Daftar Alat-alat Laboratorium Farmasi yang biasa digunakan

oleh | Instrument Laboratorium

5/5 - (1 vote)

Hallo sahabat Envilife sekalian, kali ini admin akan sedikit memberikan informasi kepada anda khususnya yang mungkin sedang menyusun sebuah laboratorium farmasi bahwa anda harus mengetahui apa saja daftar alat alat laboratorium yang harus ada di Laboratorium farmasi, dan untuk mengetahui apa saja alat alat laboratorium farmasi silahkan anda lihat berikut ini apa saja daftar peralatan labnya. Namun sebelum kita melihat daftar alatnya alangkah baiknya anda membaca dan memahami terlebih dahulu mengenai penjelasan terlebih dahulu tetang yang namanya laboratorium farmasi.

Laboratorium Farmasi

Apa yang dimaksud dengan Laboratorium Farmasi? Jadi lab farmasi merupakan sebuah tempat laboratorium yang biasanya ada di tempat seperti sekolahan atau di sekolahan jurusan yang mempelajari tentang keilmuan di bidang farmasi yang menjadi sebuah tempat untuk melakukan pelaksanaan atau suatu kegiatan yang disebut praktikum dan/atau untuk melakukan suatu penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa S1, Profesi, S2 maupun peneliti lainnya.

Nah itulah penjelasan singkatnya mengenai lab farmasi, dan setelah anda membacanya selanjutnya disini khusus bagi anda yang sedang membangun sebuah lab farmasi anda harus mengetahui apa saja daftar peralatannya yang biasanya harus ada di lab tersebut, untuk melihat apa saja alat alat lab farmasi berikut adalah daftar alatnya.

Daftar alat-alat Laboratorium Farmasi dan fungsinya

Untuk alat alat di laboratorium farmasi terdapat beberapa jenis alat yang wajib dimiliki diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Centrifuge

Centrifuge adalah sebuah alat yang biasanya digunakan untuk melakukan pemisahan pada suatu larutan atau komponen zat dengan melalui sebuah proses yang disebut pengendapan, hingga terbagi menjadi dua fase, yaitu terbagi menjadi supernatan dan pellet.

Dan berikut adalah contoh alat Centrifuge bisa anda lihat berikut ini.

2. Magnetic Stirrer

Magnetic stirrer alat sebuah peralatan laboratorium yang biasanya digunakan di laboratorium yaitu alat yang berfungsi untuk melakukan pengadukan pada terhadap suatu larutan. Prinsip yang digunakan oleh alat ini yaitu dengan menggunakan sebuah medan magnet atau sebuah gelombang elektromagnetik yang dapat berputar.

Dan berikut ini adalah beberapa contoh daftar alat Magnetic Stirrer diantaranya adalah sebagai berikut:

3. Vortex Mixer

Vortex mixer merupakan sebuah peralatan lab atau alat yang biasanya digunakan untuk melakukan suatu pencampuran terhadap sebuah larutan tertentu yang terdapat pada suatu tabung reaksi. Alat Vortex mixer yaitu terdiri dari sebuah motor listrik yang dipasang dengan secara vertikal dan diujungnya memiliki terdapat sebuah karet yang dipasang untuk sedikit keluar dari posisi tengah.

Untuk itu lihat berikut ini adalah beberapa contoh macam-macam alat Vortex Mixer berikut ini:

4. Water Bath

Water bath itu merupakan sebuah peralatan laboratorium yang memiliki komponen alatnya yaitu yang terbuat dari suatu wadah yang berisi berupa suatu air panas. Alat ini yaitu biasanya digunakan ketikan akan melakukan inkubasi terhadap sebuah sampel dalam air pada suhu konstan selama periode waktu tertentu yang lama.

Berikut adalah beberapa daftar macam-macam contoh alat Water Bath, diantaranya adalah sebagai berikut:

5. Shaker

Shaker adalah alat laboratorium atau homogenizer yang paling umum digunakan digunakan di lab khusnya di laboratorium farmasi. Alat ini yaitu memanfaatkan sebuah getaran untuk kemudian dapat menyeragamkan terhadap partikel larutan.

Berikut adalah beberapa contoh alat Shaker diantaranya sebagai berikut:

6. Oven

Oven laboratorium adalah salah satu alat lab yang biasanya digunakan untuk dapat melakukan sebuah proses pada sterilisasi, pemanasan, dan pengeringan alat atau terhadap suatu media pada kondisi kering.

Berikut adalah beberapa contoh dari alat oven ini dantaranya sebagai berikut:

7. Furnace

Furnace atau biasanya juga sering disebut yaitu sebagai tungku untuk melakukan pembakaran atau alat digunakan untuk pemanasan. Fungsi pemanasan di alat ini yaitu untuk dapat dilakukan hingga suhu yang tinggi, sehingga sampel akan mudah terbakar dan berubah fase menjadi abu. Furnace dalam Laboratorium Kimia selalu digunakan dalam praktikum penentuan kadar abu.

Dibawah adalah contoh macam-macam alat Furnance berkut ini:

8. Rotary Evaporator

Rotary Evaporator adalah alat lab yaitu alat yang dapat berfungsi untuk mengubah sebagian atau mengubah secara keseluruhan pada sebuah pelarut dari sebuah larutan dari bentuk cair dan menjadi uap.

Berikut adalah contoh alat Rotary Evaporator:

9. AAS

AAS adalah alat lab yaitu alat untuk menentukan kandungan logam dengan kategori logam berat dan logam ringan yang bernama (AAS) Atomic Absorption Spectrophotometer – AAS-120 dengan harga yang terjangkau dan kompettif berikut adalah keterangan alatnya.

Contoh alatnya diantaranya sebagai berikut:

Nah itulah beberapa macam macam daftar peralatan lab yang harus disiapkan untuk membangun laboratorium farmasi yang dapat admin sampaikan untuk anda semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat, Dan selain itu jiga anda ingin membutuhkan berbagai macam alat lab untuk pengadaan alat lab kami disini bersedia menjadi penyuplai alat lab tersebut, jika anda ingin bekerja sama dengan kami untuk kebutuhan pengadaan alat lab silahkan anda bisa menghubungi kami via kontak yang tersedia di website ini atau dengan mengisi formulir dibawah ini.

Bagikan ke:

Minta Penawaran Harga dan Spesifikasi

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait informasi penawaran harga dan spesifikasi secara lengkap silahkan isi Formulir berikut ini :


Postingan Terbaru

Hubungi Kami

Segera hubungi kami  sekarang juga dengan mengisi formulir berikut atau menghubungi kami melalui informasi kontak berikut:

6281222418207

info@envilife.co.id

Jl. Sanggar Kencana Utama No.9, Jatisari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286


Hubungi Admin dibawah ini untuk mendapatkan penawaran Harga & Spesifikasi lengkap!
//
Admin
081222418207
"Anda akan dialihkan ke WhatsApp dan terhubung dengan Admin. Lihat Informasi kontak lainnya."
Hubungi Kami!