Perbedaan Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja

oleh | Sep 9, 2021 | Tips

4.9/5 - (9 votes)

Apakah anda sering melihat atau mendengar kat Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja? tetapi anda tidak tahu apa pengertian dan berbedaan dari kata tersebut, nah di artikel ini saya akan membahasnya satu persatu.

Apa itu Sanitasi

Pengertian Sanitasi adalah perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya dengan harapan usaha ini akan menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia.

Sumber: kotaku.pu.go.id

Sanitasi mengacu pada kondisi kesehatan masyarakat yang terkait dengan air minum bersih dan pengolahan serta pembuangan kotoran manusia dan limbah yang memadai. Mencegah kontak manusia dengan kotoran adalah bagian dari sanitasi, seperti halnya mencuci tangan dengan sabun.

Sumber: wikipedia.org

Contoh alat sanitasi:

Contoh alat untuk mengetes sanitasi yaitu salah satu contohnya ENVILIFE SAN-01 Sanitarian Kit

Apa itu Hygiene

Hygiene adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan subjeknya seperti mencuci tangan dengan air bersih dan sabun untuk melindungi kebersihan tangan, mencuci piring untuk kebersihan piring, membuang bagian makanan yang rusak untuk melindungi keutuhan makanan secara keseluruhan.

Sumber: eprints.poltekkesjogja.ac.id

Higiene adalah serangkaian praktik yang dilakukan untuk menjaga kesehatan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, higiene merujuk pada kondisi dan praktik yang membantu memelihara kesehatan dan mencegah penyebaran penyakit. Sementara itu, higiene pribadi merujuk pada pemeliharaan kebersihan tubuh.

Sumber: wikipedia.org

Contoh alat Hygiene:

Untuk contoh alatnya yaitu ENV2000 PUMPING GAS DETECTOR – Tracer Gas Analyzer

Apa itu Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Pengertian K3 Menurut Filosofi Mangkunegara, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan jasmani maupun rohani tenaga kerja khususnya dan manusia pada umumnya serta hasil karya dan budaya menuju masyarakat adil dan makmur.

Baca Juga:  Pelajari Manfaat Gas Detector

Sumber: disnakertrans.bantenprov.go.id

Kesehatan dan keselamatan kerja adalah bidang yang terkait dengan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan manusia yang bekerja di sebuah institusi maupun lokasi proyek. Tujuan K3 adalah untuk memelihara kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja.

Sumber: wikipedia.org

Contoh alat kesehatan dan keselamatan kerja:

Untuk contoh alatnya yaitu Envilife Driver Fatigue Monitor – DFM688-B

Nah itulah beberapa pengertian dan perbedaan dari Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja yang mungkin dapat bermanfaat bagi anda. Jika anda berminat mempunyai alat alat tersebut anda boleh menghubungi kami di +6281122333718

Postingan Terbaru

Hubungi Kami

Segera hubungi kami  sekarang juga dengan mengisi formulir berikut atau menghubungi kami melalui informasi kontak berikut:

+6281122333718

info@envilife.co.id

Jl. Sanggar Kencana Utama No.9, Jatisari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286

2 + 2 =

Indonesia Website Awards