Alat Uji Kualitas Batu Bara Dengan Teknologi Canggih

oleh | Okt 5, 2023 | Instrument Laboratorium

Batu bara adalah salah satu sumber energi yang banyak digunakan di berbagai sektor industri, seperti pembangkit listrik, metalurgi, kimia, dan lainnya. Kualitas batu bara sangat mempengaruhi kinerja dan efisiensi dari proses penggunaannya. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengujian kualitas batu bara secara akurat dan cepat.

Batu Bara
Gambar Batu Bara

Salah satu parameter kualitas batu bara yang sering diukur adalah nilai kalor, yaitu jumlah energi yang dilepaskan saat batu bara dibakar. Nilai kalor batu bara dapat diukur dengan menggunakan alat yang disebut kalorimeter bom oksigen. Alat ini bekerja dengan cara membakar sampel batu bara dalam sebuah bom yang berisi oksigen murni di bawah tekanan tinggi. Panas yang dihasilkan dari pembakaran akan meningkatkan suhu air yang mengelilingi bom. Dengan mengukur perubahan suhu air, dapat dihitung nilai kalor batu bara.

Ada berbagai jenis kalorimeter bom oksigen yang tersedia di pasaran, dengan tingkat otomatisasi dan akurasi yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa contoh alat uji kualitas batu bara dengan teknologi canggih yang dapat Anda gunakan:

1. Manual Oxygen Bomb Calorimeter ENVILIFE OBC-1M

Manual Oxygen Bomb Calorimeter ENVILIFE OBC-1M adalah alat yang mudah digunakan dan ekonomis untuk mengukur nilai kalor batu bara. Alat ini memiliki desain kompak dan ringan, serta dilengkapi dengan layar LCD dan tombol-tombol fungsi untuk memudahkan pengoperasian. Alat ini juga memiliki fitur pengukuran suhu otomatis, pengaturan faktor koreksi, dan perhitungan nilai kalor.

Untuk menggunakan alat ini, Anda hanya perlu menyiapkan sampel batu bara yang sudah dikeringkan dan ditimbang, lalu memasukkannya ke dalam bom oksigen. Kemudian, Anda mengisi bom oksigen dengan oksigen murni hingga tekanan tertentu, dan menempatkannya ke dalam bak air yang sudah dipanaskan. Setelah itu, Anda menyalakan kawat pengapian untuk membakar sampel batu bara, dan mengamati perubahan suhu air pada layar LCD. Alat ini akan secara otomatis menghitung nilai kalor batu bara berdasarkan perubahan suhu air dan faktor koreksi yang telah Anda masukkan.

2. Oxygen Bomb Calorimeter Full Automatic Envilife OBC-1C

Oxygen Bomb Calorimeter Full Automatic Envilife OBC-1C adalah alat yang memiliki tingkat otomatisasi tinggi dan akurasi tinggi untuk mengukur nilai kalor batu bara. Alat ini memiliki desain modern dan elegan, serta dilengkapi dengan layar sentuh warna dan antarmuka USB untuk memudahkan pengoperasian dan transfer data. Alat ini juga memiliki fitur pengisian oksigen otomatis, pengaturan suhu air otomatis, pengapian otomatis, pengukuran suhu otomatis, perhitungan nilai kalor otomatis, dan penyimpanan data otomatis.

Untuk menggunakan alat ini, Anda hanya perlu menyiapkan sampel batu bara yang sudah dikeringkan dan ditimbang, lalu memasukkannya ke dalam bom oksigen. Kemudian, Anda menempatkan bom oksigen ke dalam bak air yang sudah dipanaskan. Setelah itu, Anda hanya perlu menekan tombol start pada layar sentuh, dan alat ini akan secara otomatis melakukan proses pengisian oksigen, pengapian, pengukuran suhu, perhitungan nilai kalor, dan penyimpanan data. Anda dapat melihat hasil pengujian pada layar sentuh atau mentransfernya ke komputer melalui USB.

3. Oxygen Bomb Calorimeter Full Automatic Envilife OBC-1A+

Oxygen Bomb Calorimeter Full Automatic Envilife OBC-1A+ adalah alat yang memiliki tingkat otomatisasi paling tinggi dan akurasi paling tinggi untuk mengukur nilai kalor batu bara. Alat ini memiliki desain futuristik dan canggih, serta dilengkapi dengan layar sentuh warna, antarmuka USB, dan printer internal untuk memudahkan pengoperasian, transfer data, dan pencetakan hasil. Alat ini juga memiliki fitur pengisian oksigen otomatis, pengaturan suhu air otomatis, pengapian otomatis, pengukuran suhu otomatis, perhitungan nilai kalor otomatis, penyimpanan data otomatis, dan kalibrasi otomatis.

Untuk menggunakan alat ini, Anda tidak perlu menyiapkan sampel batu bara terlebih dahulu, karena alat ini sudah dilengkapi dengan sistem pengambilan sampel otomatis. Anda hanya perlu menempatkan batu bara yang ingin diuji ke dalam wadah khusus, dan alat ini akan secara otomatis mengambil sampel yang sesuai dengan berat dan ukuran yang ditentukan. Kemudian, alat ini akan secara otomatis memasukkan sampel ke dalam bom oksigen, mengisi bom oksigen dengan oksigen murni, menempatkan bom oksigen ke dalam bak air yang sudah dipanaskan, menyalakan kawat pengapian untuk membakar sampel, mengukur perubahan suhu air, menghitung nilai kalor batu bara, menyimpan data hasil pengujian, dan mencetak hasil pengujian. Anda dapat melihat hasil pengujian pada layar sentuh, printer internal, atau mentransfernya ke komputer melalui USB.

Demikianlah artikel yang saya tulis ulang tentang alat uji kualitas batu bara dengan teknologi canggih. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang pentingnya mengukur nilai kalor batu bara secara akurat dan cepat. Jika Anda tertarik untuk memiliki salah satu alat yang telah saya sebutkan di atas, Anda dapat mengunjungi situs web Envilife untuk melihat detail produk, harga, dan cara pemesanan. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan alat uji kualitas batu bara dengan teknologi canggih yang dapat membantu Anda meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam penggunaan batu bara. Pesan sekarang juga dengan cara hubungi kami melalui LiveChat di website ini untuk terhubung dengan tim sales kami.

Bagikan ke:
× Hubungi kami!
Popups for Divi