Cara Merawat Drying Oven Laboratorium

oleh | Des 13, 2022 | Instrument Laboratorium

Dalam pemabahasan kali ini kita akan belajar bagaimana caranya melakukan perawatan terhadap alat laboratrium yaitu cara merawat Drying Oven laboratorium. Untuk itu silahkan perhatikan berikut ini penjelasannya.

Apa itu Drying Oven

Drying oven adalah jenis oven yang digunakan dalam laboratorium untuk mengeringkan sampel atau bahan. Drying oven biasanya digunakan untuk menghilangkan kelembaban atau air dari sampel dengan cara memanaskannya pada suhu tertentu. Drying oven berguna untuk menjaga agar sampel tetap kering dan stabil selama proses penelitian atau pengujian laboratorium. Drying oven juga dapat digunakan untuk menyimpan sampel dalam keadaan kering dan terlindung dari udara atau kelembaban yang dapat menyebabkan kerusakan atau kontaminasi.

gambar Drying Oven Laboratorium
Gambar Drying Oven Laboratorium

Perawatan Drying Oven

Perawatan oven pengering harus dilakukan secara rutin untuk memastikan bahwa oven tersebut dapat bekerja dengan efisien dan efektif. Beberapa langkah perawatan yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Bersihkan oven secara berkala.
  2. Gunakan lap kering atau busa untuk membersihkan dinding dalam oven dan bagian-bagian lain yang mudah terlihat.
  3. Pastikan untuk membersihkan kompartemen pengering dan roda ventilasi dengan hati-hati.
  4. Pastikan untuk mengganti filter udara secara berkala sesuai dengan petunjuk dari produsen.
  5. Jangan lupa untuk mengecek kondisi kabel dan konektor secara berkala untuk memastikan bahwa oven dapat bekerja dengan baik.

Penting untuk memperhatikan petunjuk dari produsen dan mengikuti saran mereka untuk perawatan oven pengering. Ini akan membantu menjaga oven Anda dalam kondisi yang baik dan memastikan bahwa ia dapat bekerja dengan efisien selama waktu yang lama.

Jual Drying Oven Laboratorium

Nah berikut ini adalah beberapa daftar alatnya yang dapat kami tawarkan kepada anda, diantaranya yaitu sebagai berikut:

Tunggu apalagi? Beli alatnya sekarang juga hanya di ENVILIFE menjual berbagai macam peralatan laboratorium secara lengkap dengan harga yang kompetitif.

Baca Juga:  Jual AAS (Atomic Absorbsion Spektrophotometri) Murah

Nah mungkin cukup sekian pembahasan tentang bagaimana cara merawat Drying Oven Laboratorium yang dapat admin sampaikan, mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfat bagi anda.