengkapnya.

Lepaskan instrumen dari bahan pengemasan dan periksa dengan cermat untuk memastikan bahwa tidak ada kerusakan yang terjadi selama pengiriman. Jika ada Kerusakan, beri tahu dealer Anda atau pusat layanan pelanggan Hanna terdekat. Setiap instrumen dilengkapi dengan perlengkapan berikut:

  • Polarographic DO probe
  • HI76407A membrane cap (2 pcs.)
  • HI7041S electrolyte solution (30 mL)
  • 1.5V AAA, Batteries (3 pcs.)
  • Instruction Manual
  • Certificate
  • Rugged Carrying Case

Catatan*

Simpan semua bahan pengemasan sampai Anda yakin bahwa instrumen
berfungsi dengan benar. Semua barang yang rusak harus dikembalikan
Kemasan asli dengan aksesori yang disediakan.

2. Gambaran umum alat HI9146 Dissolved Oxygen Meter

HI9146 adalah alat uji lingkungan yaitu untuk mengukur DO yang canggih, dirancang untuk memberikan hasil laboratorium dan akurasi di bawah kondisi industri yang keras. Instrumen ini dilengkapi dengan serangkaian fitur diagnostik baru dan pesan pada LCD yang menambahkan dimensi yang sama sekali baru ke pengukuran DO, dengan memungkinkan pengguna untuk secara dramatis meningkatkan keandalan akurasi pengukuran yang sesuai.

Fitur Auto Endpoint secara otomatis membekukan tampilan saat pembacaan stabil tercapai.

Oksigen Terlarut ditunjukkan dalam ppm (bagian per juta) atau dalam %. Semua pengukuran secara otomatis dikompensasikan untuk suhu. Kompensasi salinitas dalam air memungkinkan penentuan langsung Oksigen terlarut dalam air asin dan kompensasi ketinggian menyesuaikan kembali varian ketinggian.

Probe Oksigen Terlarut memiliki membran yang menutupi sensor polarografik dan termistor bawaan untuk pengukuran dan kompensasi suhu. Membran PTFE permeabel ini mengisolasi elemen sensor dari larutan pengujian, tetapi memungkinkan Oksigen untuk melewatinya.

Ketika tegangan diterapkan di sensor, oksigen yang telah melewati membran bereaksi menyebabkan aliran arus, dan karenanya menentukan pembacaan.

The Battery Error Preventing System (BEPS) mendeteksi saat baterai menjadi terlalu lemah untuk memastikan pengukuran yang andal.

Fitur lampu latar dinonaktifkan secara otomatis saat baterai hampir habis dan indikasi yang jelas ditampilkan untuk memperingatkan pengguna tentang kondisi baterai saat ini. Namun, meteran terus mengukur dengan benar bahkan ketika indikasi baterai lemah juga tetap dapat ditampilkan.

Meteran secara otomatis mati sendiri ketika baterai terlalu lemah untuk mendukung fungsi yang tepat. Selain itu, meteran memungkinkan pengguna memasukkan kode ID untuk mengidentifikasi instrumen secara unik.

3. Deskripsi fungsional Probe

Penggunaan HI9146 Dissolved Oxygen Meter

Keterangan :

1). DO Probe
2). Protective Cap
3). Watertight Shielded Cable
4). Polypropylene Probe Body
5). Temperature Sensor
6). O-Ring Seal
7). Silver Chloride Anode
8). Platinum Cathode (sensor)
9). Oxygen Permeable PTFE Membrane
10). Membrane Cap

4. Deskripsi fungsional Meter

Penggunaan HI9146 Dissolved Oxygen Meter

Keterangan :

1). Liquid Crystal Display (LCD).
2). Range key, untuk memilih ppm atau % range.
3). On/Off key, untuk menghidupkan dan mematikan instrumen.
4). CAL key, untuk masuk/keluar dari mode kalibrasi.
5). Setup key, untuk masuk/keluar dari mode SETUP.
6).key, untuk secara manual meningkatkan suhu atau parameter lainnya.
7). Tutup kompartemen baterai.
8). DIN konektor untuk probe DO.
9). key, untuk menurunkan suhu atau parameter lainnya secara manual.
10). GLP key, untuk menampilkan informasi Praktik Laboratorium yang Baik.
CFM key, untuk mengkonfirmasi nilai yang berbeda.
11). AutoEnd key, untuk membekukan pembacaan stabil pertama pada LCD.
12). Light key, untuk beralih tampilan lampu latar.
13). Secondary LCD.
14). Primary LCD.

5. Panduan Operasional

1. Persiapan awal

Instrumen ini disediakan lengkap dengan baterai. Untuk menempatkan baterai di dalam instrumen, ikuti instruksi dari manual books disini. Untuk melakukan pengukuran, sambungkan probe DO ke meteran dengan kencang dengan menyejajarkan pin dengan soket yang terletak di bagian belakang meteran, dorong steker dan kencangkan cincin berulir. Probe yang dikirim dari kami sudah kering. Untuk menghidrasi probe dan menyiapkannya untuk digunakan, sambungkan ke meteran dan lakukan langkahnya sebagai berikut:

  1. Lepaskan tutup plastik merah dan hitam. Tutup ini untuk tujuan pengiriman dan dapat dibuang.
  2. Basahi sensor dengan merendam bagian bawah 2 1/2 cm (1″) probe dalam elektrolit (HI7041S) selama 5 menit.
  3. Bilas tutup membran (HI76407A disertakan dalam kit dengan meteran) dengan larutan elektrolit sambil mengocoknya dengan lembut. Isi ulang dengan larutan elektrolit bersih.
  4. Ketuk perlahan sisi tutup membran dengan ujung jari Anda untuk memastikan tidak ada gelembung udara yang terperangkap. Untuk menghindari kerusakan membran, jangan mengetuknya langsung di bagian bawah.
  5. Pastikan O-Ring karet terpasang dengan benar di dalam tutup membran.
  6. Dengan sensor menghadap ke bawah, perlahan kencangkan tutup searah jarum jam. Beberapa elektrolit akan meluap.

Saat tidak digunakan dan selama polarisasi (lihat halaman 9), gunakan tutup pelindung transparan yang disertakan dalam kit dengan meteran.

Penggunaan HI9146 Dissolved Oxygen Meter

Hidupkan instrumen dengan menekan On/Off.

Hidupkan instrumen

Saat start-up, layar akan menampilkan semua segmen yang digunakan selama beberapa detik (atau saat tombol ditahan), diikuti dengan indikasi persentase sisa masa pakai baterai.

Saat start-up
  • Setelah beberapa detik pesan “Cond” muncul, tag “ ” dan “WAIT” akan berkedip pada LCD jika probe terhubung untuk memberi tahu pengguna bahwa probe dalam mode pengkondisian otomatis (polarisasi otomatis).
pesan “Cond” muncul
  • Ketika pesan ini hilang, probe terpolarisasi dan instrumen dapat dikalibrasi.
  • Meteran sekarang siap dioperasikan.
probe terpolarisasi
  • Jika probe terputus atau rusak, meteran akan menampilkan tag “—-” dan “NO Probe” berkedip. Dalam situasi ini hanya menu SETUP yang tersedia.

Fitur mati otomatis mematikan instrumen setelah jangka waktu tertentu (default 20 menit) tanpa menekan tombol untuk menghemat masa pakai baterai. Untuk menyetel periode lain atau menonaktifkan fitur ini, lihat menu PERSIAPAN di halaman 17. Fitur lampu latar mati otomatis mematikan lampu latar setelah periode yang ditentukan (default 1 menit) tanpa tombol yang ditekan. Untuk menyetel periode lain atau menonaktifkan fitur ini, lihat menu PERSIAPAN di halaman 17.

menampilkan tag

2. Probe Polarisasi

Probe berada di bawah polarisasi dengan tegangan tetap sekitar 800 mV. Polarisasi probe sangat penting untuk pengukuran yang stabil dengan tingkat akurasi berulang yang sama.

Dengan probe terpolarisasi dengan benar, oksigen terus dikonsumsi ketika melewati diafragma sensitif dan larut dalam larutan elektrolit yang terkandung dalam probe.

Jika polarisasi terganggu, larutan elektrolit terus diperkaya dengan oksigen sampai mencapai kesetimbangan dengan larutan sekitarnya.

Setiap kali pengukuran dilakukan dengan probe non-terpolarisasi, tingkat oksigen yang terungkap adalah baik dari larutan yang diuji, maupun yang ada dalam larutan elektrolit.

Bacaan ini tidak benar. Jaga tutup pelindung selama waktu polarisasi dan lepaskan untuk kalibrasi dan pengukuran.

Catatan*

Jika probe diubah saat instrumen ON, periode pengkondisian dimulai.

3. Kompensasi alinitas dan ketinggian

Jika sampel mengandung konsentrasi salinitas yang signifikan atau jika Anda melakukan pengukuran pada ketinggian yang berbeda dari permukaan laut, nilai pembacaan harus dikoreksi, dengan mempertimbangkan tingkat kelarutan oksigen yang lebih rendah dalam situasi ini (lihat halaman 18-19).

Ingatlah untuk mengatur ketinggian dan/atau salinitas sebelum melakukan pengukuran DO. Meteran akan secara otomatis mengkompensasi faktor-faktor ini.

4. Pengukuran DO

Pastikan instrumen telah dikalibrasi dan tutup pelindung telah dilepas.

  • Benamkan ujung probe dalam sampel
    untuk diuji. Izinkan sekitar satu
    menit agar pembacaan stabil.
Benamkan ujung probe
  • Nilai Oksigen Terlarut (dalam ppm) ditampilkan pada LCD primer dan suhu pada LCD sekunder.
Nilai Oksigen Terlarut
  • Tekan RANGE untuk mengubah pembacaan dari ppm ke % dan sebaliknya.
Tekan RANGE

Untuk pengukuran Oksigen Terlarut yang akurat, diperlukan pergerakan air sebesar 0,3 m/s. Ini untuk memastikan bahwa permukaan membran yang kekurangan oksigen terus diisi ulang.

Aliran yang bergerak akan memberikan sirkulasi yang memadai. Penggunaan pengaduk magnet untuk memastikan kecepatan fluida tertentu dianjurkan.

5. Pengukuran suhu

Probe memiliki sensor suhu bawaan. Suhu yang diukur ditunjukkan pada LCD sekunder seperti yang ditunjukkan di atas. Biarkan probe mencapai kesetimbangan termal sebelum melakukan pengukuran apa pun. Ini bisa memakan waktu beberapa menit.

Semakin besar perbedaan antara suhu di mana probe disimpan dan suhu sampel, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kesetimbangan termal.

Catatan*

• Jika “—-” muncul pada LCD utama dan “NO Probe” ditampilkan berkedip, probe DO tidak terhubung dengan benar atau suhu di luar jangkauan. Ini juga menunjukkan kemungkinan kabel probe putus.
• Jika suhu di luar kisaran “°C” atau “°F” tag ditampilkan berkedip.
• Jika pembacaan di luar jangkauan, nilai skala penuh akan ditampilkan berkedip.
• Jika pembacaan tidak stabil, indikator stabilitas “ ” menyala.
• Pastikan meter dikalibrasi sebelum melakukan pengukuran.
• Jika pengukuran dilakukan secara berurutan dalam sampel yang berbeda, untuk mendapatkan pembacaan yang akurat, dianjurkan untuk membilas probe secara menyeluruh dengan air deionisasi sebelum direndam dalam sampel.
• Untuk memaksimalkan masa pakai baterai, meteran dimatikan secara otomatis setelah jangka waktu tertentu tidak digunakan. Untuk mengaktifkan kembali instrumen, tekan tombol On/Off. Fitur ini dapat dinonaktifkan (lihat bagian SETUP untuk detailnya).

6. Fitur lampu latar

Instrumen dilengkapi dengan fitur Lampu Latar untuk meningkatkan keterbacaan tampilan dalam kondisi cahaya rendah. Itu dapat dengan mudah dinyalakan dan dimatikan melalui keypad dengan menekan Light.

menekan Light

Catatan*

Lampu latar mati secara otomatis setelah jangka waktu yang ditentukan untuk menghemat masa pakai baterai

Jika persentase baterai kurang dari 20% lampu latar tidak dapat ON.

6. AutoEnd

Untuk membekukan pembacaan stabil pertama pada LCD tekan AutoEnd saat instrumen dalam mode pengukuran.

tekan AutoEnd

Tag ”HOLD” akan ditampilkan berkedip pada LCD hingga pembacaan stabil.

Saat pembacaan stabil, tag “HOLD” berhenti berkedip dan pembacaan terhenti pada LCD.

Tekan AutoEnd lagi untuk kembali ke mode pengukuran normal.

Tag ”HOLD

Catatan*

• Menekan Rentang instrumen akan melompat ke rentang yang ditampilkan, tanpa meninggalkan mode AutoEnd.
• Menekan Setup kemudian GLP, instrumen keluar dari mode AutoEnd dan menjalankan fungsi yang dipilih.

7. Cara Kalibrasi DO

Kalibrasi instrumen sesering mungkin, terutama jika akurasi tinggi diperlukan. Instrumen dapat dikalibrasi maksimal 2 titik: 0,0% (zero calibration) dan 100,0% (slope calibration).

Kalibrasi alat ini sangat sederhana. Sebelum melanjutkan kalibrasi, pastikan probe siap untuk pengukuran, yaitu tutup membran diisi dengan elektrolit dan probe terhubung ke meter dan terpolarisasi dengan benar.

Untuk kalibrasi yang akurat, disarankan untuk menunggu setidaknya 15 menit untuk memastikan pengkondisian probe yang tepat.

Kalibrasi nol pada HI9146 sangat stabil, oleh karena itu prosedur ini hanya perlu dilakukan setiap kali probe atau membran diganti. Namun, karena kalibrasi lereng lebih kritis, dianjurkan untuk melakukan prosedur ini setiap minggu.

HI9146

1. Persiapan Awal

  • Tuang sedikit larutan HI7040 Zero Oxygen ke dalam gelas kimia. Jika memungkinkan, gunakan gelas kimia untuk meminimalkan gangguan EMC.
  • Pastikan probe siap untuk pengukuran (lihat persiapan probe pada halaman 8), yaitu membran diisi dengan elektrolit dan probe terhubung ke meteran.
  • Hidupkan pengukur dengan menekan tombol On/Off.
  • Untuk kalibrasi yang akurat, disarankan untuk menunggu setidaknya 15 menit untuk memastikan pengkondisian probe yang tepat.
  • Lepaskan tutup pelindung dari probe DO.
  • Atur faktor ketinggian yang sesuai. Pastikan faktor salinitas diatur ke nol.
HI7040

2. Zero Calibration

  • Rendam probe ke dalam larutan HI7040 nol oksigen dan aduk perlahan selama 2-3 menit.
larutan HI7040
  • Tekan CAL. Tag “⏳ ” dan “NOT READY” akan berkedip pada LCD hingga pembacaan stabil.
Tekan CAL.
  • Saat pembacaan stabil, dan berada dalam batas (±15% f.s.) “CFM” mulai berkedip. Tekan CFM untuk mengonfirmasi kalibrasi DO “0,0%”.
Saat pembacaan stabil
Saat pembacaan stabil
  • Press CAL. The instrument will return to measurement mode and will
    memorize the zero calibration data. For a
    two-point calibration do not press CAL and
    follow the procedure below.
Press CAL

8. Slope Calibration

Disarankan untuk melakukan kalibrasi kemiringan di udara.

  • Bilas probe dengan air bersih untuk menghilangkan sisa larutan oksigen nol.
melakukan kalibrasi

Catatan*

If you did not perform the zero calibration procedure, press CAL and then the ▲▼ keys to select the 100% DO calibration point.
  • Keringkan ujung probe dan biarkan beberapa detik agar pembacaan LCD menjadi stabil. Tag “⏳ ” dan “NOT READY” akan berkedip hingga pembacaan stabil.
  • Saat pembacaan stabil, tag “CFM” mulai berkedip. Tekan CFM untuk mengonfirmasi Kalibrasi LAKUKAN “100,0%”.
  • Jika pembacaan berada dalam batas (±15% f.s.), meteran menyimpan nilai (dan menyesuaikan titik kemiringan).
  • The instrument stores the slope calibration data and returns to measurement mode.
pembacaan LCD
Keringkan ujung probe

Catatan*

  • Jika pembacaan tidak mendekati titik kalibrasi yang dipilih, tag “WRONG” akan berkedip.
tag “WRONG
  • Jika suhu di luar kisaran, tag “WRONG” bersama dengan suhu dan tag “°C” akan berkedip.
suhu di luar kisaran
  • HI9146 memiliki fungsi pengenalan buffer otomatis. Jika tombol ▲▼ ditekan untuk memilih nilai kalibrasi yang diinginkan, fungsi pengenalan buffer otomatis dinonaktifkan.

9. Praktik Laboratorium Yang Baik (GLP)

GLP adalah seperangkat fungsi yang memungkinkan penyimpanan dan pengambilan data mengenai pemeliharaan dan status probe. Semua data tentang kalibrasi DO disimpan untuk ditinjau pengguna bila diperlukan.

1. Data kalibrasi DO terakhir

Data kalibrasi DO terakhir disimpan secara otomatis setelah kalibrasi berhasil. Untuk melihat data kalibrasi DO, tekan GLP saat instrumen dalam mode pengukuran DO.

Instrumen akan menampilkan tanggal (mm.dd) dan waktu (jj:mm) kalibrasi terakhir.

Instrumen akan menampilkan tanggal
  • Tekan Setup untuk melihat tahun selama beberapa detik.
Tekan Setup

Tekan tombol ▲▼ untuk melihat parameter kalibrasi berikutnya. Menekan tombol ▲ :

  • Standar kalibrasi.
Standar kalibrasi
  • Tekan Setup untuk melihat suhu kalibrasi selama beberapa detik.
Tekan Setup
  • Nilai ketinggian.
Nilai ketinggian
  • Nilai salinitas.
Nilai salinitas

Tekan GLP kapan saja dan instrumen akan kembali ke mode pengukuran.

10. Cara Setup

Mode pengaturan memungkinkan melihat dan memodifikasi parameter berikut:

  • Nilai salinitas (SAL)
  • Nilai ketinggian (ALt)
  • Waktu Saat Ini (jam & menit)
  • Tanggal Saat Ini (bulan, hari & tahun)
  • Status Bip (bEEP)
  • Lampu latar mati otomatis (RINGAN)
  • Daya otomatis (AOFF)
  • Satuan suhu

Untuk masuk ke mode SETUP, tekan Setup saat instrumen dalam mode pengukuran. Pilih parameter pengaturan yang diinginkan menggunakan tombol ▲▼.

Tekan CAL jika Anda ingin mengubah nilai item. Tag “CFM” dan item yang dipilih (misalnya jam, dalam mengatur waktu yang tepat) akan mulai berkedip.

Tekan tombol ▲▼ untuk mengubah nilai yang ditampilkan.

Jika ada item lain yang akan diatur (misalnya menit), tekan Range. Item lainnya akan mulai berkedip.

Tekan tombol ▲▼ untuk mengubah nilai yang ditampilkan.

Tekan CFM untuk mengonfirmasi atau CAL untuk melarikan diri.

mode SETUP
Tekan CAL

Tekan tombol ▲▼ untuk memilih parameter berikutnya/sebelumnya.

Tekan Setup untuk keluar dari menu SETUP setiap saat.

Tabel berikut mencantumkan parameter SETUP, rentang nilai yang valid, dan pengaturan pabrik (default):

Item Description Valid values Default
SAL Salinity value 0 to 80 g/L 0
ALt Altitude value 0 to 4000 m 0
Time Time (hh:mm) 00:00 to 23:59 00:00
Date Date (mm.dd.yyyy) 01.01.2000 to 12.31.2099 01.01.2009
bEEP Beep Status ON/OFF OFF
LIGH Auto-off backlight OFF or 1, 5, 10 min 1
AOFF Auto power off OFF or 5, 10, 20, 60 min 20
Temperature Unit °C or °F °C

11. Konsentrasi Oksigen terlarut versus Salinitas grafik

Salinitas mempengaruhi konsentrasi Oksigen Terlarut yang dinyatakan dalam ppm, menurunkan nilainya. Tabel di bawah ini menunjukkan kelarutan oksigen maksimum pada berbagai suhu dan tingkat salinitas.

Konsentrasi Oksigen terlarut versus Salinitas grafik

Catatan*

Hubungan antara salinitas dan klorinitas untuk air laut diberikan oleh persamaan di berikut ini: Salinity (g/l) = 1.80655 Chlorinity (g/l)

12. Bagan konsentrasi Oksigen terlarut versus Ketinggian

Ketinggian mempengaruhi konsentrasi Oksigen Terlarut yang dinyatakan dalam ppm, menurunkan nilainya. Tabel menunjukkan kelarutan oksigen maksimum pada berbagai suhu dan ketinggian.

Bagan konsentrasi Oksigen terlarut versus Ketinggian

13. Kalibrasi suhu (hanya untuk tenaga teknis)

Semua instrumen dikalibrasi dari pabrik untuk suhu. Probe suhu Hanna dapat dipertukarkan dan tidak diperlukan kalibrasi suhu saat diganti.

Jika pengukuran suhu tidak akurat, kalibrasi ulang suhu harus dilakukan. Untuk kalibrasi ulang yang akurat, hubungi dealer Anda atau Pusat Layanan Pelanggan Hanna terdekat, atau ikuti petunjuk di bawah ini.

  • Siapkan wadah berisi es dan air dan wadah lain berisi air panas (sekitar 50 °C atau 122 °F). Tempatkan bahan insulasi di sekitar bejana untuk meminimalkan perubahan suhu.
  • Gunakan termometer yang dikalibrasi dengan resolusi 0,1 °C sebagai termometer referensi. Hubungkan probe DO ke soket yang sesuai.
  • Dengan instrumen mati, tekan dan tahan tombol ▼ Rentang &, lalu hidupkan instrumen. Tag “CALIBRATION” akan muncul dan LCD sekunder akan menampilkan “0.0 °C”. LCD utama akan menampilkan suhu yang diukur atau pesan ”—-”, jika suhu yang diukur di luar jangkauan.
  • Benamkan pengukur suhu ke dalam bejana dengan es dan air sedekat mungkin dengan termometer referensi. Biarkan beberapa detik agar probe stabil.
  • Gunakan tombol ▲▼ untuk mengatur pembacaan pada LCD sekunder ke es dan air, diukur dengan termometer referensi. Saat pembacaan stabil dan mendekati titik kalibrasi yang dipilih, tag “CFM” akan berkedip.
Gunakan tombol ▲▼
  • Tekan CFM untuk konfirmasi. LCD sekunder akan menampilkan “50,0 °C”.
Tekan CFM
  • Benamkan probe suhu ke dalam bejana kedua sedekat mungkin dengan termometer referensi. Biarkan beberapa detik agar probe stabil.
  • Gunakan tombol ▲▼ untuk menyetel pembacaan pada LCD sekunder ke pembacaan air panas.
  • Saat pembacaan stabil dan mendekati titik kalibrasi yang dipilih, tag “CFM” akan berkedip.
  • Tekan CFM untuk konfirmasi. Instrumen kembali ke mode pengukuran.
Gunakan tombol ▲▼

Catatan*

Jika pembacaan tidak mendekati titik kalibrasi yang dipilih, tag “WRONG” akan berkedip. Ubah probe suhu dan mulai ulang kalibrasi.

14. Cara mengganti Baterai

Jika baterai menjadi lemah, layar akan menampilkan simbol baterai untuk memberi tahu pengguna bahwa kira-kira. Waktu kerja tersisa 1 jam.

Disarankan untuk mengganti baterai segera setelah indikator baterai berkedip (frekuensi lebih rendah).

Cara mengganti Baterai

Untuk mengganti baterai, ikuti langkah-langkah berikut:

  • MATIKAN instrumen.
  • Buka tutup kompartemen baterai (terletak di bagian atas instrumen).
  • Lepaskan baterai lama.
  • Masukkan tiga baterai AAA 1,5V baru ke dalam kompartemen baterai, dengan mengikuti petunjuk di bagian belakang instrumen.
  • Pasang kembali tutup kompartemen baterai.
Cara mengganti Baterai

Instrumen dilengkapi dengan fitur BEPS (Battery Error Prevention System), yang secara otomatis mematikan instrumen saat level baterai terlalu rendah untuk memastikan pembacaan yang andal. Saat start up, layar akan menampilkan pesan “% 0 bAtt” selama beberapa detik, kemudian instrumen mati secara otomatis.

15. Penjelasan notifikasi di Layar LCD

1. Tag & Simbol

Penjelasan notifikasi di Layar LCD
  • Tag mode menyala untuk menunjukkan mode aktif yang sesuai, dan berkedip untuk memperingatkan pengguna. MEASURE on: Instrumen dalam mode pengukuran. SETUP on: Mode menu SETUP telah masuk. CALIBRATION on: mode kalibrasi telah dimasukkan. GLP aktif: Mode GLP telah dimasukkan.
  • Membaca dalam HOLD: HOLD on: pembacaan dibekukan dalam mode AutoEnd. TAHAN berkedip: membaca tidak stabil dalam mode AutoEnd.
  • “°C” atau “°F” berkedip: suhu di luar jangkauan.
  • ⏳ berkedip (saat kalibrasi): pembacaan tidak stabil.
  • Pesan tombol aktif utama menyala untuk menunjukkan tombol aktif yang sesuai. CAL aktif: kunci CAL tersedia. CFM berkedip: meminta konfirmasi kalibrasi atau nilai yang ditetapkan. SETUP on: SETUP key tersedia. GLP aktif: Kunci GLP tersedia. RANGE on: RANGE key tersedia.
  • Simbol baterai berkedip: kondisi baterai lemah. Baterai harus segera diganti.

16. Cara perawatan Probe & Membran

Badan probe oksigen terbuat dari plastik yang diperkuat untuk daya tahan maksimum. Sensor suhu termistor menyediakan pengukuran suhu sampel. Gunakan tutup probe pelindung saat tidak digunakan.

Untuk mengganti membran atau mengisi ulang dengan elektrolit, lakukan sebagai berikut:

  • Lepaskan tutup pelindung dengan memutar perlahan dan menariknya dari badan probe (lihat gbr. 1).
  • Buka tutup membran dengan memutarnya berlawanan arah jarum jam (lihat gbr.2).
  • Basahi sensor dengan merendam bagian bawah 2 1/2 cm (1″) probe dalam elektrolit (HI7041S) selama 5 menit.
  • Bilas tutup membran baru (HI76407A), yang disertakan dengan meteran dengan larutan elektrolit sambil dikocok perlahan Isi ulang dengan larutan elektrolit bersih
  • Tekan perlahan bagian samping tutup membran dengan ujung jari Anda untuk memastikan tidak ada gelembung udara yang terperangkap. Jangan langsung mengetuk bagian bawah dengan jari karena akan merusak membran
  • Pastikan bahwa O-Ring karet terpasang dengan benar di dalam tutup membran
  • Dengan sensor menghadap ke bawah, kencangkan perlahan tutup membran searah jarum jam. Beberapa elektrolit akan meluap.

Katoda Platinum (#8 di halaman Deskripsi Fungsional 4) harus selalu terang dan tidak ternoda. Jika ternoda atau ternoda, katoda harus dibersihkan. Anda dapat menggunakan karton atau kain bersih yang tidak berbulu. Gosok katoda dengan sangat lembut dari sisi ke sisi 4-5 kali.

Gambar 1
Gambar 1
Gambar 2
Gambar 2

Ini akan cukup untuk memoles dan menghilangkan noda apa pun tanpa merusak ujung platinum. Setelah itu, bilas probe dengan air deionisasi atau air suling dan pasang tutup membran baru menggunakan elektrolit baru dan ikuti langkah-langkah di atas. Kalibrasi ulang instrumen.

Penting!

Untuk mendapatkan pengukuran yang akurat dan stabil, permukaan membran harus dalam kondisi sempurna. Membran semipermeabel ini mengisolasi elemen sensor dari lingkungan tetapi memungkinkan oksigen masuk. Jika ada kotoran yang terlihat pada membran, bilas dengan hati-hati dengan air suling atau air deionisasi. Jika masih ada ketidaksempurnaan, atau kerusakan terlihat jelas (seperti kerutan atau lubang sobek), membran harus diganti.

Pastikan O-Ring terpasang dengan benar di tutup membran.

17. Cara mengatasi masalah

Cara mengatasi masalah

18. Rekomendasi untuk Pengguna

Sebelum menggunakan produk ini, pastikan produk tersebut sepenuhnya sesuai dengan lingkungan di mana produk tersebut digunakan. Pengoperasian instrumen ini di area perumahan dapat menyebabkan interferensi yang tidak dapat diterima pada peralatan radio dan TV, sehingga operator harus mengikuti semua langkah yang diperlukan untuk memperbaiki interferensi.

Selama pengoperasian, tali pergelangan tangan ESD harus dipakai untuk menghindari kemungkinan kerusakan pada elektroda akibat pelepasan muatan listrik statis. Setiap variasi yang diperkenalkan oleh pengguna ke peralatan yang disediakan dapat menurunkan kinerja EMC instrumen.

Untuk menghindari sengatan listrik, jangan gunakan instrumen ini saat tegangan pada permukaan pengukuran melebihi 24 Vac atau 60 Vdc. Untuk menghindari kerusakan atau luka bakar, jangan melakukan pengukuran apapun dalam oven microwave.

Jual HI9146 Dissolved Oxygen Meter

Jual HI9146 Dissolved Oxygen Meter

Dissolved Oxygen Meter – HI 9146 adalah pengukur oksigen terlarut yang tahan air yang mengukur hingga 300% saturasi atau 45 ppm (mg/L) dengan kompensasi suhu dan kalibrasi otomatis. Telah dikembangkan untuk DO dan pengukuran suhu dalam air, air limbah, anggur, dan aplikasi seperti budidaya ikan.

Fitur dan Keunggulan :

  • Pesan tutorial di layar
  • Kalibrasi dua titik
  • Titik akhir otomatis
  • Jangkauan DO hingga 300%, kompensasi suhu
  • Kompensasi ketinggian hingga 4000 m
  • Kompensasi salinitas hingga 80 g/L
  • Kalibrasi otomatis di udara
  • fitur GLP
  • Indikator baterai lemah


Cara membeli HI9146 Dissolved Oxygen Meter

Bagi anda yang teratrik dengan alat HI9146 Dissolved Oxygen Meter dan ingin membelinya berikut ini adalah proses bagaimana caranya membeli alat tersebut di Envilife, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Hubungi kami, silahkan hubungi kami melalui kontak yang tersedia di website ini atau mengisi Form dibawah.
  2. Konsultasikan kebutuhan anda kepada admin kami
  3. Admin akan memberikan informasi mengenai spesifikasi alat secara lengkap melalui brosur
  4. Admin akan memberikan informasi mengenai harga atau price list alat
  5. Karena alat tersebut merupakan produk import jadi alatnya adalah alat indent maka dari itu anda harus membayar DP terlebih dahulu untuk pembelian alat HI9146 Dissolved Oxygen Meter sebesar 50% dari harga alatnya
  6. Setelah alatnya sampai di kami, kami akan melakukan pengujian fungsi dari alat tersebut
  7. Setelah melakukan pengujian anda harus membayar 100% dari harga alat HI9146 Dissolved Oxygen Meter
  8. Setelah pembayaran selesai alat HI9146 Dissolved Oxygen Meter akan di kirimkan ke tempat anda.

Tunggu apalagi? bagi anda yang belum memiliki alat HI9146 Dissolved Oxygen Meter tersebut silahkan order sekarang juga di envilife dengan penawaran harga yang kompetitif.

Bagikan ke:

Minta Penawaran Harga dan Spesifikasi

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait informasi penawaran harga dan spesifikasi secara lengkap silahkan isi Formulir berikut ini :


Postingan Terbaru

Hubungi Kami

Segera hubungi kami  sekarang juga dengan mengisi formulir berikut atau menghubungi kami melalui informasi kontak berikut:

+6281122333718

info@envilife.co.id

Jl. Sanggar Kencana Utama No.9, Jatisari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286


Silahkan pilih salah satu kontak di bawah untuk berkomunikasi dengan tim kami.
//
Admin
Online
Hubungi Kami!