Cara Menggunakan Drying Oven & Incubator Laboratorium

oleh | Instrument Laboratorium

5/5 - (1 vote)

ENVILIFE, Hallo sahabat Envilife, di artikel ini admin akan memberikan informasi kepada anda tentang bagaimana cara mengoperasikan alat laboratorium yang bernama Drying Oven & Incubator. Untuk itu silahkan perhatikan berikut ini langkah demi langkahnya secra seksama.

Drying Oven & Incubator
Drying Oven & Incubator

Drying Oven & Incubator

1. Pengantar

Oven / inkubator Pengeringan GP baru banyak digunakan di laboratorium perusahaan industri, lembaga penelitian ilmiah, perguruan tinggi dan unit kesehatan dan obat-obatan untuk mengeringkan, memanggang, melelehkan, mensterilkan dan menyembuhkan dll.

2. Karakteristik

Peralatan ini berfungsi ganda sebagai oven pengering dan inkubator.

  1. Eksterior penyemprotan elektrostatik baja cold rolling berkualitas tinggi memastikan estetika dan umur panjang produk.
  2. ruang kerja baja tahan karat; transisi setengah lingkaran empat persegi; pelat lateral saluran udara dan penutup pemanas bawah mudah dipasang dan dibongkar untuk pembersihan yang nyaman.
  3. Pengontrol suhu cerdas kristal cair layar biru dengan fungsi pengaturan suhu, tampilan digital kecerahan tinggi, perlindungan suhu berlebih dan pengaturan waktu.
  4. Pemanas dan kipas yang terstruktur dengan baik; cerobong asap canggih; Sirkulasi angin sepoi-sepoi mencegah spesimen bubuk tertiup angin.
  5. Alarm pembatas suhu independen, yang dapat mewujudkan sakelar otomatis dengan pengontrol suhu; lebih dari alarm suhu.
  6. Pintu kunci gesper yang dapat disesuaikan kedap udara untuk memastikan sealability yang baik.
  7. Fungsi pengeringan dan kultur dapat dialihkan secara bebas agar mudah digunakan

Aksesoris opsional:

  • RS485/232 antarmuka, yang dapat dihubungkan dengan komputer dengan perangkat lunak komputer utama untuk mengontrol suhu; nyaman untuk mengontrol sakelar penghenti.
  • Micro type printer, yang dapat terus menerus mencetak catatan suhu mesin yang sedang berjalan.
  • Sistem alarm pemadaman listrik independen untuk membantu pengguna memproses sampel dengan segera.

3. Kondisi kerja

Oven pengering bekerja di bawah kondisi berikut:

  1. Suhu berkisar antara 5 ~ 40℃;
  2. Kelembaban relatif kurang dari 85% RH;
  3. Power: tegangan 220-240±10%, frekuensi 50-60±1Hz;
  4. Tidak ada getaran keras dan gas korosif mengelilingi oven.

4. Hal yang harus diperhatikan

Perlu anda ketahui bahwa silahkan lihat berikut ini poin-poin yang harus diperhatikan diatantaranya sebagai berikut:

  1. Pasang pelindung tanah luar untuk memastikan keamanan mesin dan eksperimen; catu daya sesuai kebutuhan papan nama mesin.
  2. Peralatan ini dilarang digunakan dalam eksperimen korosif yang mudah terbakar dan meledak, beracun dan kuat.
  3. Pastikan instalasi horizontal.
  4. Non-profesional tidak diperbolehkan untuk membongkar dan memperbaiki mesin ini.
  5. Perhatikan suhu pengaturan saat menangani hal-hal yang mudah terbakar.
  6. Pastikan wadah resin kering, jika suhu disetel terlalu tinggi secara tidak sengaja, wadah akan larut dan jatuh ke pemanas, yang akan menyebabkan kebakaran.
  7. Sampel yang terlalu penuh akan menyebabkan panas berlebih pada ruang kerja di bawah bagian, yang akan melarutkan bahan yang mudah terbakar dan menyebabkan kebakaran.
  8. Saat mesin bekerja, jangan sentuh bagian atas perangkat, serta jendela observasi dan lubang pembuangan untuk menghindari luka bakar suhu tinggi.
  9. Baca buku instruksi sebelum operasi.

5. Cara pengoperasian

Dan berikut adalah tentang bagaimana cara pengoperasian alatnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Masukkan bahan yang perlu dikeringkan ke dalam wadah (saran: ukuran bahan pengering tidak boleh lebih dari 2/3 dari rak); kemudian tutup pintu wadah dan nyalakan daya, dan selanjutnya nyalakan blower.
  2. Pemanasan
    Atur suhu sesuai kebutuhan (temukan detail dalam instruksi meter), kemudian suhu mulai naik; ketika suhu di dalam ruang kerja mencapai titik setel, lampu indikasi akan padam, setelah suhu konstan selama 30 menit, ruang kerja masuk ke keadaan suhu konstan.
  3. Saat pengeringan atau kultur, letakkan sakelar di posisi yang tepat, untuk memastikan akurasi suhu yang baik.

Catatan*

Jangan menutup blower saat memanaskan, atau akan mempercepat penuaan pemanas.
  1. Waktu kerja:
    Tentukan waktu pengeringan sesuai dengan kelembaban sampel.

Catatan*

Misalnya, jika kelembaban sampel besar, sampel pada setiap lapisan tidak boleh terlalu tebal untuk memastikan pengeringan sampel secara intensif.
  1. Setelah selesai mengeringkan, matikan daya, lalu keluarkan sampel.
  2. Jaga agar oven pengering tetap bersih, bersihkan strip karet penyegel wadah dengan kain lembut dan bersihkan kotorannya; hindari membersihkannya dengan larutan kimia untuk mencegah kerusakan reaksi kimia pada penyegelan strip karet.
  3. Jika oven tidak digunakan untuk waktu yang lama, oleskan minyak netral atau Vaseline pada bagian galvanis untuk mencegah korosi; tutup oven dengan penutup debu plastik, dan simpan di ruang kering agar perangkat listrik tidak basah.

Cara memperbaiki Error

Berikut ini adalah tabel untuk melakukan perbaikan bilamana alat Drying Oven & Incubator dengan beberapa contoh kasus dalam tabel tersebut, untuk lebih jelasnya lihat tabel diabawah ini:

Kasus Hal menyebabkan Metode Perawatan
1. Tidak ada catu daya 1. Plug adalah kontak yang buruk atau saluran putus 1. Hubungkan plug dan saluran.
2. Pelindung sekring putus. 2. Ganti pelindung sekring.
2. Tidak ada kenaikan suhu di dalam wadah 1. Suhu pengaturan rendah 1. Sesuaikan kembali dan mengatur suhu
2. Pemanas rusak. 2. Ganti pemanas
3. Pengontrol suhu rusak 3. Ubah pengontrol suhu
4. Sensor suhu longgar. 4. Pasang mur sensor.
5. Sensor suhu rusak 5. Ubah sensor suhu.
3. Tidak ada alarm kenaikan suhu 1. Pengaturan suhu suhu Terpisah. pembatasnya rendah 1. Sesuaikan kembali suhu 30℃ di atas suhu pengaturan.
2. Sensor pembatas suhu yang terpisah rusak. 2. Ubah sensor pembatas suhu yang terpisah
4. Suhu tidak dapat mencapai titik pengaturan. 1. Lubang pembuangan terbuka penuh 1. Matikan lubang pembuangan.
2. Wadah terlalu penuh, udara panas tidak bisa konveksi. 2. Kurangi jumlah sampel untuk memperbaiki kondisi konveksi.
5. Kipas angin tidak berfungsi. Motor kipasnya rusak Berhenti bekerja dan periksa kapasitas listrik dan motor
6. Menampilkan------- Sensornya rusak Ganti sensornya
7. Tampilan BERHENTI Waktu habis Tekan tombol program selama 3 detik untuk memulai
8. Fluktuasi suhu yang besar saat inkubasi Pilih sakelar yang tepat untuk pengeringan dan inkubasi Penyesuaian ulang atau reset

Cara pengoperasian meteran

Catatan*

Operasi konversi oven/Inkubator pengeringan: ada sakelar putar di sisi kiri meteran. Ikuti petunjuk panel untuk mengoperasikannya: putar sakelar ke kiri untuk membuat produk berjalan sebagai oven pengering, putar sakelar ke atas untuk membuat produk berjalan sebagai inkubator.

1. Panel Instruksi

Panel Instruksi
Drying Oven & Incubator

Fungsi tombol

  1. 【SET】:Dalam keadaan normal, tekan tombol ini untuk masuk ke status pengaturan.
  2. 【◄/AT】: tombol “SHIFT”. Dalam status pengaturan, klik tombol ini untuk menggeser nilai yang ditetapkan.
    Dalam keadaan normal, tekan tombol ini selama 6 detik untuk memasuki keadaan pemilihan penyetelan otomatis.
  3. 【▼/RES】: tombol “DEC”. Dalam status pengaturan, klik tombol ini untuk mengurangi nilai yang ditetapkan.
    Jika Anda terus menekan tombol ini, nilainya akan terus berkurang. Dalam keadaan normal, ketika penghitung waktu berakhir, tekan tombol ini selama 3 detik, pengontrol akan memulai kembali untuk bekerja.
  4. 【▲】:tombol “INC”. Dalam status pengaturan, klik tombol ini untuk meningkatkan nilai yang ditetapkan. Jika Anda terus menekan tombol ini, nilainya akan terus meningkat.

2. Pengoperasian dan penggunaan

Beikut ini adalah tentang bagaimana cara pengoperasian atau cara menggunakan alatnya, untuk langkah-langkahnya dalah sebagai berikut:

  1. Ketika pengontrol dihidupkan, jendela tampilan menunjukkan nomor versi dan model pengontrol selama 2 detik, kemudian mulai berjalan.
  2. Pengaturan Suhu dan Waktu
    1. Tanpa Fungsi Waktu:
      Dalam keadaan normal, tekan tombol “SET” untuk masuk ke status pengaturan suhu, jendela tengah menampilkan prompt “SP”, di bawah jendela menampilkan nilai titik setel suhu. Menggunakan tombol “SHIFT”、“DEC” dan “INC”, pengguna dapat mengedit nilai pengaturan suhu. Tekan tombol “SET” lagi, pengontrol akan kembali ke keadaan normal, nilai pengaturan akan disimpan secara otomatis.
    2. Dengan Fungsi Waktu:
      Dalam keadaan normal, tekan tombol “SET” untuk masuk ke status pengaturan suhu, jendela tengah menampilkan prompt “SP”, di bawah jendela menampilkan nilai titik setel suhu. Tekan kembali tombol “SET” untuk masuk ke status pengaturan waktu, jendela tengah menampilkan prompt “ST”, jendela atas menampilkan nilai titik setel waktu. Tekan tombol “SET” lagi, pengontrol akan kembali ke keadaan normal, nilai yang disetel akan disimpan secara otomatis.

      Ketika waktu diatur ke “0”, ini menunjukkan timer tidak beroperasi, pengontrol akan berjalan terus menerus, jendela atas selalu menampilkan “0”. Jika ada waktu yang diatur, jendela atas akan menampilkan waktu berjalan, saat timer dimulai, unit waktu berkedip. Ketika timer berakhir, jendela atas akan menampilkan prompt “End”, buzzer akan berbunyi selama EST (Dalam Tabel Parameter 2) detik, dapat diredam dengan menekan tombol apa saja, tekan tombol “DEC” selama 3 detik, pengontrol akan restart untuk bekerja.
    3. Jika jendela tengah menunjukkan prompt “—“, ini menunjukkan bahwa sensor suhu memiliki kesalahan atau suhu melebihi rentang pengukuran atau pengontrol itu sendiri rusak, pengontrol akan memotong output panas secara otomatis, bel akan berbunyi terus menerus, Indikator “ALM” menyala, Silakan periksa sensor suhu dan kabelnya dengan hati-hati.
    4. Saat alarm suhu berlebih, bel berbunyi, indikator “ALM” menyala, keluaran panas terputus. Saat di bawah alarm suhu, indikator “ALM” berkedip, bel berbunyi. Jika alarm suhu berlebih disebabkan oleh perubahan nilai pengaturan suhu, indikator “ALM” menyala, tetapi bel tidak berbunyi.
    5. Saat bel berbunyi, tekan tombol apa saja untuk mematikan suara.

Pengoperasian dan penggunaan

  1. Saat pengontrol dihidupkan, jendela tampilan menunjukkan nomor versi selama 2 detik, lalu mulai berjalan.
  2. Pengaturan suhu alarm
    Di bawah keadaan normal, jendela menampilkan nilai set alarm suhu. Klik tombol “INC” atau “DEC”, nilai yang ditetapkan mulai berkedip, pada titik ini, pengaturan alarm suhu yang diperlukan dapat dimodifikasi melalui tombol “INC” dan “DEC”. Sekitar 2 detik setelah menghentikan operasi, pengontrol akan kembali ke keadaan normal, nilai yang ditetapkan akan disimpan secara otomatis.
  3. Lihat pengukuran suhu
    Dalam keadaan normal, tekan tombol “INC” dan “DEC” selama sekitar 3 detik, titik desimal kanan akan menyala. Pada titik ini, jendela menampilkan nilai suhu yang diukur. Klik tombol “INC” atau “DEC” lagi, pengontrol akan kembali ke keadaan normal.
  4. Lebih dari alarm suhu
    Dalam keadaan normal, ketika pengukuran suhu melebihi nilai pengaturan suhu alarm, jendela secara bergantian menampilkan ” – A – ” dan nilai pengaturan alarm, pengontrol akan memotong output secara otomatis, bel berbunyi.
  5. Alarm pengukuran suhu tidak normal
    Jika jendela menunjukkan prompt “—“, ini menunjukkan bahwa sensor suhu memiliki kesalahan atau suhu melebihi rentang pengukuran atau pengontrol itu sendiri rusak, pengontrol akan memotong output secara otomatis, bel akan berbunyi terus menerus. Silakan periksa sensor suhu dan kabelnya dengan hati-hati.
  6. Saat bel berbunyi, tekan tombol apa saja untuk mematikan suara.

3. Penyetelan otomatis

Dalam keadaan normal, tekan tombol “SHIFT” selama 6 detik, pengontrol akan memasuki keadaan pemilihan penyetelan otomatis, jendela tengah menampilkan prompt “AT”, jendela bawah menampilkan “0”, ubah “0” menjadi ” 1″ dengan menekan tombol “INC”, lalu tekan tombol “SET”, pengontrol akan menjalankan program penyetelan otomatis, indikator “AT” berkedip. Setelah penyetelan otomatis berakhir, indikator berhenti berkedip, nilai parameter PID disimpan secara otomatis. Dalam proses auto-tuning, tekan tombol “SHIFT” selama 6 detik, controller akan menghentikan program auto-tuning.

Selama proses Auto-tuning, jika lebih dari suhu alarm, bel tidak berbunyi, “ALM” indikator tidak menyala, output panas akan terputus, tombol “SET” tidak valid.

4. Pengaturan parameter internal

Catatan: 

Semua parameter internal telah disesuaikan saat pengujian pabrik. Dilarang untuk mengubahnya kecuali parameter Koreksi Sensor.

Dalam keadaan normal, tekan tombol “SET” selama 3 detik, windows akan menampilkan prompt “Lc” dan nilai kata sandi. Sesuaikan kata sandi dengan nilai yang diperlukan, lalu tekan tombol “SET” lagi, itu akan memasuki status pengaturan parameter internal. Tekan tombol “SET” selama 3 detik, itu akan kembali ke keadaan normal, nilai yang disetel akan disimpan secara otomatis.

Parameter table 1

Prompt Name Function description (Setting range)Factory value
ALH Over-temp alarm If “PV>SV+ALH”, the ALM indicatorturns on. The buzzer sounds and the heat output turn off. (0~100.0℃) 20.0
ALL Under-temp alarm If “PV (0~100.0℃) 0
P Proportional band Adjustment of proportional function. (0~300.0℃) 35.0
I Integration time Adjustment of integration function. (1~2000S) 300
T Control cycle The temperature control cycle. (1~60S)
Pb Temperature deviation correction It is usually used to correct errors in low temperature measurement. Pb = Actual value – PV (-50.0~50.0℃) 0
PL Temperature slope correction It is usually used to correct errors in high temperature measurement.   PK = 1000 × (Actual value – PV) ÷ PV (-999~999) 0
Addr Communication address The communication address ofthis instrument. (1~32) 1
Loc  Setting lock 0: Enable to set temperature and time.1: Disable to set temperature and time. (0~1)0

Parameter table 2

Prompt Name Function description (Setting range) Factory value
Lc- Password key When “Lc=9”, enter the next parameters. 0
ndA Temperature alarm mode 0: With over-temp alarm only.1: With over-temp alarm and  under-temp alarm at the same time. (0~1) 0
ndT Timer mode 0: No timer function.1: Start timing when the temp reaches the set value.2: Start timing as soon as the controller starts working. (0~2) 1
Hn Timer unit 0: Minute. 1: Hour. (0~1)0
SPd Timer parameter If “ndT=1”, Start timing when“SV-SPd≤PV≤SV+SPd” (0.1~50.0℃)0.5
SPT Const-Temp buzzer time If enter the Const-Temp State, the Buzzer will beep for SPT secondsif “SPT=9999”, it means the buzzer will beep continuously. (0~9999S) 0
EST Timing OverBuzzer time When the timer ends, the Buzzer will beep for EST seconds.if “EST=9999”, it means the buzzer will beep continuously. (0~9999S) 60
EH Timer end mode 0: Continue to control the temperature1: Stop temperature control (0~1) 0
ndo Relay output mode 0: When the timer ends.          1: When there is a temperature alarm.2: When the temperature is constant.   (0~2) 1
oPn Door parameter Automatic judge door opening.0: invalid;  0: valid (0~1) 0
nP Power percentage Percentage of max heating power output. (0~100%) 100
Co Heating prohibited deviation When “PV≥SV+Co”,heating output will be cut off (0~50.0℃) 50.0
SPL Min set value The minimum temperature set point value. 0.0
SPH Max set value The maximum temperature set point value. (0~400.0℃) 300.0

Parameter table 3

Prompt Name Function description (Setting range) Factory value
Lc Password key When “Lc=27”, enter the next parameters. 0
FC Temperature unit 0: Centigrade;  1: Fahrenheit      (0~1) 0

Parameter table 4

Prompt Name Function description (Setting range)Factory value
Lc Password key When “Lc=567”, enter the next parameters. 0
rST Factory reset 0: cancel;   1: confirm (0~1) 0

Petunjuk Panel Pembatas Suhu Digital

Petunjuk Panel Pembatas Suhu Digital

Fungsi tombol:

  1. 【▲】: tombol “INC”. Dalam status pengaturan, klik tombol ini untuk meningkatkan nilai yang ditetapkan. Jika Anda terus menekan tombol ini, nilainya akan terus meningkat.
  2. 【▼/SET】:tombol “DEC”. Dalam status pengaturan, klik tombol ini untuk mengurangi nilai yang ditetapkan.

Jika Anda terus menekan tombol ini, nilainya akan terus berkurang.

Ini memiliki fungsi pengaturan saat memodifikasi parameter internal.

5. Lihat dan atur parameter internal

Dalam keadaan normal, tekan tombol “INC” dan “DEC” selama sekitar 6 detik, jendela secara bergantian menampilkan nilai “Lc” dan kata sandi, nilai kata sandi yang diperlukan hanya dapat dimodifikasi dengan tombol “INC”. Kemudian klik tombol “DEC”, pengontrol akan memasuki status pengaturan parameter internal. Tekan tombol “DEC” selama 3 detik, itu akan kembali ke keadaan normal, nilai yang ditetapkan akan disimpan secara otomatis.

Parameter table

Prompt Name Function description (Setting range) Factory value
Lc Password key When “Lc=3”, enter the next parameters. 0
Pb Temperature deviation correction It is usually used to correct errors in low temperature measurement. Pb = Actual value – PV (-50~50℃)0
PL Temperature slope correction It is usually used to correct errors in high temperature measurement.   PK = 1000 × (Actual value – PV) ÷ PV (-199~199)0
SPH Max set value The maximum temperature set point value. (0~400)400

Nah itulah tentang bagaimana cara pengoperasian alat Drying Oven & Incubator laboratorium yang dapat admin sampaikan kepada anda semoga bermanfaat. Dan bagi anda yang membutuhkan alat tersebut anda bisa melihat produknya berikut ini.

Bagikan ke:

Minta Penawaran Harga dan Spesifikasi

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait informasi penawaran harga dan spesifikasi secara lengkap silahkan isi Formulir berikut ini :


Postingan Terbaru

Hubungi Kami

Segera hubungi kami  sekarang juga dengan mengisi formulir berikut atau menghubungi kami melalui informasi kontak berikut:

6281222418207

info@envilife.co.id

Jl. Sanggar Kencana Utama No.9, Jatisari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286


Hubungi Admin dibawah ini untuk mendapatkan penawaran Harga & Spesifikasi lengkap!
//
Admin
081222418207
"Anda akan dialihkan ke WhatsApp dan terhubung dengan Admin. Lihat Informasi kontak lainnya."
Hubungi Kami!