Alat Alat Laboratorium Untuk Menguji Kualitas Air

oleh | Sep 27, 2021 | Instrument Laboratorium

5/5 - (1 vote)

Berikut ini adalah alat alat laboratorium kualitas air, untuk mengetahui lebih lengkapnya apa saja alat alat untuk menguji kualitas air di laboratorium saya akan menjelaskannya di bawah ini.

Sebelum lanjut ke pembahasan alangkah baiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu alat laboratorium.

Apa itu alat laboratorium

Apa itu alat laboratorium
alat alat laboratorium kualitas air

Alat laboratorium adalah jenis peralatan yang ditemukan di gedung ataupun ruangan yang dipergunakan untuk melakukan penelitian ilmiah atau untuk mengajar ilmu pengetahuan praktis, seperti untuk melakukan eksperimen ilmiah, dan lain-lain.

Apa manfaat laboratorium

Apa manfaat laboratorium
alat alat laboratorium kualitas air

Setelah mengetahui penjelasan tentang alat laboratorium selanjutnya yaitu kita harus mengetahui apa saja manfaat dari laboratorium, berikut ini adalah manfaatnya:

  • Sebagai tempat untuk berlatih mengembangkan keterampilan intelektual melalui observasi, perekaman dan tinjauan gejala alam.
  • Mengembangkan keterampilan motorik siswa. Siswa akan meningkatkan keterampilan mereka dalam menggunakan alat media yang tersedia untuk menemukan dan menemukan kebenaran.
  • Memberikan dan pemupukan keberanian untuk mencari esensi kebenaran ilmiah dari sesuatu di lingkungan lingkungan dan sosial.
  • Menumbuhkan rasa ingin tahu siswa sebagai modal sikap ilmiah dari calon ilmuwan.
  • Membina rasa percaya diri sebagai akibat keterampilan dan pengetahuan atau penemuan yang diperolehnya.

Jenis Jenis alat laboratorium

Jenis Jenis alat laboratorium
alat alat laboratorium kualitas air

Berikut ini adalah beberapa jenis alat laboratoum diantaranya sebagai berikut:

Laboratorium Riset

Laboratorium yang digunakan untuk melakukan riset-riset ilmiah dalam bidang ilmu tertentu.

Contoh:

  • Laboratorium Naval Medical Research Unit 2 (NAMRU-2) milik Angkatan Laut AS di Jakarta
  • Laboratorium Lab. Fisika Teoretik Energi Tinggi, ITB

Laboratorium Analisis

Laboratorium tempat menganalisis kandungan bahan (sampel) tertentu.Laboratorium kategori ini banyak bergerak dalam bidang kesehatan dan lingkungan.

Contoh:

  • Laboratorium Kesehatan Provinsi Lampung
  • Laboratorium Prodia Lampung

Laboratorium Uji

Laboratorium tempat menguji kualitas atau kekuatan produk/barang tertentu.

Contoh:

  • Laboratorium beton pada beberapa Fakultas Teknik Sipil Perguruan tinggi
  • Laboratorium aerodinamis (terowongan angin imdustri pesawat terbang)
  • Laboratorium uji kualitas air

Laboratorium Pengajaran

Laboratorium tempat berlangsungnya pembelajaran secara praktek dalam bidang ilmu tertentu.

Laboratorium di lembaga-lembaga pendidikan: sekolah (SD-SMA), politeknik, akademi, institut, atau universitas.

Laboratorium pengajaran biasanya klasifikasikan menurut bidang ilmu tertentu.

Contoh:

  • Laboratorium IPA (di SD/MI dan SMP/MTs)
  • Laboratorium Fisika, Kimia, Biologi (di SMA/MA)
  • Laboratorium Botani, Zoologi, Genetika, Ekologi (Jur. Biologi FMIPA universitas)

Contoh alat laboratorium kualitas air

Contoh alat laboratorium kualitas air
alat alat laboratorium kualitas air

Berikut ini adalah alat alat laboratorium kualitas air diantaranya adalah sebagai berikut:

1. MOISTest-4 Fully Automatic Karl Fischer

moisture tester
ENVILIFE MOISTest-4

ENVILIFE MOISTest-4 Fully Automatic Karl Fischer yaitu model karl fischer moisture tester yang menggunakan metode pengukuran air klasik (metode listrik Karl-Fescher Coulomb), yang dapat dengan cepat menganalisis cairan dengan kadar air dalam kisaran 0,0001% (1ppm) hingga 100% dalam satu menit, di dalam cairan, gas dan padat. Alat ini biasanya untuk menguji Kelembaban dalam sampel gas yang banyak digunakan dalam kimia atau di laboratorium kimia, minyak bumi, tenaga listrik, penelitian ilmiah, kereta api dan industri lainnya.

Baca Juga:  Ini dia 4 Alat untuk Uji Kadar Air

2. OILDense Fully Automatic Oil Density Tester

ENVILFE OILDense Fully Automatic Oil Density Tester
ENVILFE OILDense

ENVILFE OILDense Fully Automatic Oil Density Tester adalah alat laboratorium untuk menguji kerapatan minyak bumi OILDense dirancang dan dibuat sesuai standar nasional GB/T 1884-2000 “Metode Uji kerapatan Minyak Bumi dan Cair (metode Densimeter)”. Penguji densitas cocok untuk menentukan densitas produk minyak bumi cair menggunakan densimeter.

3. FLASHTest-C1 Digital Closed Cup Flash Point Tester

ENVILIFE FLASHTest-C1 Digital Closed Cup Flash Point Tester
ENVILIFE FLASHTest-C1

ENVILIFE FLASHTest-C1 Digital Closed Cup Flash Point Tester adalah alat pengukur kadar air dengan pengukuran flash point atau flash point tester untuk membuat penentuan flash point pada cangkir tertutup pada produk bahan bakar. Pembuatan instrumen ini sesuai dengan metode yang ditentukan dalam GB/T261-2008 “Metode Titik Nyala Produk Minyak Bumi (Closed Cup Method)”. Setelah sampel produk minyak bumi dipanaskan dalam cangkir minyak tertutup, uap minyak dan udara sekitarnya dihasilkan. Ketika gas campuran bersentuhan dengan api untuk menghasilkan nyala api, suhu terendah dari minyak uji adalah titik nyala sampel produk minyak bumi.

4. FLASHTest-C2 Flash Point Tester

flash point tester
ENVILIFE FLASHTest-C2

ENVILIFE FLASHTest-C2 Flash Point Tester atau alat untuk menguji titik nyala bahan bakar dan api adalah alat yang dibuat dengan standar nasional GB/T261-2008 “Binsky-Martin metode cangkir tertutup untuk penentuan titik nyala” dan standar ASTM D93, diterapkan dalam minyak bumi, kimia, tenaga listrik, perlindungan lingkungan, kereta api, departemen penelitian ilmiah, dll., adalah instrumen yang ideal untuk pengujian titik nyala tertutup.

5. FLASHTest-E1 Digital Open Cup Flash Point Tester

ENVILIFE FLASHTest-E1 Digital Open Cup Flash Point Tester
ENVILIFE FLASHTest-E1

FLASHTest-E1 Digital Open Cup Flash Point Tester adalah alat penguji titik nyala Open Cup ini memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam GB/T3536-2008 “Metode Cleveland Open Cup untuk Penentuan Titik Nyala Produk Minyak Bumi”, dan berlaku untuk penentuan produk minyak bumi dan aspal dengan titik nyala cawan terbuka lebih tinggi dari 79 C° kecuali untuk bahan bakar minyak. Ini terutama terdiri dari perangkat pengapian, perangkat penyapu, perangkat pemanas dan sistem kontrol suhu.

6. FLASHTest-E2 Full Automatic Open Cup Flash Point Tester

Flash Point Tester
ENVILIFE FLASHTest-E2

FLASHTest-E2 automatic open flash ignition point meter diproduksi sesuai dengan GB267 “Metode titik ash produk minyak bumi dan pengukuran titik pengapian (metode cangkir terbuka)”, GB3536 “Metode titik api produk minyak bumi dan metode pengukuran titik api (Cleveland metode cangkir terbuka)” standar metode, Ini adalah instrumen yang ideal untuk melakukan pengujian titik nyala dalam minyak bumi, kimia, tenaga listrik, perlindungan lingkungan, kereta api, penelitian ilmiah dan bidang lainnya.

7. FLASHTest-X Full Automatic Open Cup & Closed Cup Flash Point Tester

flash point rester
ENVILIFE FLASHTest-X

ENVILIFE FLASHTest-X Full Automatic Open Cup & Closed Cup atau flash point tester adalah alat untuk menguji titik nyala bahan bakar dan api yang diproduksi sesuai dengan GB/T261-2008 “Metode cangkir tertutup Binsky-Martin untuk penentuan titik nyala”, standar ASTM D93, GB267 “Metode pengukuran titik nyala dan titik nyala produk minyak bumi (metode cangkir terbuka) dan GB3536 “Metode pengukuran titik ash produk minyak bumi dan titik pengapian (metode Cleveland cangkir terbuka)” metode standar. Ini adalah instrumen yang ideal untuk melakukan pengujian titik nyala (cangkir tertutup dan cangkir terbuka) dalam minyak bumi, kimia, listrik listrik, perlindungan lingkungan, kereta api, penelitian ilmiah dan bidang lainnya.

Baca Juga:  Toko Alat Laboratorium di Bandung

8. FP-560 Flat-Panel pH/Conductivity/Dissolved Oxygen Meter

Dissolved Oxygen Meter
ENVILIFE FP-560 Flat-Panel

ENVILIFE FP-560 adalah alat unutk Menguji kadar pH, konduktiviti dan oksigen terlarut. pH merupakan indikator tingkat asam atau basa pada air yang dinilai dengan skala 0-14. Air yang netral alias tidak basa maupun asam memiliki kandungan pH sebesar 7. Air asam memiliki pH kurang dari 7 dan air basa lebih dari 7. Setiap angka ini menggambarkan perubahan derajat asam/basa sebesar 10-kali lipat.

9. i-OCTAN-E Intelligent Portable Octane Meter

ENVILIFE i-OCTAN-E Intelligent Portable Octane Meter
ENVILIFE i-OCTAN-E

Oktan meter ini dapat mendeteksi nilai oktan bensin dan heksadekana diesel secara bersamaan, mesin untuk kedua tujuan

i-OCTAN-E adalah generasi terbaru dari alat ukur oktan dan heksadekana. Ini mengadopsi prinsip-prinsip pengukuran lanjutan internasional, dirancang sesuai dengan keragaman minyak domestik, mengisi berbagai kesenjangan deteksi minyak.

i-OCTAN-E lebih presisi, lebih cepat dalam mendeteksi nilai oktan minyak dan heksadekana, tampilan digital bahasa Inggris, penyimpanan data berkapasitas tinggi dan mencetak nilai terukur secara langsung, desain halaman sederhana, pengoperasian yang mudah digunakan, menggunakan impor wajib dan chip, sensor menggunakan desain paduan tertutup, dapat diisi ulang dalam waktu lama, dapat diterapkan di lokasi kerja, lapangan, dan pekerjaan laboratorium.

10. MOISTest-1 Alat Penguji Kadar Air dengan Digital Karl Fischer

Alat Penguji Kadar Air
ENVILIFE MOISTest-1

MOISTest 1 alat Penguji kadar air ini mengadopsi metode pengujian kelembaban klasik yang diakui secara global – Metode Koulometri Karl Fischer yang merupakan metode paling akurat dengan biaya rendah. Dengan standar universal dan metode analisis, dapat dengan cepat menganalisis kadar air dalam cairan, padat dan gas dan langsung menampilkan hasil pengujian, dengan rentang pengujian dari 0,0001% (1ppm) hingga 100%. Oleh karena itu, metode pengujian ini telah banyak digunakan di institusi dan perusahaan perminyakan, industri kimia, listrik, farmasi, pestisida, kereta api, penelitian, dll.

Seluruh proses pengujian secara otomatis dikendalikan oleh penguji ini sendiri. Pengadukan dan analisis otomatisnya akan selesai dalam waktu 60 detik, dan hasilnya akan ditampilkan secara langsung. Sistem titrasi tertutup total menghindari kerusakan operator dari reagen. Dilengkapi dengan Reagen Karl Fischer 500ml, yang dapat menguji sekitar 1000 kali sampel secara terus menerus, sepenuhnya menghindari penyimpangan besar dari metode pengujian kelembaban lainnya dan dengan demikian meningkatkan indeks kualitas produk.

Nah itulah salah satu contoh alat alat laboratorium yang saya jelaskan, dan bagi anda yang membutuhkan alat tersebut kebetulan kami menjual alat alat tersebut yang bisa anda tanyakan langsung kepada kami untuk informasi terkait info harga dan penawaran secara khusus dari kami. Untuk itu silahkan hubungi kami lewat tombol dibawah ini.

Dari penejalasan diatas semoga artikel ini dapat membantu anda supaya lebih paham dan tahu tentang alat laboratprium. Terimakasih.

Postingan Terbaru

Hubungi Kami

Segera hubungi kami  sekarang juga dengan mengisi formulir berikut atau menghubungi kami melalui informasi kontak berikut:

+6281122333718

info@envilife.co.id

Jl. Sanggar Kencana Utama No.9, Jatisari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286

10 + 5 =

Indonesia Website Awards