Cara Menggunakan Alat PH-813 PH/Conductivity Meter

oleh | Alat Uji Lingkungan, Instrument Laboratorium

5/5 - (1 vote)

ENVILIFE, Hallo teman-teman sahabat envilife disini admin akan memberikan informasi kepada anda mengenai tentang cara penggunaan alat yang bernama ENVILIFE PH-813 PH/Conductivity Meter, untuk itu langsung saja ke cara penggunaannya yang bisa anda lihat berikut ini.

PH/Conductivity Meter

Penjelasan awal mengenai alat PH/Conductivity Meter

Sebelum menggunakan meteran ini, harap baca manual pengoperasian dengan cermat untuk membantu menggunakan dan memeliharanya dengan benar. Atas dasar peningkatan instrumen kinerja secara terus-menerus, kami berhak mengubah konten manual dan aksesori ini jika tidak memberi tahu sebelumnya.

Meteran ini adalah kombinasi sempurna dengan teknologi elektronik, teknologi sensor, dan desain perangkat lunak tercanggih. Meteran dapat mengukur parameter pH/konduktivitas dan suhu untuk larutan air dengan akurasi tinggi. Ini adalah pengukur pH/konduktivitas portabel terbaik dengan kinerja tertinggi dan biaya terendah. Sangat cocok untuk perdagangan seperti industri pertambangan, pembangkit listrik, proyek pengolahan air dan perlindungan lingkungan, dll.

Built-in chip mikroprosesor ARM32 bit, penampilan yang indah, multi-fungsional dan mudah digunakan, alat PH-813 PH/Conductivity Meter ini memiliki fitur keunggulan berikut:

  1. Chip mikroprosesor internal, dengan fungsi cerdas kalibrasi otomatis, kompensasi suhu otomatis/manual, penyimpanan data, beberapa pengaturan fungsi.
  2. Mengadopsi filter digital dan teknologi selip langkah untuk secara cerdas meningkatkan kecepatan respons dan akurasi hasil meteran.
  3. Elektroda pengukur pH baru dan elektroda suhu digunakan untuk membuat model pengukuran pH memiliki kompensasi suhu otomatis dan fungsi kompensasi amonia manual. Lebih nyaman digunakan, lebih akurat dan lebih akurat, elektroda konduktivitas listrik baru dan elektroda suhu digunakan secara bersamaan. Model pengukuran konduktivitas listrik memiliki suhu otomatis 3 fungsi kompensasi, dan juga dapat mengukur RES, TDS, dan juga dapat digunakan. SALebih nyaman digunakan dan lebih akurat.
  4. Kalibrasi PH dapat secara otomatis mengidentifikasi 15 jenis larutan buffer. Ada tiga larutan buffer standar: seri Eropa dan Amerika, seri NIST dan seri China, dapat dikalibrasi pada satu titik, dua titik, dan tiga titik, dan secara otomatis mengidentifikasi 8 solusi kalibrasi konduktivitas saat konduktivitas listrik dikalibrasi. Ada dua jenis cairan standar: seri Eropa dan Amerika dan seri Cina. Metode kalibrasi titik nyaman untuk dipilih oleh pelanggan.
  5. Papan sirkuit meter mengadopsi teknologi penutup film SMT untuk meningkatkan keandalan produksi meter.
  6. Mengadopsi 1024*600 resolusi tinggi 7 inci TFT layar LCD warna, layar sentuh kapasitif, dan beroperasi lebih sensitif.
  7. Meteran memiliki fungsi Bluetooth nirkabel dan dapat terhubung ke printer Bluetooth nirkabel atau terhubung ke APLIKASI ponsel.
  8. Meteran tahan debu dan tahan air memenuhi peringkat IP57.

Parameter teknis alat PH/Conductivity Meter

Berikut ini adalah beberapa nilai parameter teknis untuk alat PH/Conductivity Meter tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. pH

Measuring range(-2.00 – 19.999) pH
Resolution0.1/0.01 pH
AccuracyMeter:±0.002pH; Complete Kit: ±0.01pH
Input current≤1×10-12 A
Input impendance≥3×1012 Ω
Stability±0.01 pH/3h
Temp. Compensation range(0 – 100) ℃ (auto/manual)

2. mV

Measuring range (mV/ORP/EH)-1999.9 mV – 0 – 1999.9mV
Resolution0.1mV
AccuracyMeter:±0.3% FS

3. Conductivity

 Measuring rangeConductivity:(0.00 – 19.99)μS/cm (20.0 – 199.9)μS/cm(200 – 1999)μS/cm (2.00 – 19.99) mS/cm(20.0 – 199.9) mS/cmTDS: (0 – 100) g/LSalinity : (0 – 100) pptResistivity: (0 – 100) MΩ·cm
Resolution0.01/0.1/1μS/cm 0.01/0.1 mS/cm
AccuracyMeter:±0.5% FS, connect meter with electrode:±1.0% FS
Temp. compensation range(0 – 100) ℃ (manual / auto)
Electrode constant0.1 / 1 / 10 cm-1
Benchmark temperature25℃, 20℃and 18℃

4. Parameter Teknis lainnya

Data storage300 groups
Storage contentdate, measuring value, measuring unit andtemperature,
PowerDC12V/1A
Size and weightMeter: (165×90×32)mm/310g
Quality and safety certificationISO9001:2000, CE and CMC

5. Situasi kerja

Environment temperature5 – 35 ℃ (0.01 grade)
Environmental humidity≤85%
IP ratingIP54 Dustproof and waterproof

Instruksi Penggunaan PH-813 PH/Conductivity Meter

Nah lalu lihat berikut ini instruksi untuk penggunaan alatnya, untuk lebih jelaskan silahkan perhatikan pembahasan berikut ini:

1. Tampilan Antarmuka Utama

Tampilan Antarmuka Utama PH/Conductivity Meter
  • Setting (dengan menyetel kunci, seperti pada diagram berikut)
Setting
  1. Pengaturan waktu: mengatur menu tanggal dan waktu, memodifikasi waktu jam saat ini; mengatur tampilan sesuai dengan waktu, seperti gambar berikut, mengubah tanggal setelah panah di belakang tanggal dan waktu, dengan menentukan tanggal dan waktu untuk menyimpan tanggal yang dimodifikasi, dengan membatalkan.
PH/Conductivity Meter
  1. Pengaturan bahasa: Pengaturan bahasa Cina dan Inggris; atur tampilan dalam bahasa seperti di bawah ini, pilih CH atau EN sesuai dengan antarmuka tampilan yang diperlukan, dengan menentukan pengaturan penyimpanan, dengan pembatalan.
PH/Conductivity Meter
  1. Penyesuaian kecerahan: sesuaikan kecerahan lampu latar LCD sesuai dengan penyesuaian kecerahan, seperti yang ditunjukkan di bawah ini, seret pembatas untuk mengatur kecerahan, tekan pengaturan simpan konfirmasi untuk membatalkan pengembalian.
PH/Conductivity Meter
  1. Satuan suhu: Celcius atau opsional (default); sesuai dengan unit suhu yang ditampilkan sebagai gambar berikut, pilih unit untuk mengkompensasi suhu unit C atau untuk menentukan pengaturan penyimpanan, sesuai dengan pengembalian pembatalan.
PH/Conductivity Meter
  1. Pengaturan Bluetooth: sambungkan ke printer Bluetooth atau APLIKASI ponsel. Menurut pengaturan Bluetooth, Anda dapat memilih untuk menghubungkan printer Bluetooth atau APLIKASI telepon, masukkan kode otorisasi, tekan konfirmasi simpan pengaturan, tekan batal untuk kembali.
PH/Conductivity Meter
  1. Keluar dari pengaturan: kembali ke antarmuka utama setelah menekan pengaturan keluar.
  • Penjelasan tentang informasi alat

Tampilkan informasi tentang perangkat keras dan versi perangkat lunak seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

PH/Conductivity Meter
  • Pencetakan

Cetak parameter pengukuran saat ini sesuai dengan pengukuran.

  • Sleep

Matikan tampilan lampu latar LCD sesuai perangkat tidur dan masukkan status siaga tidur seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

PH/Conductivity Meter

2. Tampilan antarmuka PH: (pada antarmuka utama instrumen yang ditampilkan oleh PH seperti yang ditunjukkan di bawah ini)

PH/Conductivity Meter
  • Menampilkan deskripsi antarmuka
  1. Antarmuka tampilan data pengukuran PH;
  2. Antarmuka tampilan data pengukuran MV;
  3. Mengukur suhu menunjukkan bahwa “A” berarti otomatis, dan “M” berarti operasi manual.
  4. Indikator kalibrasi larutan buffer standar;
  5. Indikator keadaan elektroda.
  6. Tanda peralatan penyimpanan
  7. Tanda stabilitas
  • Pengaturan: masuk ke menu pengaturan seperti yang diatur oleh pengaturan
Pengaturan: masuk ke menu pengaturan seperti yang diatur oleh pengaturan PH/Conductivity Meter
  1. Menambahkan kompensasi amonia: “tidak ada kompensasi”, “kompensasi air murni”, “kompensasi amonia” tiga mode; sesuai dengan penambahan kompensasi amonia ke dalam diagram berikut, sesuai dengan penentuan pengaturan penyimpanan, dengan pembatalan kembali.
PH/Conductivity Meter
  1. Rekam kosong: mengosongkan penyimpanan semua data saat ini. Hapus entri sesuai dengan catatan, kosongkan catatan penyimpanan yang kosong, dan batalkan pengembalian.
PH/Conductivity Meter
  1. Sumber suhu: dua mode “otomatis” dan “manual”; sesuai dengan sumber suhu, seperti diagram berikut, pemilihan atau secara otomatis tekan set untuk menyimpan, dengan pembatalan kembali.
PH/Conductivity Meter
  1. Seri cairan standar: cairan kalibrasi standar, seri “standar nasional”, “NIST” dan “Eropa dan Amerika”; sesuai dengan rangkaian cairan standar, seperti diagram berikut, standar pemilihan ditentukan untuk menyimpan pengaturan dan dikembalikan dengan pembatalan.
PH/Conductivity Meter
  1. Resolusi: 0.1pH dan 0.01pH; sesuai dengan resolusi, pilih resolusi yang sesuai seperti gambar di bawah ini, tekan konfirmasi simpan pengaturan dan batalkan pengembalian.
PH/Conductivity Meter
  1. Suhu manual: pengaturan suhu manual;
  2. Lanjutkan pabrik: pulihkan pengaturan pabrik, hapus semua catatan;
  3. Ekspor data: simpan data ke dalam disk U.
  4. Quit Setup: kembali ke antarmuka pengujian dengan menekan pengaturan keluar.
  • Pertanyaan

Menanyakan semua data yang disimpan saat ini, termasuk informasi, mode, suhu, dan tanggal penyimpanan. Sesuai dengan kueri, tampilkan halaman berikut, tekan halaman sebelumnya, putar halaman berikutnya, hapus data dengan menghapus, dan keluar sesuai dengan pintu keluar.

PH/Conductivity Meter
  • Kalibrasi

Menggunakan cairan kalibrasi standar untuk mengkalibrasi elektroda, instrumen dapat dikalibrasi pada satu titik, dua titik dan tiga titik tiga jenis. Ketika pengguna dikalibrasi, itu dapat dikalibrasi kapan saja. Tidak ada pesanan yang dibutuhkan. Setelah kalibrasi, nilai standar larutan yang dikalibrasi akan ditampilkan di sisi kanan untuk memudahkan pandangan pelanggan.

  • Kelestarian

Simpan nilai pengukuran saat ini, termasuk informasi tentang pengukuran, mode, suhu, dan tanggal penyimpanan.

  • Pencetakan

Untuk mencetak data pengukuran saat ini, instrumen dapat menghubungkan printer nirkabel Bluetooth. Sebelum mencetak, Anda perlu mengatur Bluetooth sebagai mode printer (default adalah mode printer) dalam pengaturan sistem, buka daya printer, printer dekat dengan perangkat, dan langsung klik tombol “cetak” untuk mencetak nilai pengukuran saat ini.

3. Tampilan antarmuka COND: (pada antarmuka utama instrumen yang ditampilkan oleh COND, seperti yang ditunjukkan di bawah ini)

PH/Conductivity Meter
  • Tampilan antarmuka deskripsi
  1. Antarmuka tampilan data pengukuran;
  2. Pilihan mode, “COND”, “RES”, “TDS” dan “SAL” adalah empat mode.
  3. Mengukur suhu menunjukkan bahwa “A” berarti otomatis, dan “M” berarti operasi manual.
  4. Pengaturan konstanta elektroda (default 1),
  5. Pengaturan koefisien TDS (default 0,50).
  6. Tanda peralatan penyimpanan
  7. Tanda stabilitas
  • Pengaturan: masuk ke menu pengaturan seperti yang diatur oleh pengaturan
PH/Conductivity Meter
  1. Suhu referensi: “18 derajat”, “20 derajat”, “25 derajat”, tiga mode; pada suhu dasar, masukkan diagram berikut, pilih suhu referensi yang sesuai untuk menentukan pengaturan penyimpanan, dengan membatalkan pengembalian.
PH/Conductivity Meter
  1. Rekam kosong: mengosongkan semua data yang tersimpan. Hapus entri sesuai dengan catatan, kosongkan catatan penyimpanan yang kosong, dan batalkan pengembalian.
PH/Conductivity Meter
  1. Sumber suhu: dua mode “otomatis” dan “manual”; sesuai dengan sumber suhu, seperti diagram berikut, pemilihan atau secara otomatis tekan set untuk menyimpan, dengan pembatalan kembali.
PH/Conductivity Meter
  1. Seri cairan standar: cairan kalibrasi standar, “standar nasional”, dan seri “Eropa dan Amerika”; sesuai dengan rangkaian cairan standar, seperti bagan berikut, standar pemilihan ditentukan untuk menyimpan pengaturan dan dikembalikan dengan pembatalan.
PH/Conductivity Meter
  1. Koefisien kompensasi suhu: masukkan nilai yang akan dikompensasikan sesuai dengan koefisien kompensasi suhu (0,00-9,99%).
  2. suhu manual: pengaturan suhu manual pada 0,0-99,9 C;
  3. melanjutkan pabrik: mengembalikan pengaturan pabrik, menghapus semua catatan;
  4. ekspor data: simpan data ke dalam disk U.
  5. quit Setup: kembali ke antarmuka pengujian dengan menekan pengaturan keluar.
  • Menanyakan

Menanyakan semua data yang disimpan saat ini, termasuk informasi, mode, suhu, dan tanggal penyimpanan. Sesuai dengan kueri, tampilkan halaman berikut, tekan halaman sebelumnya, putar halaman berikutnya, hapus data dengan menghapus, dan keluar sesuai dengan pintu keluar.

PH/Conductivity Meter
  • Kalibrasi

Cairan kalibrasi standar digunakan untuk mengkalibrasi elektroda, elektroda dimasukkan ke dalam larutan standar, simbol stabil diatur dari merah menjadi hijau, dan elektroda baru telah dikalibrasi ketika dibatalkan dan elektroda baru ada di pabrik. Nilai konstannya ditandai pada elektroda, dan kalibrasi tidak diperlukan lagi, dan elektroda input langsung sering digunakan. Nilai tersebut dapat digunakan sebagai diagram berikut.

PH/Conductivity Meter
  • Kelestarian

Simpan dan simpan nilai pengukuran saat ini, termasuk nilai pengukuran, mode, nilai suhu, dan tanggal penyimpanan.

  • Pencetakan

Dengan mencetak dan mencetak data pengukuran saat ini, instrumen dapat menghubungkan printer nirkabel Bluetooth. Sebelum mencetak, perlu mengatur Bluetooth sebagai mode printer di pengaturan sistem (default adalah mode printer), buka daya printer, jarak dari printer ke perangkat sedekat mungkin, dan langsung klik tombol ” print” untuk mencetak arus. Nilai yang diukur.

4. Pelestarian informasi pengukuran, kueri, dan hapus

  • Simpan informasi pengukuran

Dalam mode pengukuran, ketika nilai terukur stabil, simbol stabilitas sudut kanan atas berubah dari merah menjadi merah.

Untuk warna hijau, tekan tombol Simpan untuk menyimpan nilai pengukuran saat ini. Instrumen ini dapat menyimpan 300 set angka.

  • Informasi pengukuran kueri

Dalam mode pengukuran, klik tombol “kueri” untuk menanyakan data yang disimpan, dan informasi data berisi nilai pengukuran, mode, nilai suhu, dan tanggal penyimpanan.

Mendukung fungsi flip halaman, setiap halaman berisi 8 data yang disimpan, tekan “halaman terakhir” atau “bawah”.

  • Menghapus informasi pengukuran yang tersimpan

Dalam mode kueri data, klik tombol hapus untuk mengonfirmasi apakah sistem telah dihapus. Semua catatan dapat dihapus lagi dengan mengklik “konfirmasi”.

Pengukuran pH

1. Mengukur pH

  • Nyalakan daya DC12V/1A dan tekan tombol “pH” di antarmuka utama untuk masuk ke antarmuka pengukuran pH.
  • Periksa elektroda komposit E-201-9, periksa apakah kaca elektroda komposit PH tetap lembab. Jika gelembung kaca rusak, elektroda tidak akan digunakan dengan benar. Permukaan bohlam terlalu kering. Perlu direndam dalam larutan kalium klorida jenuh selama 24 jam, kemudian diaktifkan, dan kemudian digunakan.
  • Masukkan elektroda komposit PH dan elektroda suhu ke antarmuka yang sesuai.

2. Kalibrasi Meter

  • Pemilihan cairan kalibrasi standar
  1. Pilih “seri solusi standar” di menu pengaturan. Ketiga seri tersebut dipilih sebagai berikut.
PH/Conductivity Meter

Tiga seri nilai larutan buffer standar:

CH (Seri China)::1,68 pH, 4,00 pH, 6,86 pH,9,18 pH, 12,46pH NIS (Seri NIST): 1,68 pH, 4,01 pH, 6,86 pH,9,18 pH, 12,45pH
AS (Seri Eropa dan Amerika): 1,68 pH, 4,01 pH, 7,00pH,10,01pH, 12,45pH
  1. Setelah standar dipilih, masuk ke mode kalibrasi sesuai dengan tombol “kalibrasi” (seperti yang ditunjukkan di bawah).
PH/Conductivity Meter

Langkah-langkah kalibrasi khusus ditunjukkan dalam instruksi kalibrasi berikut.

  • Deskripsi kalibrasi
  1. Instrumen dapat dikalibrasi secara otomatis pada satu titik, dua atau tiga titik. Ketika kalibrasi pertama selesai, mode kalibrasi ditarik keluar dan mode kalibrasi dimasukkan. Area tampilan kanan akan menunjukkan nilai cairan standar yang dikalibrasi. Ketika akurasi pengukuran kurang dari + 0,1pH, larutan buffer dipilih sesuai dengan rentang pengukuran. Kalibrasi titik OK.
  2. Ketika kalibrasi titik kedua selesai, tekan “Batal” untuk keluar dari mode kalibrasi dan masuk. Dalam mode pengukuran, area tampilan kanan menunjukkan nilai cairan standar yang dikalibrasi, nilai yang diukur hanya dalam kisaran asam, dan kalibrasi pH4.00 dan pH6.86 dapat dipilih; jika pengukuran hanya dalam rentang basa, kalibrasi pH6.86 dan pH9.18 dapat dipilih.
  3. Jika rentang pengukuran lebar, atau elektroda pH memiliki waktu penuaan yang lama, kalibrasi tiga titik harus dipilih, yang akan membuat akurasi pengukuran lebih tinggi. Namun, elektroda pH yang digunakan untuk pertama kali harus dikalibrasi pada tiga titik, dan kemiringan instrumen penyetel konsisten dengan kemiringan pH elektroda.

3. Tes Solusi PH

Celupkan elektroda pH ke dalam larutan sampel setelah dicuci dan dikeringkan, goyangkan dudukan elektroda dan diamkan. Ketika nilai terukur stabil dan menampilkan ikon stabil hijau, nilai yang terbaca adalah nilai pH larutan.

Catatan:

Menurut teori pengukuran suhu sama pH: semakin dekat suhu larutan sampel dengan larutan kalibrasi, semakin akurat nilai pengukuran yang akan diperoleh. Jadi tolong patuhi teori ini.

4. Pertimbangan

  • Kalibrasi meter bergantung pada sampel, kinerja elektroda, dan akurasi yang diperlukan. Untuk pengukuran akurasi tinggi ( ±0,02pH), yang harus segera dikalibrasi dengan larutan buffer standar akurasi tinggi, untuk pengukuran akurasi umum ( ±0,1pH), yang dapat digunakan hampir satu minggu atau lama sekali dikalibrasi.
  • Meter harus dikalibrasi ulang dalam situasi berikut:
    1. Elektroda baru yang diganti atau tidak digunakan untuk waktu yang lama;
    2. Setelah mengukur larutan asam (pH<2) atau basa (pH>12);
    3. Setelah mengukur larutan yang mengandung fluorida dan larutan organik pekat;
    4. Suhu larutan jauh berbeda dengan suhu kalibrasi.
  • Solusi perendaman dalam botol pelindung elektroda pH depan adalah untuk menjaga agar bohlam kaca dan sambungan tetap aktif. Longgarkan kapsul, cabut elektroda dan cuci dengan air murni sebelum mengukur. Masukkan elektroda dan kencangkan kapsul setelah mengukur untuk mencegah larutan bocor. Jika larutan perendaman keruh atau berjamur, segera cuci dan ganti yang baru.
  • Pembuatan larutan perendaman: ambil 25g KCL murni analitis, dilarutkan dengan air murni dan encerkan hingga 100mL. Elektroda harus menghindari perendaman dalam larutan protein air murni dan larutan asam fluorida untuk waktu yang lama serta menghindari bersentuhan dengan bahan organik silikon lipidic.
  • Untuk mengkalibrasi alat pengukur dengan nilai pH larutan penyangga yang diberikan, nilai pH larutan penyangga standar harus dapat diandalkan sehingga dapat meningkatkan akurasi. Solusi buffer harus diubah dalam waktu setelah berkali-kali menggunakan.
  • Selalu jaga agar meteran tetap bersih dan kering; terutama untuk soket meteran dan elektroda, selain itu dapat menyebabkan pengukuran yang tidak akurat atau ketidakabsahan. Untuk membersihkan dan mengeringkannya dengan kapas medis dengan alkohol dehidrasi jika ada yang kotor.
  • Bola kaca sensitif di depan elektroda kombinasi tidak boleh bersentuhan dengan benda keras, setiap pecah dan kasar akan membuat elektroda tidak valid. Sebelum dan sesudah pengukuran, elektroda harus dicuci dengan air murni, dan elektroda kering setelah dicuci, jangan bersihkan bola kaca dengan tisu karena akan mempengaruhi stabilitas potensial elektroda dan memperbesar waktu respons. Elektroda harus dicuci berkali-kali untuk menghilangkan sampel yang menempel pada elektroda, atau dicuci dengan pelarut yang sesuai kemudian bersihkan pelarut dengan air murni setelah mengukur sampel yang lengket.
  • Penggunaan elektroda dalam waktu lama, atau larutan terukur yang mengandung zat terlarut yang mudah mencemari bola lampu yang sensitif, atau zat yang mengakibatkan kemacetan pada sambungan, elektroda akan dipasifkan, sensitivitasnya akan menurun dan respon semakin lambat, pembacaan tidak benar. Itu bisa mengadopsi metode berikut untuk berbagai kasus:
    1. Bohlam kaca terkontaminasi dan menua: Masukkan elektroda ke dalam 0,1mol/L asam klorida encer (Persiapan: encerkan 9mL asam klorida menjadi 1000mL dengan air murni) selama 24 jam. Bilas dengan air murni, lalu celupkan ke dalam larutan pencelup elektroda selama 24 jam. Jika pasivasi serius, maka pengguna juga dapat memasukkan bohlam elektroda ke dalam 4% HF (asam fluorida) atau larutan pengaktifan elektroda selama 3 hingga 5 detik, membilasnya dengan air murni, dan mencelupkannya ke dalam larutan perendaman elektroda selama 24 jam untuk memperbaruinya.
    2. Cuci untuk bohlam dan sambungan kaca yang terkontaminasi: (Untuk referensi)
PH/Conductivity Meter
  • pH elektroda menggunakan periode sekitar 1 tahun, tetapi umurnya akan dipersingkat jika menggunakan kondisi yang buruk atau perawatan yang salah. Jadi harus segera diganti setelah elektroda menjadi tua atau tidak valid.
  • Ketika meteran tidak normal, harap kembalikan perangkat ke pengaturan pabrik, lalu kalibrasi dan uji.

Pengukuran mV

  1. Nyalakan daya DC12V/1A dan tekan tombol “pH” di antarmuka utama untuk masuk ke antarmuka pengukuran pH.
  2. Terhubung ke elektroda komposit ORP atau elektroda komposit ion. Cuci dan keringkan, rendam dalam larutan yang diuji, aduk sedikit, lalu letakkan diam. Ketika ikon indikator stabilitas hijau stabil dan ditampilkan, pengukuran saat ini ditampilkan di area tampilan mV.
  3. Ketika mV diukur, pelanggan hanya perlu membaca nilai di area tampilan mV, dan nilai tampilan di area tampilan pH. Dapat diabaikan dan hanya membaca nilai tampilan mV.

Pengukuran Konduktivitasa

1. Pekerjaan Persiapan

  • Nyalakan catu daya DC12V dan tekan tombol “COND” untuk memilih mode pengukuran konduktivitas.
  • Periksa apakah potongan ploe elektroda konduktivitas DJS-1.0 masih utuh. Jika kaca bagian tiang elektroda rusak, konduktivitas elektroda bagian tiang berkarat akan menyebabkan elektroda tidak dapat digunakan secara normal, jadi kita harus mengganti elektroda baru.
  • Hubungkan elektroda konduktivitas DJS-1 dan elektroda suhu ke dalam meteran.

2. Kalibrasi Meter (Metode kalibrasi larutan standar)

Menurut tombol “kalibrasi”, masuk ke mode kalibrasi, bersihkan elektroda konduktansi DJS-1 dengan air murni dan buang hingga kering, rendam dalam larutan kalibrasi 1408 s/cm dengan elektroda suhu, aduk saat istirahat, tunggu stabilitas , klik “konfirmasi”, lalu tampilkan nilai standar larutan kalibrasi saat ini, 1408 mu s/cm, lalu konfirmasikan konfirmasi lagi. Hasil kalibrasi, kalibrasi selesai, keluar dari mode kalibrasi, masuk ke mode pengukuran.

Setelah kalibrasi, nilai normal dari elektroda kalibrasi saat ini akan ditampilkan di sisi kanan area tampilan.

Catatan:

(a) Meteran telah dikalibrasi sebelum meninggalkan pabrik, sehingga umumnya pengguna dapat langsung menggunakannya.
(b) Metode larutan standar ditujukan untuk penggunaan elektroda konduktansi dalam waktu lama, yang menyebabkan ketidakakuratan konstanta konduktansi. Elektroda onduktansi baru telah dikalibrasi sebelum dilepaskan. Konstantanya ditandai pada elektroda dan konstanta masukan sebelum digunakan.

3. Uji solusi konduktivitas

  • Bersihkan dan keringkan elektroda konduktansi, masukkan ke dalam larutan dengan elektroda suhu, aduk diam, tunggu data stabil, dan baca datanya, yaitu pengukuran konduktivitas larutan.
  • Klik “MODE” atau “ke” di area “MODE”, yang dapat menampilkan nilai konduktivitas, nilai resistivitas, nilai salinitas, dan nilai salinitas.

4. Pernyataan Penting

  • Meteran ini dibangun di bawah dua jenis seri solusi kalibrasi,
PH/Conductivity Meter

(Seri Eropa & A.S.) — 84μS/cm, 1413μS/cm, 12,88 mS/cm, dan 111,9 mS/cm

PH/Conductivity Meter

(Seri China) — 146,6μS/cm, 1408μS/cm, 12,85mS/cm, dan 111,3 mS/cm

  • Pengukur ini memiliki fungsi kalibrasi satu titik yang unik, untuk memilih satu larutan kalibrasi berdasarkan prinsip sampel air dan konduktivitas larutan kalibrasi sedekat mungkin, secara umum larutan kalibrasi yang paling umum adalah 1408 S/cm. Gunakan elektroda konduktivitas DJS-1 yang dilengkapi (K=1), dan lakukan kalibrasi dengan larutan kalibrasi 1408 S/cm, dapat digunakan dalam kisaran kurang dari 100 mS/cm. Silakan pilih lihat grafik diabawah ini.
PH/Conductivity Meter
  • Ada dua macam metode yaitu metode kalibrasi larutan standar dan metode kalibrasi konstan untuk kalibrasi elektroda konduktivitas yang telah ditetapkan dalam meter, pernyataan pada butir 2.“kalibrasi elektroda” adalah metode kalibrasi standar, dan bila akurasi solusi standar akurat maka menyarankan metode kalibrasi solusi standar adalah prioritas yang dipilih, dapat memastikan akurasi terbaik. Jika pengguna digunakan untuk menggunakan metode kalibrasi konstan, dapat diatur sesuai dengan konstanta pada elektroda konduktansi, produsen elektroda konduktansi baru telah standar akurat, pelanggan dapat digunakan dengan mudah, seperti tidak ada penggunaan atau pengotoran jangka panjang. Untuk memastikan akurasi, pertama bersihkan elektroda dan kemudian kalibrasi larutan standar.)
  • Koefisien kompensasi suhu dari pengaturan meteran adalah 2,00%/℃ oleh produsen. Namun, koefisien suhu konduktivitas berbeda untuk larutan dengan variasi dan konsentrasi yang berbeda, pengguna dapat merujuk grafik (6-2), serta data yang mereka dapatkan dalam percobaan, untuk diatur dalam pengaturan parameter pengaturan parameter. Pada saat yang sama, meter akan melakukan kompensasi suhu non-linier otomatis di air murni tinggi yang kurang dari 10 S / cm.

Catatan:

Ketika koefisien kompensasi suhu diatur ke 0,00, yaitu, tidak ada kompensasi suhu saat pengujian, nilai pengukuran berdasarkan suhu saat ini.
SolutionTemperature compensation coefficient
NaCl salt solution2.12%/℃
5%NaOH solution1.72%/℃
Dilute ammonia solution1.88%/℃
10% hydrochroric acid solution1.32%/℃
5% sulfuric acid solution0.96%/℃

5. Pertimbangan

  1. Elektroda konduktivitas telah dikalibrasi sebelum meter meninggalkan pabrik, nilai konstannya ditandai pada elektroda, pengguna dapat langsung mengatur nilai konstan, penggunaan langsung tanpa kalibrasi.
  2. Merekomendasikan kalibrasi satu kali setiap bulan dalam keadaan normal; Penggunaan elektroda konduktansi setelah jangka waktu tertentu juga perlu dikalibrasi satu kali.
  3. Menjaga elektroda konduktivitas bersih dan mencucinya dengan air murni, lalu membuang air di atasnya sebelum dan sesudah pengujian. Lebih baik membilas elektroda dengan larutan sampel;
  4. Permukaan elektroda konduktivitas hitam platinum seri DJS dilapisi dengan lapisan logam platinum hitam untuk digunakan sebagai menurunkan polarisasi elektroda, memperbesar rentang pengukuran, sehingga tidak dapat memoles permukaan platinum hitam, hanya dapat mencucinya dengan air gemetar, jika terjadi kerusakan pada lapisan hitam platinum; untuk benda-benda bernoda organik dapat dicuci dengan air panas dengan deterjen atau alkohol.
  5. Konduktivitas elektroda sebelum digunakan dapat direndam dalam air murni, untuk mencegah platina hitam dari pasivasi, jika ditemukan platina hitam elektroda tidak valid, dapat merendamnya ke dalam 10% larutan asam nitrat atau 10% asam klorida selama 2 menit , lalu bilas dengan air murni dan uji lagi. Jika situasinya tidak membaik, maka perlu mengganti platinum hitam, atau mengganti elektroda konduktivitas baru.
  6. Ketika meteran tidak normal, harap atur instrumen untuk mengembalikan pengaturan pabrik, lalu kalibrasi dan uji.

Naha itulah pembahasan mengenai cara menggunakan PH/Conductivity Meter yang dapat admin sampaikan untuk anda, semoga artikel ini dapat membantu anda, dan jika anda ingin membeli alat tersebut anda bisa mengunjungi halaman berikut dengan klik disini

Bagikan ke:

Minta Penawaran Harga dan Spesifikasi

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait informasi penawaran harga dan spesifikasi secara lengkap silahkan isi Formulir berikut ini :


Postingan Terbaru

Hubungi Kami

Segera hubungi kami  sekarang juga dengan mengisi formulir berikut atau menghubungi kami melalui informasi kontak berikut:

6281222418207

info@envilife.co.id

Jl. Sanggar Kencana Utama No.9, Jatisari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286


Hubungi Admin dibawah ini untuk mendapatkan penawaran Harga & Spesifikasi lengkap!
//
Admin
081222418207
"Anda akan dialihkan ke WhatsApp dan terhubung dengan Admin. Lihat Informasi kontak lainnya."
Hubungi Kami!